Pengembangan instrumen asesmen permasalahan siswa SMP



Ma'rifatin Indah Kholili(1*), Rian Rokhmad Hidayat(2),

(1) (Sinta ID: 6715089), Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi alat ukur yang disebut Instrumen Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skala ini dikembangkan berdasarkan konstruk masalah dengan menambahkan konteks sehari-hari siswa sekolah menengah pertama ke dalam item skala. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Secara umum instrumen ini disusun dalam tiga tahap, yaitu: (1) pendefinisian konstruk; (2) mengembangkan model pengukuran; (3) melakukan analisis faktor konfirmatori. Subjek yang terlibat dalam pengembangan ini adalah 2424 siswa sekolah menengah pertama di kota Surakarta dan sekitarnya. Hasil penelitian ini pada 118 item valid dan reliabel serta mengeliminasi 159 item lainnya yang tidak memenuhi persyaratan. Rinciannya, 118 item terdiri dari: 52 item subskala masalah akademik, 40 item subskala masalah pribadi-sosial, 26 item subskala masalah karier. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa butir-butir instrumen ini dapat digunakan untuk melaksanakan Penilaian Masalah pada siswa Sekolah Menengah Pertama.

Keywords


Instrument Asesmen, Permasalahan, Siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1997). Questionnaires and inventories: Surveying opinions and assessing personality. Wiley.

Basuki, T. (2017). Peran Musyawarah Guru Bimbingan Konseling dan Kompetensi Profesional Konselor SMP Kota Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3), 27–33.

Fitri, I. A. D., Hidayat, D. R., & Hartati, S. (2019). Manajemen Program Bimbingan Konseling Sekolah Menengah Pertama. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 103–114.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2006). Multivariate data analysis 6th Edition. Pearson Prentice Hall. New Jersey. Humans: Critique and Reformulation. Journal of Abnormal Psychology, 87, 49–74.

Hays, D. G. (2014). Assessment in counseling: A guide to the use of psychological assessment procedures. John Wiley & Sons.

Ilyas, A., Ifdil, I., Ardi, Z., Fadli, R. P., Erwinda, L., Churnia, E., Alizamar, A., Daharnis, D., Rangka, I. B., & Suranata, K. (2018). Validation of AUM software: A counselor tool for analyse human problems on counseling and educational practice. Journal of Physics: Conference Series, 1114, 12017.

Kakkad, A., Trivedi, M., Trivedi, G., & Raichandani, A. (2014). Study for adolescent problem and psychology. Journal of Evolution of Medical and Dental Sciences, 3(37), 9564–9575.

Komalasari, G., & Wahyuni, E. (2011). Teori dan teknik konseling. Jakarta: Indeks.

Liu, S.-K., Chien, Y.-L., Shang, C.-Y., Lin, C.-H., Liu, Y.-C., & Gau, S. S.-F. (2013). Psychometric properties of the Chinese version of Strength and Difficulties Questionnaire. Comprehensive Psychiatry, 54(6), 720–730. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2013.01.002

Moyer, M. (2011). Effects of Non-Guidance Activities, Supervision, and Student-to-Counselor Ratios on School Counselor Burnout. Journal of School Counseling, 9(5), n5.

Norman C. Gysbers, P. H. (2013). Developing & Managing Your School Guidance & Counseling Program. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nurhasanah, N., & Farozin, M. (2019). The Identification of Students’ Problems in Junior High School Using AUM Umum (General Problem-Revealing Instrument). 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018).

Ortuño-Sierra, J., Chocarro, E., Fonseca-Pedrero, E., Riba, S. S. i, & Muñiz, J. (2015). The assessment of emotional and Behavioural problems: Internal structure of The Strengths and Difficulties Questionnaire. International Journal of Clinical and Health Psychology, 15(3), 265–273. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijchp.2015.05.005

Owino, A. E. (2015). Assessment of service delivery in guidance and counselling units in selected secondary school in Eldoret municipality, Kenya.

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human development (psikologi perkembangan). Jakarta: Kencana.

Purwanto, A., Rosra, M., & Yusmansyah, Y. (2014). Analisis Kinerja Guru Pembimbing dalam Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(3).

Santrock, J. W. (2014). Adolescence, Ed 15th. New York, US: McGraw-Hill Education.

Sutoyo, A. (2012). Pemahaman individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Timmerman, A. A., Anteunis, L. J. C., & Meesters, C. M. G. (1999). The initial development of an instrument for the description of “otitis media with effusion specific behavior” in young children. International Journal of Behavioral Medicine, 6(3), 255–267. https://doi.org/10.1207/s15327558ijbm0603_4

Wendari, W. N. (2016). Profil permasalahan siswa sekolah menengah pertama (SMP) negeri di Kota Bogor. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Whiston, S. C. (2012). Principles and applications of assessment in counseling. Cengage Learning.

Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2019). Landasan bimbingan dan konseling. PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51637

Article Metrics

Abstract Views : 1153 | PDF Views : 813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ma'rifatin Indah Kholili, Rian Rokhmad Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.