Problematika pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA: A systematic literature review (SLR)



Duta Akbar Nugroho(1*), Dwi Nur Khasanah(2), Imas Ayu Inggil Pangestuti(3), Ma’rifatin Indah Kholili(4),

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(4) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan dan menganalisa berbagai artikel terkait dengan Problematika Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMA.Penelitian ini menggunakan metode Systematical Literature Review (SLR) dengan teknik analisis data meta-sintesis. Dalam pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling di sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling sebagai penganggung jawab yang berkolaborasi dengan seluruh pihak (stakeholder) mengalami berbagai problematika, yaitu; tidak memperoleh proporsi waktu mengajar yang optimal, tidak ada kerjasama dengan pihak lain di sekolah, rendahnya sosialisasi Bimbingan dan Konseling oleh guru kepada perserta didik, terdapat sekolah yang masih menerapkan Bimbingan dan Konseling Pola 17+, adanya persepsi negatif dari siswa sehingga takut untuk menemui guru, dan belum tersedianya fasilitas layanan secara optimal di sekolah. Melihat pada berbagai problematika tersebut, saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk melakukan upaya penanganan melalui pelaksanakan program Bimbingan dan Konseling yang komprehensif di mana stakeholder dilibatkan di dalamnya untuk mencapai tujuan Bimbingan dan Konseling komprehensif itu sendiri.


Keywords


Problematika, Pelaksanaan, Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Astuti, Nursalim, Pratiwi & Nuryono. (2013). Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling untuk Merubah Persepsi Negatif Siswa di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Lamongan. Jurnal BK UNESA. 03(01). Hal: 271-280

Bhakti. C.P. (2017). Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif untuk Mengembangkan Standar Kompetensi Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa. 1(1).

Busmayaril & Heldayani. (2016). Persepsi Peserta Didik terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 03(1). Hal: 11-18

Corey. G. (2016). Theory and Practice of Guidance and Counseling 9th Edition. Boston : Cengage Learning.

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Depdiknas.

Fanan, M.A. & Amriana. (2019). Manajemen Komprehensif (Studi Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Cisarua Bandung Barat). Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 9(01). Hal: 91-97

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing & Managing Your School Guidance & Counseling Program (5th ed). Alexandria, VA: American Counseling Association.

Kamil, B. & Ilham, P. (2015). Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas. Konseli:Jurnal Bimbingan dan Konseling. 02 (2). Hal: 32-36

Khasanah, K. (2019). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA Ma’Arif Ngawi. Al-Tazkiah. 8(1). Hal: 29-50

Legowo, E., Susilo, A.T. & Kholili, M.I. (2019). Urgensi Program Serta Kurikulum Bimbingan dan Konseling. G-COUNS. 4(1). Hal: 113-118

Leksono, B.B. (2017). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri Karangreja Kabupaten Purbalingga.[tesis]. Jawa Tengah (ID): Universitas Agama Islam Negeri Purwokerto

Mauliza, R., Dahliana Abd & Martunis. (2018). Profil Guru BK Tersertifikasi dalam Penyusunan dan Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. 3(2). Hal: 50-57

Noprita, Rosra, W. & Mayasari, S. (2014). Kendala Pelaksanaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling). 3(3)

Permana, E.J. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. Psikopedagogia. 4(2). Hal: 143 – 151

Pratiwi, J.R.E. & Muis, T. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di SMAN 1 Menganti, SMAN 1 Driyorejo, dan SMA Al Azhar Kabupaten Gresik. Jurnal BK UNESA. 3(1). Hal: 427-436

Purwani, E., Nita, R.W. & Monalisa. (2017). Kendala Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Layanan Informasi di SMA Negeri 7 Kerinci. (online). http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1188/ diakses pada tanggal 26 November 2020

Purwaningrum, R. (2018). Bimbingan dan Konseling Komprehensif sebagai Pelayanan Prima Konselor. Jurnal Ilmiah Konseling. 18 (1). Hal: 18 – 27

Puspitaningrum, L., Dahlan, S. & Widiastuti, R. (2013). Pelaksanaan Pelayanan Dasar Bimbingan dan Konseling pada SMA di Kota Metro Tahun Ajaran 2012/2013. ALIBKIN: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 2(1)

Putri, R., Hastuti, T. & Nurhuda. (2018). Analisis Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMAN 1 Peranap Kabupaten Indragini Hulu). PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR. 6(1). Hal: 31-37

Rahman, K.A., Muspawi, M. & Martini, T. (2017). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan. XXIV(1). Hal: 41-47

Ratnasari & Herdi. (2018). Kinerja Konselor dalam Pelaksanaan Manajemen Program Bimbingan dan Konseling Berbasis ASCA Nasional. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling. 3(2). Hal: 134-142

Rozak, A., Fathurrochman, I. & Ristianti, D.H. (2018). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal of Education and Instruction. 1(1). Hal: 10-20

Simamora, A.L. & Suwarjo. (2013). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMAN 4 Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 1(2). Hal: 190-204

Sumaryanto. (2016). Implementasi Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di Madrasah Aliyah Negeri III Yogyakarta (MAYOGA). Online. http://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/download/130/92 diakses pada tanggal 16 November 2020

Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015). Manajemen Bimbingan dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Jurnal Konseling GUSJIGANG. 1(1).




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51647

Article Metrics

Abstract Views : 2341 | PDF Views : 2333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Duta Akbar Nugroho, Dwi Nur Khasanah, Imas Ayu Inggil Pangestuti, & Ma’rifatin Indah Kholili

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.