Hubungan antara kesepian dan kecerdasan emosi dengan penggunaan game online



Dwi Rachma Puspalani(1*), Awalya Awalya(2),

(1) Semarang State University
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Game online pada dasarnya ditujukan untuk mengusir kepenatan atau sekedarmelakukan0refreshing otak0setelah0melaksanakan aktivitas sehari-hari. Jenis penelitian yang0digunakan adalah0kuantitatif korelasional. Desain penelitian hypothesis testing study. Populasi0dalam0penelitian ini adalah seluruh0siswa SMP N 1 KEDU Kabupaten Temanggung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 127 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis dan kuesioner. Hasil0penelitian menunjukkan0bahwa0Semakin tinggi siswa merasa kesepian maka semakin0tinggi pula0penggunaan game online. terdapat hubungan negatif dan signifikan0antara kecerdasan0emosi dengan 0penggunaan game online siswa SMP Negeri 1 Kedu Kabupaten Temanggung. Semakin tinggi kecerdasan emosi siswa maka semakin rendah penggunaan game online. guru BK atau konselor sekolah dapat menindaklanjuti dengan memberikan layanan yang sesuai misalnya layanan konseling kelompok maupun individu untuk mengurangi kesepian dan meningkatkan kecerdasan emosi serta sebagai upaya untuk pengembangan secara efektif.

Keywords


Game Online, Loneliness, Kecerdasan Emosi

Full Text:

PDF

References


Bainbridge, W. S. (2009). 0nline multiplayer games. Synthesis Lectures 0n Inf0rmati0n C0ncepts, Retrieval, and Services, 1(1), 1-113. https://d0i.0rg/ 10.2200/S00232ED1V01Y200912ICR013.

Beranuy, M., Carb0nell, X., & Griffiths, M. D. (2013). A qualitative analysis 0f 0nline gaming addicts in treatment. Internati0nal J0urnal 0f Mental Health and Addicti0n, 11(2), 149-161. https://link.springer.c0m /article/10.1007/s11469-012-9405-2.

Demetr0vics, Z., Szeredi, B., & Rózsa, S. (2008). The three-fact0r m0del 0f Internet addicti0n: The devel0pment 0f the Pr0blematic Internet Use Questi0nnaire. Behavi0r Research Meth0ds, 40(2), 563-574. https://link.springer.c0m/article/10.3758/BRM.40.2.563.

Dinata, 0., & Risdayanti, R. (2017). Hubungan kecanduan game 0nline clash 0f clans terhadap perilaku s0sial (studi kasus game 0nline clash 0f clans pada mahasiswa s0si0l0gi fakultas ilmu s0sial & p0litik universitas riau). Jurnal 0nline Mahasiswa Fakultas Ilmu S0sial dan Ilmu P0litik. Pekanbaru: Universitas Riau. Fakultas Ilmu S0sial dan Ilmu P0litik. 4 (2), 1-15.

Fadil, M., Sunawan, Awalya. (2019). The Effectiveness of Group C0unselling with C0gnitive Restructuring and Self-Management Techniques to Reduce Internet Addicti0n. Jurnal Bimbingan K0nseling, 8 (2), 134-139. D0I https://d0i.0rg/10.15294 /jubk.v8i2.28172.

Hidayati, I., Mulawarman, & Awalya. (2017). Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosidrama. Indonesian Journal 0f Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(4), h.27-34. Diakses dari https://j0urnal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk /article/view/18966/10761.

Utami, T. W., & H0dik0h, A. (2020). Kecanduan game 0nline berhubungan dengan penyesuaian s0sial pada remaja. Jurnal Keperawatan, 12(1), 17-22. https://d0i.0rg/10.32583/keperawatan.v12i1.700.

Pratiwi, C. P., Andayani, T. R., & Karyanta, N. A. (2012). Perilaku adiksi game 0nline ditinjau dari efikasi diri akademik dan keterampilan s0sial pada remaja di Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Park, N., & Peters0n, C. (2005). P0sitive Psych0l0gy Pr0gress: Empirical Validati0n 0f Interventi0ns.American Psych0l0gist, 60(5), 410–421. https://d0i.0rg/10.1037/0003-066X.60.5.410.

Y0ung, K. (2000). Cyber-dis0rders: the mental health c0ncern f0r the new millennium. CyberPsych0l0gy & Behavi0r, 3(5), 475-479. www.netaddicti0n.c0m/net_c0mpulsi0ns.htm.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51553

Article Metrics

Abstract Views : 664 | PDF Views : 387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Rachma Puspalani, Awalya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.