Play therapy dengan permainan tradisional “bentengan” efektif meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa saat pandemi Covid-19



Septi Anaitulloh(1*), Sutijono Sutijono(2), Dimas Ardika Miftah Farid(3),

(1) FPeP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui pengaruh play therapy dengan permainan tradisional “Bentengan” dalam bimbingan kelompok terhadap kemampuan interaksi sosial siswa saat pandemi Covid-19 di SMP Islam Al Amal Surabaya. Metode penelitian menggunaakan rancangan penelitian pre- eksperimental one group pre- test dan post- test. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa yang memiliki interaksi sosial sangat rendah dan rendah. Pengujian hipotesis yang digunakan oleh peneliti yaitu wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari interaksi sosial antara pre -test dan post- test dimana interaksi sosial pada post -test lebih tinggi dari pre-test yang artinya play therapy dengan permainan tradisional “Bentengan” dalam bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial (Z= -2.524; Asymp. Sig = 0.012< α = 0.05). Berdasarkan hasil penelitian ini, play therapy dengan permainan tradisional “Bentengan” dalam bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial saat pandemi Covid-19 di SMP Islam Al Amal Surabaya.

Keywords


Terapi Bermain, Bentengan, Interaksi Sosial

Full Text:

PDF

References


Aribowo, D. S., & Hidayah, T. (2019). The Effectiveness of Indonesian Traditional Games and Agility on Student ’ s Gross Motor Skills in Elementary School Hj . Isriati Baiturrahman 2 Semarang. 8(3), 281–287.

Bilqis, F. (2013). Hubungan Antara Persepsi Dengan Cara Penyelesaian Konflik Interpersonal Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Mahardhika. Jurnal BK UNESA, 3(1).

Bilqis, F. (2017). PERBEDAAN KEEFEKTIFAN ANTARA ADLERIAN GROUP PLAY COUNSELING DAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK INTERPERSONAL: Penelitian Mix-Method terhadap Siswa Kelas V SDN Sukasenang dan SDN Cihaurgeulis 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Pendidikan Indonesia.

Bilqis, F. (2018). Instrumen untuk mengukur daya tarik interpersonal pada anak. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 67–77.

Bilqis, F. (2019a). Cara membangun kepribadian dominasi rasional. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 109–114.

Bilqis, F. (2019b). Pengembangan program layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan daya tarik interpersonal siswa kelas V Sekolah Dasar. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 123–133.

Bilqis, F. (2019c). Perbandingan profil daya tarik interpersonal berdasarkan Instrument Attraction Questioner dengan sosiometri. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 1–6.

Bilqis, F. (2021). Does Adlerian Play Therapy Increase Social, Physical, and Task Appeal More Than Content Mastery Services in Elementary School Students? Child Education Journal, 3(1), 1–18.

Bilqis, F., Karina, T., & Latipah, I. C. (2019). Peran konselor dalam mewujudkan sekolah aman dan damai bagi siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 115–122.

Bilqis, F., Taufiq, A., & Saripah, I. (2017). The Effectiveness Differences Of Adlerian Group Play Counseling And Classroom Guidance Activity In Improving Interpersonal Attractiveness. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 12–19.

Bratton, S. C., & Dafoe, E. C. (2015). W7 R. Encyclopedia of Mental Health: Second Edition, (June), 278–283.

Dewi Ma'arufah Lucyana. (2014). The Implementation Of The Modified Traditional Hop-Scotch Game In Grup Counseling To Improve Students Social Interaction Ability In Class VII-A MTs Negeri Tulungagung. Jurnal BK, 4(3), 1-10.

Fitriyanti, E., & Bilqis, F. (2020a). Penguasaan konten analisis doodle art meningkatkan self efficacy mahasiswa UPBK Unindra dalam memberikan layanan konseling. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 175–182.

Fitriyanti, E., & Bilqis, F. (2020b). PKM layanan PKO analisis doodle art sebagai media self efficacy mahasiswa Prodi matematika & UPBK Unindra. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 285–292.

Hasbi, & Sukoco, P. (2014). Pengembangan model pembelajaran motorik dengan modifikasi permainan tradisional untuk sekolah dasar kelas atas. Jurnal Keolahragaan,2(1),46-58.Retrievedfrom https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2602

Kurniati, E. 2016. Permainan Tradisional Dan Perannya Dalam Mengembangkan

Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Ratnasari, D., & Bilqis, F. (2020). Layanan informasi untuk membangun keharmonisan keluarga pada orangtua atau wali asuh di Yayasan Jakarta Selatan. Teraputik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 35–42.

Rici, O. T. W., & Alawiyah, T. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kerjasama Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(5), 44–53.

Sania, Mashabi. 2020. Update 28 Maret:102 orang meninggal akibat covid-19. Tersedia

https://nasional.kompas.com/read/2020/03/28/16033311/update-28-maret-102 orang-meninggal-akibat-covid-19. Diakses pada 12 November 2020 pukul 16.06 WIB.

Saripah, I., & Bilqis, F. (2019). Pengembangan program Adlerian group play counseling untuk meningkatkan daya tarik interpersonal siswa kelas V Sekolah Dasar. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 141–155.

Setiawan, A., & Lianawati, A. (2020). Bimbingan kelompok teknik homeroom efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Darul Ulum Waru Sidoarjo. 4(2), 119–125. https://doi.org/10.26539/teraputik.42309

Shofiana, A. (2020). Pendidikan Daring di Masa Covid-19. Kompas.Com. Retrieved from https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/12/112834471/pendidikan- daring-di-masa-covid-19?page=all.

Siti Rahma Harahap. (2020). Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 11(1), 45–53. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i1.1837.

Subandi, S., Hasanah, I. F., Dewi, L. L., & Jannah, S. R. (2020). Implementation of Group Counseling and Role-Playing: The Investigation of Students Social Interaction Improvement. Islamic Guidance and Counseling Journal, 3(1), 32–37.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51607

Article Metrics

Abstract Views : 656 | PDF Views : 412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Septi Anaitulloh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.