Peningkatan karakter demokratis melalui Traditional Enggo Group Play Therapy pada anak usia TK



Andrianus Krobo(1*),

(1) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Karakter demokratis perlu ditumbuhkan sejak usia dini karena merupakan pondasi awal terhadap kepribadiannya di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini, yaitu menjelaskan langkah-langkah Traditional Enggo Group Play Therapy dan untuk menjabarkan hasil peningkatan karakter demokratis anak usia Taman Kanak-kanak melalui Traditional Enggo Group Play Therapy. Metode penelitian menggunakan participatory action research. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan karakter demokratis anak, baik dari skor observasi dan angket, maupun analisis dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara. Dari data observasi, skor pra tindakan dua, sedangkan skor pada pertemuan keenam di siklus II adalah tujuh. Dari data angket, terdapat peningkatan jumlah anak yang memilki karakter demokratis, mulai dari 33% dari lima belas anak pada pra tindakan, hingga 93% pada siklus II. Hal ini berarti, Traditional Enggo Group Play Therapy dapat meningkatkan karakter demokratis anak usia Taman Kanak-Kanak.


Keywords


Karakter Demokrasi, Permainan Tradisional Enggo

Full Text:

PDF

References


Adibatin, A. (2016). Pendidikan karakter bangsa berbasis strategi pembelajaran pakem melalui permainan cincin di jempol tangan (karya inovasi pembelajaran sekolah dasar). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1–18.

AINI, N. (2020). NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI PADA PERMAINAN TRADISIONAL ANAK DI DESA MUJIRAHAYU KECAMATAN SEPUTIH AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. UIN Raden Intan Lampung.

Ajallooeian, E., Gorji, Y., & Niknejadi, F. (2015). Evaluate the Effectiveness of Social Skills Training through Group Therapy Play on Reducing Rational Aggression Boy Elementary School Student in Esfahan City (2013-2014). Journal of Social Sciences and Humanities Research, 3(01), 1–5.

ANAS, A. (2018). Perancangan Ilustrasi Untuk Melestarikan Permainan Tradisional Di Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Badamian, R., & Ebrahimi Moghaddam, N. (2017). The effectiveness of cognitive-behavioral play therapy on flexibility in aggressive children. Journal of Fundamentals of Mental Health, 19(special issue), 133–138.

Bilqis, F. (2013). Hubungan Antara Persepsi Dengan Cara Penyelesaian Konflik Interpersonal Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Mahardhika. Jurnal BK UNESA, 3(1).

Bilqis, F. (2017). PERBEDAAN KEEFEKTIFAN ANTARA ADLERIAN GROUP PLAY COUNSELING DAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK INTERPERSONAL: Penelitian Mix-Method terhadap Siswa Kelas V SDN Sukasenang dan SDN Cihaurgeulis 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Pendidikan Indonesia.

Bilqis, F., Karina, T., & Latipah, I. C. (2019). Peran konselor dalam mewujudkan sekolah aman dan damai bagi siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 115–122.

Bilqis, F., Taufiq, A., & Saripah, I. (2017). The Effectiveness Differences Of Adlerian Group Play Counseling And Classroom Guidance Activity In Improving Interpersonal Attractiveness. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 12–19.

Carroll, P., Calder-Dawe, O., Witten, K., & Asiasiga, L. (2019). A prefigurative politics of play in public places: children claim their democratic right to the city through play. Space and Culture, 22(3), 294–307.

Creswell, J. W. (2018). Educational Research Mylab Education Access Code Includes Pearson Etext: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=ddlOuQEACAAJ

Damri, M. P., Putra, F. E., & Kom, M. I. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Prenada Media.

Davidson, B., Satchi, N. S., & Venkatesan, L. (2017). Effectiveness of play therapy upon anxiety among hospitalised children. International Journal of Advance Research, Ideas and Innovations in Technology, 3(5), 441–444.

Diniaty, A. (2018). DINAMIKA PERUBAHAN DALAM KONSELING: Memahami Permasalahan Klien dan Penanganannya. Kreasi Edukasi.

Dwi Ervita Masruroh, W., & Muhibbin, A. (2020). Sosialisasi Nilai-Nilai Demokrasi Indonesia Melalui Audio Visual Dan Modifikasi Strategi Small Group Discussion Kolaborasi True Or False Pada Pemuda Karang Taruna Desa Kalimacan Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun 2020. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Eka Rahmawati, A., & Mulyadi, S. H. (2018). Penanaman Karakter Cinta Tanah Air melalui Permainan Tradisional pada Siswa Kelas Tinggi di SDIT Mardhatillah Kemasan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fadlillah, M. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Kreatif Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.”

Fana, F., & Jatiningsih, O. (2020). KONTRIBUSI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI SDN SIMOKERTO V/138 SURABAYA. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(2).

Fath, S. N. (n.d.). PERMAINAN TRADISIONAL NOGARATA TO KAILI SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN PKn DALAM MEMBANGUN NILAI KARAKTER KEWARGANEGARAAN SISWA SMP NEGERI 13 PALU. EDU CIVIC, 4(1).

Genggong, M. S. (2018). Government role in development of child-friendly city based on traditional games. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 5(4), 53–60.

HAKIM, S. (2020). DISTORSI HUMANISME DALAM KONSEP ISLAM RAHMATAN LIL’AALAMIIN DI INDONESIA (Studi Internalisasi Humanisme dalam Islam). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(1, January), 1–19.

Harefa, D., & Fatolosa Hulu, M. M. (2020). Demokrasi Pancasila di Era Kemajemukan. PM Publisher.

Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 84–97.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 183–198.

Heshmati, R., Onari Asl, R., & Shokrallah, R. (2016). The effectiveness of group play therapy techniques on state anxiety, positive emotions and general compatibility level in special students with learning disabilities. Journal of Learning Disabilities, 5(4), 7–24.

Himawan, F. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Jasmani Untuk Karakter Demokratis Tema 2 Subtema 1 Bagi Siswa Kelas IV SDN Bendan Ngisor Semarang. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 137–145.

Hudayah, C. P., & Harmanto, H. (2021). PERAN PEMBINA DALAM MEMBANGUN SIKAP DEMOKRATIS BAGI PENGURUS OSIS DI SMKN 1 BUDURAN SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(1), 1–15.

Humaira, A. (2021). KONSEP NEGARA DEMOKRASI.

Idris, S. (2014). Demokrasi dan Filsafat Pendidikan (Akar Filosofis dan Implikasinya dalam Pengembangan Filsafat Pendidikan). Ar-Raniry Press.

Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438.

Kristanto, E. (2016). Perbedaan tingkat kebersyukuran pada laki-laki dan perempuan. Dipresentasikan Pada Seminar ASEAN 2nd Psychology and Humanity, Malang.

Kurnia, I. (2019). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KH AHMAD DAHLAN. IAIN BENGKULU.

Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun.

Morshed, N., Davoodi, I., & Babamiri, M. (2015). Effectiveness of group play therapy on symptoms of oppositional defiant among children. J Educ Community Health, 2(3), 12–18.

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 218.

Muslih, M., & Ulfah, R. A. (2020). URGENSI KARAKTERISTIK WARGANEGARA DEMOKRATIS PADA ABAD KE DUA PULUH SATU. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 125–138.

Nafisah, W. (2016). Pengaruh permainan tradisional petak umpet dan lompat tali terhadap pembentukan karakter demokratis dan disiplin anak usia sekolah dasar di SDN Pakukerto 1 Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Nasution, T. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Noor, F. (2017). Fenomena Post Democracy Party Di Indonesia: Kajian Atas Latar Belakang, Karakteristik Dan Dampaknya. Jurnal Penelitian Politik, 14(2), 109–126.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111.

Piscarika, M., Afdal Jamil, Z., & Mukminin, A. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI KOTA JAMBI. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Rafati, F., Pourmohamadreza-Tajrishi, M., Pishyareh, E., Mirzaei, H., & Biglarian, A. (2016). Effectiveness of group play therapy on the communication of 5-8 years old children with high functioning autism. Archives of Rehabilitation, 17(3), 200–211.

Rahmat, D. (2016). Penelitian tindakan dalam bimbingan dan konseling.

Ramadhan, I. (2021). INDONESIA ADALAH NEGARA DEMOKRASI.

Ramadhani, A. (2018). Identifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam permainan anak tradisional. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1).

Rizal, E., Khadijah, U. L. S., Rejeki, D. S., Hadian, S. M., & Anwar, R. K. (2019). Traditional Game As The Communication Media In Delivering Message About How To Resolve The Disaster. 1st International Conference on Life, Innovation, Change and Knowledge (ICLICK 2018), 166–170.

Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99.

Rozana, S., & Bantali, A. (2020). STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI: MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK. EDU PUBLISHER.

Sa’idi, R. (2017). Urgensi menjaga kemajemukan dan toleransi dalam era demokrasi. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 13(2), 74–90.

Sajadi, D. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34.

Sarihi, N., Pournesaei, G. S., & Nikakhlagh, M. (2015). Effectiveness of group play therapy on behavior problems in preschool children. Journal of Analytical-Cognitive Psychology, 6(23), 35–41.

Saripah, I., & Bilqis, F. (2019). Pengembangan program Adlerian group play counseling untuk meningkatkan daya tarik interpersonal siswa kelas V Sekolah Dasar. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 141–155.

Setiawati, E., Bahri, A. S., Firmadani, F., Safari, M., Pramanik, P. D., Nuramila, N., Rahmah, R. E., Nuryanti, N., Pratama, A. Y., & Nurmiyanti, L. (2020). Pendidikan Karakter.

Suharsimi, A., & Suhardjono, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). PT Bumi Askara, Jakarta.

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). TINGKAT PENCAPAIAN PADA ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN BERDASARKAN STRANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52–65.

Suwito, A. (2012). Integrasi Nilai Pendidikan Karakter ke dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Melalui RPP. CIVIS, 2(2/Juli).

Swan, K. L., Kaff, M., & Haas, S. (2019). Effectiveness of Group Play Therapy on Problematic Behaviors and Symptoms of Anxiety of Preschool Children. The Journal for Specialists in Group Work, 44(2), 82–98.

Sweeney, D. S., Baggerly, J., & Ray, D. C. (2014). Group play therapy: A dynamic approach. Routledge.

Syamsurrijal, A. (2020). Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1–14.

Tridonanto, A. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Elex Media Komputindo.

Wulandari, R., & Rahmi, A. (2018). Relasi Interpersonal dalam Psikologi Komunikasi. Islamic Communication Journal, 3(1), 56–73.

Zubaedi, M. A. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.43558

Article Metrics

Abstract Views : 674 | PDF Views : 424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andrianus Krobo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.