Traditional play therapy “Bancakan” efektif dalam mengurangi kejenuhan pembelajaran daring siswa SMA saat pandemi Covid-19



Fatur Rahman Al Isfahani(1*), Sutijono Sutijono(2), Dimas Ardika Miftah Farid(3),

(1) FKIP Universitas PGRI Adibuana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian betujuan untuk mengetahui pengaruh play therapy dengan permainan tradisional “Bancakan” dalam bimbingan kelompok terhadap kejenuhan pembelajaran online pada saat pandemi covid-19 bagi siswa di SMA Negeri 1 Sangkapura. Metode eksperimen yang diterapkan adalah desain one group pre-test-post-test yaitu metode rujukan pada penelitian ini. Subyek penelitian berjumlah delapan siswa kelas XI yang mengalami kejenuhan belajar dengan kategori tinggi. Pengujian hipotesis yang digunakan oleh peneliti yaitu Wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kejenuhan pembelajaran bagi siswa antara pre-test dan post-test dimana kejenuhan belajar pada post-test lebih rendah dari pre-test yang artinya play therapy dengan permainan tradisional “Bancakan” dalam bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kejenuhan belajar (Asymp. Sig. =0,012 perbandingan Asymp. Sig. =0.012 < a = 0,05). Berdasarkan penelitian ini, bisa dapat disimpulkan bahwa play therapy dengan permainan tradisional “Bancakan” dalam bimbingan kelompok memiliki pengaruh terhadap kejenuhan pembelajaran bagi siswa di SMA Negeri 1 Sangkapura.

Keywords


Terapi Bermain Bancakan, Kejenuhan Belajar

Full Text:

PDF

References


Bilqis, F. (2013). Hubungan Antara Persepsi Dengan Cara Penyelesaian Konflik Interpersonal Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Mahardhika. Jurnal BK UNESA, 3(1).

Bilqis, F. (2017). PERBEDAAN KEEFEKTIFAN ANTARA ADLERIAN GROUP PLAY COUNSELING DAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK INTERPERSONAL: Penelitian Mix-Method terhadap Siswa Kelas V SDN Sukasenang dan SDN Cihaurgeulis 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Pendidikan Indonesia.

Bilqis, F. (2021). Does Adlerian Play Therapy Increase Social, Physical, and Task Appeal More Than Content Mastery Services in Elementary School Students? Child Education Journal, 3(1), 1–18.

Bilqis, F., Karina, T., & Latipah, I. C. (2019). Peran konselor dalam mewujudkan sekolah aman dan damai bagi siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 115–122.

Bilqis, F., Taufiq, A., & Saripah, I. (2017). The Effectiveness Differences Of Adlerian Group Play Counseling And Classroom Guidance Activity In Improving Interpersonal Attractiveness. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 12–19.

Dewi, R. P., Yosef, & Harlina. (2017). Hubungan antara Academic Self-Confidence dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 4(2), 14–27.

Guidelines, G. E., Xi, C., Students, I. P. S., Negeri, S. M. A., Hasliah, P., Penelitian, A., Ips, X. I., Negeri, S. M. A., & Ips, X. I. (2020). BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK GAMES PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PAREPARE. IX, 125–155.

Laili Sulistyowati, A. N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatka Keterampilan Belajar Siswa. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 413–430. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.801

Nawangsih, E. (2016). Play Therapy Untuk anak-anak Korban Bencana Alam Yang Mengalami Trauma (Post Traumatic Stress Disorder/PTSD). Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 164–178. https://doi.org/10.15575/psy.v1i2.475

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.

Sari, P., Kholidin, F. I., & Edmawati, M. D. (2019). Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kota Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 45–52.

Saripah, I., & Bilqis, F. (2019). Pengembangan program Adlerian group play counseling untuk meningkatkan daya tarik interpersonal siswa kelas V Sekolah Dasar. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 141–155.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51604

Article Metrics

Abstract Views : 494 | PDF Views : 331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fatur Rahman Al Isfahani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.