Budaya suku Lembak mempengaruhi perencanaan karier siswa



Heni Sulusyawati(1*), Syamsuddin Syamsuddin(2),

(1) Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
(2) Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
(*) Corresponding Author

Abstract


Adanya siswa di Lembak yang mengalami kebingungan dalam memilih jurusan di perguruan tinggi. Hal ini menjadi tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh budaya Lembak terhadap perencanaan karier siswa. Jenis penelitian merupakan deskriptif kualitatif natural setting. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara tak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Spradley analisis domain, taksonomi, komponensial, & tema kultural. Analisis domain menghasilkan data bahwa perencanaan karier siswa kurang optimal. Analisis taksonomi, menghasilkan data perincian peran orang tua, kedisiplinan, komunikasi, dan tanggung jawab. Analisis komponensial, orang tua hanya memberi kecukupan materi, sementara bimbingan terhadap anak kurang. Analisis tema kultural, perencanaan karier siswa kurang optimal karena kurangnya peran orang tua sebagai bagian dari akibat perilaku kultural. Komunikasi siswa yang kasar menyebabkan relasi pertemanan siswa di Lembak terbatas. Jadi, pada budaya Lembak 1) orang tua kurang berperan, 2) siswa kurang disiplin, 3) pergaulan terbatas, dan 4) siswa kurang bertanggung jawab mempengaruhi perencanaan karier siswa.

Keywords


Perencanaan Karier, Budaya Lembak

Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. UNP Press.

Akosah-Twumasi, P., Emeto, T. I., Lindsay, D., Tsey, K., & Malau-Aduli, B. S. (2018). A systematic review of factors that influence youths career choices—the role of culture. Frontiers in Education, 3, 58.

Aminurrohim, A. W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2014). Survei faktor-faktor penghambat perencanaan karir siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(2).

Andre, L., Peetsma, T. T. D., van Vianen, A. E. M., in de Wal, J. J., Petrović, D. S., & Bunjevac, T. (2019). Motivated by future and challenges: A cross-cultural study on adolescents’ investment in learning and career planning. Journal of Vocational Behavior, 110, 168–185.

Arthur, N., & Flynn, S. (2011). Career development influences of international students who pursue permanent immigration to Canada. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 11(3), 221–237.

Candra, S. (2018). Pelaksanaan Parenting bagi Orang Tua Sibuk dan Pengaruhnya bagi Perkembangan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 267–287.

Carrico, C., Matusovich, H. M., & Paretti, M. C. (2019). A qualitative analysis of career choice pathways of college-oriented rural central Appalachian high school students. Journal of Career Development, 46(2), 94–111.

Fauziyah, A., Yusuf, S., & Alian, A. (2020). Peranan Letnan I Nawawi Manaf Di Bengkulu Pada Masa Revolusi Fisik Tahun 1945-1949. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(1), 67–88.

Gower, S., Dantas, J. A. R., Duggan, R., & Boldy, D. (2018). The influence of international nursing placements on cultural competence and career planning. Australian Nursing and Midwifery Journal, 26(1), 41.

Gunkel, M., Schlägel, C., Langella, I. M., Peluchette, J. V, & Reshetnyak, E. (2013). The influence of national culture on business students’ career attitudes–an analysis of eight countries. German Journal of Human Resource Management, 27(1), 47–68.

Hajad, M., & Nanik, S. (n.d.). ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT OLEH MASYARAKAT SUKU LEMBAK KELURAHAN SUKARAMI KECAMATAN SELEBAR KOTA BENGKULU. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB.

Haley, K. J., Jaeger, A. J., & Levin, J. S. (2014). The influence of cultural social identity on graduate student career choice. Journal of College Student Development, 55(2), 101–119.

Hanggara, G. S. (2016). Keefektifan “Proses Guru” Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(4), 148–157.

Hariko, R., & Anggriana, T. M. (2019). Reviewing the role of families in student career planning. Konselor, 8(1), 6–11.

Heer, E. L., Cramer, s. H., & Niles, S. G. (2004). Career Guidance and Counseling Through the Life Span: Sistematic approaches. Allyn and Bacon.

Herin, M., & Sawitri, D. R. (2017). Dukungan orang tua dan kematangan karir pada siswa SMK program keahlian tata boga. Empati, 6(1), 301–306.

Hughes, C. (2011). The influence of self-concept, parenting style and individualism–collectivism on career maturity in Australia and Thailand. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 11(3), 197–210.

Joseph, L. L. (2012). The impact of family influence and involvement on career development.

Julia, J., & Afandi, M. (2020). Efektivitas Teknik Mind Mapping Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan, 1(2), 106–113.

Kaneez, B.-S., & Medha, K. (2018). Factors influencing grade 10 students’ career choice in Mauritius. DEVELOPMENT, 7(2).

Kaswan. (2014). Career Development: Pengembangan karier untuk mencapai kesuksesan dan kepuasan. CV. Alfabeta.

Kurnia, M., Amir, H., & Handayani, D. (2020). ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT DARI MAKANAN TRADISIONAL SUKU REJANG DI PROVINSI BENGKULU:“LEMEA.” Alotrop, 4(1).

Kurniasari, R., Sofah, R., & Harlina, H. (2016). Kemampuan perencanaan karir siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Palembang. Sriwijaya University.

Mahdi, I., Miinuddin, M., & Mike, E. (2019). Mengaktualisasikan Kearifan Lokal Suku Rejang Bengkulu Dalam Peraturan Daerah (PERDA).

Masaong, A. K. (2012). Pendidikan karakter berbasis multiple intelligence. Jurnal Konaspi VII Universitas Negeri Yogyakarta.

Mobley, C., Sharp, J. L., Hammond, C., Withington, C., & Stipanovic, N. (2017). The influence of career-focused education on student career planning and development: A comparison of CTE and non-CTE students. Career and Technical Education Research, 42(1), 57–75.

Novakovic, A., & Fouad, N. A. (2013). Background, personal, and environmental influences on the career planning of adolescent girls. Journal of Career Development, 40(3), 223–244.

Opier, N. M. (2020). Pengaruh Locus Of Control dan peran gender terhadap pengambilan keputusan karir siswa kelas XI dan XII SMAS Diponegoro Tumpang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Pascual, N. T. (2014). Factors affecting high school students’ career preference: A basis for career planning program. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 16(1), 1–14.

Permadi, N. E. (2016). Masalah-Masalah yang Dihadapi Peserta Didik dalam Perencanaan Karir dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan Karir. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(2).

Prasetiawan, H. (2016). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Ramah Anak terhadap Pembentukan Karakter Sejak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 50–60.

Putra, A. K. (2018). Keterlibatan orang tua dalam perencanaan karir anak usia SMP di Dusun Jamburejo. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(9), 501–511.

REFISRUL, N. F. N. (2019). Fungsi Lemang dalam Upacara Perkawinan Suku Besemah di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 5(2), 235–256.

Reski, N., Taufik, T., & Ifdil, I. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91.

Robinson, R. N. S., Ruhanen, L., & Breakey, N. M. (2016). Tourism and hospitality internships: influences on student career aspirations. Current Issues in Tourism, 19(6), 513–527.

Rogers, M. E., & Creed, P. A. (2011). A longitudinal examination of adolescent career planning and exploration using a social cognitive career theory framework. Journal of Adolescence, 34(1), 163–172.

Salleh, A. M. M., Omar, K., Aburumman, O. J., Mat, N. H. N., & Almhairat, M. A. (2020). The impact of career planning and career satisfaction on employee’s turnover intention. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(1), 218.

Sari, A. A. (2017). Komunikasi antarpribadi. Deepublish.

Sawitri, D. R., Creed, P. A., & Zimmer-Gembeck, M. J. (2014). Parental influences and adolescent career behaviours in a collectivist cultural setting. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 14(2), 161–180.

Sharf, R. S. (2010). Applying Career Development Theory to Counseling. Edition 5 TH Pacific Grove. University of Delaware: Brooks/Cole Cengage Learning.

Siregar, C. Y., & Hardjo, S. (2013). Hubungan komunikasi interpersonal dan persepsi pengembangan karir dengan kepuasan kerja. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 5(1), 11–17.

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulusyawati, H. & J. (2019). Pengaruh Budaya Serawai Terhadap Perencanaan Karier Siswa di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.

Sulusyawati, H., & Juwanto, J. (2020). Malay Culture Effect on Career Planning Student SMA City 9 Bengkulu. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(2), 237–246.

SULUSYAWATI, H., & MELATI, M. (2019). PENGARUH BUDAYA REJANG TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 27–35.

Sulusyawati, H., & Sari, W. K. (2019). Potret Perencanaan Karier Siswa Budaya Rejang di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(2), 114–118.

Sulusyawati, H., Yusuf, A. M., & Daharnis, D. (2017). Perencanaan karier siswa di SMA ditinjau dari status sosial ekonomi, jenis kelamin, dan jurusan. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(1), 8–14.

Tyrance, S. C., Harris, H. L., & Post, P. (2013). Predicting positive career planning attitudes among NCAA Division I college student-athletes. Journal of Clinical Sport Psychology, 7(1), 22–40.

W.S, Winkel & Hastuti, S. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.

Yusuf, A. M. (2002). Kiat Sukses dalam Karier. Ghalia.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.43564

Article Metrics

Abstract Views : 657 | PDF Views : 550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Heni Sulusyawati, Syamsuddin Syamsuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.