Pola asuh orang tua dan efikasi diri memengaruhi motivasi dalam menyelesaikan skripsi



Dylla Monica Latief(1*), Kusnarto Kurniawan(2),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan efikasi diri terhadap motivasi dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini dilakukan pada 5.600 mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2016. Penentuan sampel menggunakan proportional insidental sampling, menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel sebesar 373 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu pola asuh, efikasi diri dan skala motivasi akademik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh orang tua dan efikasi diri terhadap motivasi dalam menyelesaikan skripsi dengan kontribusi nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 56,9%, sedangkan sisanya 43,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti. Saran yang harus dipahami yaitu mahasiswa perlu menyadari pentingnya keseriusan dan ketekunan dalam menyelesaikan skripsi, karena tanpa adanya keinginan dari dalam diri, motivasi tidak akan terwujud.


Keywords


Pola Asuh, Efikasi Diri, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Amir, Hermansyah. 2016. Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri Dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu. Manajer Pendidikan.

Arifah, Nur. 2016. Panduan Mudah Menyusun Skripsi, Tesis Dan Disertasi Lengkap Dengan Teknik Jitu Menyusun Proposal Agar Segera Disetujui. Yogyakarta: Araska.

Cervone, Daniel dan Pervin, Lawrence A. 2012. Kepribadian : Teori Dan Penelitian 2. 10th ed. edited by Terj. Aliya Tusyani; et. al. Jakarta: Salemba Humanika.

Dena Laksmi, Putu Putri, Ni Wayan Suniasih, and Komang Ngurah Wiyasa. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Efikasi Diri Siswa Kelas V SD. Mimbar Ilmu.

Fitriyanti, E., & Bilqis, F. (2020a). Penguasaan konten analisis doodle art meningkatkan self efficacy mahasiswa UPBK Unindra dalam memberikan layanan konseling. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 175–182.

Fitriyanti, E., & Bilqis, F. (2020b). PKM layanan PKO analisis doodle art sebagai media self efficacy mahasiswa Prodi matematika & UPBK Unindra. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 285–292.

Kusumawati, Erlin Dwi. 2018. Pengaruh Adversity Quotient, Regulasi Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa KKO SMP Negeri 13 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Lestari, Ika Putri Kanthi. 2014. Upaya Meningkatkan Self Efficacy Rendah Terhadap Pemilihan Karir Dengan Konseling Behaviour Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas VIII E Di SMPN N 6 Batang.Universitas Negeri Semarang.

Maulana, Arief. 2012. Cara Instan Menyusun Skripsi. Cetakan 1. edited by Latief. Jakarta Timur: New Agogos.

Pajares, Frank. 1996. Self-Efficacy Beliefs in Academic Settings.” Review of Educational Research.

Zulkarnain, Iskandar. 2010. Siasat Dan Langkah Sukses Menyusun Skripsi. 2nd ed. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51657

Article Metrics

Abstract Views : 420 | PDF Views : 342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dylla Monica Latief, Kusnarto Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.