Pengembangan panduan konseling Islami berbasis model Gerald Corey



Ermalianti Ermalianti(1*),

(1) Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketiadaan panduan konseling Islami yang jelas dan sistematis. Tujuan penelitian adalah mengembangkan panduan konseling Islami berbasis Model Gerald Corey. Penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (R & D) berdasarkan model Bord & Gall dengan modifikasi oleh Sukmadinata. Tahap  pengembangan meliputi:  studi  pendahuluan,  pengembangan  produk,  validasi  ahli dan pengguna. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuisioner, observasi dan wawancara. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji validasi Panduan konseling Islami berbasis Model Gerald Corey dari para ahli dan para calon pengguna menunjukkan nilai rata-rata empat (4) dengan kategori sangat tepat/sesuai. Dengan demikian, panduan koseling Islami berdasarkan model Gerald Corey telah memenuhi kriteria sangat tepat/sesuai dan layak untuk dipergunakan.

Keywords


Pengembangan Panduan, Konseling Islami, Corey

Full Text:

PDF

References


A.Said Hasan Basri, Zaen Musyrifin, M. K. A. dan H. K. R. (2019) ‘Pengembangan Model Keilmuan Bimbingan Dan Konseling Islam Melalui Jurnal Hisbah : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam’, Jurnal Al Isyraq, 2(2), pp. 136–158.

Akbari, M. and Hossaini, S. M. (2018) ‘The relationship of spiritual health with quality of life, mental health, and burnout: The mediating role of emotional regulation’, Iranian journal of psychiatry, 13(1), p. 22.

Amin, S. M. (2010) Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Ardani, T. A., Yusuf, A. Y. and Irawan, A. R. (2020) ‘PSIKORELIGIUSITAS DALAM PENINGKATAN KESEHATAN MENTAL CALON JAMAAH HAJI DAN UMROH DI KOTA MALANG’, in Seminar Nasional Psikologi UM.

Ardi, A. (2019) ‘Peran Bimbingan Konseling Islam Mengatasi Kecanduan Game Online’, Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), pp. 802–810. doi: 10.30863/ekspose.v18i1.370.

Arifin, I. Z. (2013) ‘MODEL BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN SPIRITUAL PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT: Studi ke Arah Pengembangan Model Bimbingan dan Konseling Islami di Rumah Sakit Umum Daerah Al-Ihsan Kabupaten Bandung’. Universitas Pendidikan Indonesia.

Arifin, S. and Munfaridah, H. (2018) ‘Pengembangan Desain Konseling Berbasis Pesantren dengan Pendekatan Service-Learning’, Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 8(2), pp. 110–132.

Ashshidieqy, H. (2018) ‘Hubungan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa’, JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 7(2), pp. 68–75.

Atmoko, A. (2009) ‘Konseling Religius: Kerangka Kerja untuk Bimbingan Skripsi’, in Seminar Internasional dalam rangka Kongres XI dan Konvensi Nasional XVI Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN). Surabaya.

Bastomi, H. (2017) ‘Menuju Bimbingan Konseling Islami’, KONSELING EDUKASI" Journal of Guidance and Counseling", 1(1).

Bogdan, R. C. and Biklen, S. K. (2003) Qualitative Research for Education: An. Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.

Brophy, M. (2015) ‘Spirituality incorporated: Including convergent spiritual values in business’, Journal of business ethics, 132(4), pp. 779–794.

Corey, G. (2017) Theory and practice of counseling and psychotherapy. Nelson Education.

Darmadi, H. (2011) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Daulay, M. (2018) ‘Urgensi Bimbingan Konseling Islam Dalam Membentuk Mental Yang Sehat’, Hikmah, 12(1), p. 145. doi: 10.24952/hik.v12i1.859.

Diniaty, A. (2013) ‘Urgensi Teori Konseling Dan Perspektifnya Dalam Islam Menjawab Tuntutan Konseling Religius Di Masa Depan’, Al-Ta lim Journal, 20(1), pp. 312–232. doi: 10.15548/jt.v20i1.27.

Edison, E. (2018) ‘PENGEMBANGAN MODEL KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 8 MAKASSAR’. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Edison, E. (2020) ‘Development of Islamic Counseling Models To Improve Student’s Discipline’, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 6(1), pp. 57–65.

Ellison, C. G. et al. (2013) ‘Spiritual struggles and mental health: Exploring the moderating effects of religious identity’, International Journal for the Psychology of Religion, 23(3), pp. 214–229.

Fadhilah, N. (2017) ‘Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa’, Jurnal penelitian, pp. 111–130.

FERNANDY, N. (no date) ‘Hubungan Spiritualitas dengan Stres Pengasuhan Ibu yang Memiliki Anak Retardasi Mental’.

Fitri, A. (2018) ‘Pendidikan karakter prespektif al-Quran hadits’, TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), pp. 258–287.

Gall, M. D., Gall, J. P. and Borg, W. R. (2007) Educational research : an introduction. Boston: Pearson.

Gonçalves, J. P. B. et al. (2015) ‘Religious and spiritual interventions in mental health care: a systematic review and meta-analysis of randomized controlled clinical trials’, Psychological medicine, 45(14), pp. 2937–2949.

Gudnanto, G. (2015) ‘Peran Bimbingan Dan Konseling Islami Untuk Mencetak Generasi Emas Indonesia’, Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), p. 106908.

Gustini, N. (2016) ‘Bimbingan Dan Konseling Melalui Pengembangan Akhlak Mulia Siswa Berbasis Pemikiran Al-Ghazali’, Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), pp. 1–14.

Hallen (2005) Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching.

Hayat, A. (2011) ‘Pengembangan konsep konseling islami (konsep konseling berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an)’, Ta’lim Muta’allim, 1(2), p. Juli-Desember.

Hayat, A. (2016) Konsep Konseling Berdasarkan Ayat-Ayat Al-Qur’an (Jilid I). 1st edn. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Hayat, A. (2017) Bimbingan Konseling Qur’ani (Jilid 1). LKIS PELANGI AKSARA.

Hyland, T. (2017) ‘McDonaldizing spirituality: Mindfulness, education, and consumerism’, Journal of Transformative Education, 15(4), pp. 334–356.

INDRA, I. (2020) ‘KONSELING SPIRITUAL PADA PENDERITA GANGGUAN MENTAL DIPONDOK PESANTREN REHABILITAS SALAFIYAH SYAFI’IYAH NASRUN MINALLAH YOGYAKARTA’, MEDIA INTELEKTUAL MUSLIM DAN BIMBINGAN ROHANI, 6(1).

Indrayati, S. A. (2020) ‘Efektifitas Layanan Bimbingan dan Konseling Islam dalam Meningkatkan Kualitas Pribadi Siswa di SMA Negeri 7 Yogyakarta’, G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), pp. 23–30.

Lestari, I. (2014) ‘Pengembangan Media Bimbingan Dan Konseling Berbasis Islami Untuk Membentuk Karakter Mandiri Anak Usia Dini’, Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1).

Lubis, S. A. (2011) ‘Islamic counseling: The services of mental health and education for people’, Religious Education, 106(5), pp. 494–503.

Ma’ruf, H. (2014) Landasan Bimbingan dan Konseling Perspektif Islam dan Filsafat Eksistensial-Humanistik: Sebuah Komparasi. Yogyakarta: Aswaja.

Martinez, B. B. and Custodio, R. P. (2014) ‘Relationship between mental health and spiritual wellbeing among hemodialysis patients: a correlation study’, Sao Paulo medical journal, 132(1), pp. 23–27.

Maulana, R. (2016) ‘Pengembangan model bimbingan kelompok berbasis islami untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa SMK’, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(1), pp. 58–65.

McGhee, P. and Grant, P. (2017) ‘The transcendent influence of spirituality on ethical action in organizations’, Journal of management, spirituality & religion, 14(2), pp. 160–178.

Moleong, L. J. (2011) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Østbø, J. (2017) ‘Securitizing “spiritual-moral values” in Russia’, Post-Soviet Affairs, 33(3), pp. 200–216.

Pearce, M. J. et al. (2019) ‘A novel training program for mental health providers in religious and spiritual competencies.’, Spirituality in Clinical Practice, 6(2), p. 73.

Ristianti, D. H. (2018) ‘Konseling Islami Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Pasien HIV/AIDS’, Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), pp. 113–130.

Rozikan, M. (2017) ‘Transformasi dakwah melalui konseling islami’, INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), pp. 77–98.

Rudyanto, E. (2010) ‘Hubungan antara kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual dengan Perilaku Prososial pada Perawat’.

Sabiq, Z. (2012) ‘Kecerderdasan emosi, kecerdasan spiritual dan perilaku prososial santri pondok pesantren nasyrul ulum pamekasan’, Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2).

Salahudin, A. (2010) Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia.

Satriah, L., Tajiri, H. and Yuliani, Y. (2019) ‘Konseling Islami untuk Pengembangan Parenting Skills Orang Tua’, Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling XXI, pp. 60–67.

Siregar, R. (2015) ‘Pengembangan fitrah manusia melalui konseling Islam’, FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 1(1), pp. 1–14.

Siswanti, Y., Muhsin, A. and Nafisah, L. (2020) ‘Analisis Kepemimpinan Spiritual, Perilaku Kerja Spiritual, dan Kesadaran Lingkungan Terhadap Environmental Passion’, Eksos LPPM, 2(1), pp. 78–85.

Solihin, M. and Rosihon, A. (2004) Hakikat Manusia Menggali Potensi Kesadaran Pendidikan Dini dalam Psikologi Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Stepanova, E. (2015) ‘“The Spiritual and Moral Foundation of Civilization in Every Nation for Thousands of Years”: The Traditional Values Discourse in Russia’, Politics, Religion & Ideology, 16(2–3), pp. 119–136.

Sukmadinata, N. S. (2012) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutoyo, A. (2017) ‘Model Bimbingan Dan Konseling Sufistik Untuk Mengembangkan Pribadi Yang ’Alim Dan Saleh’, Konseling Religi : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8(1), pp. 1–22.

Tambunan, S. (2018) ‘Seni Islam Terapi Murattal Alquran Sebagai Pendekatan Konseling Untuk Mengatasi Kecemasan’, Al-Mishbah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 14(1), pp. 75–89.

The Joint Committee on Standards For Educational Evaluation (1981) Standards for Evaluations of Educational Program, Projects, and Materials. New York.

Trianto (2011) Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan dan Profesi Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

TYAS, J. M. (no date) ‘Hubungan Tingkat Kemandirian Akivitas Sehari-hari dengan Tingkat Spiritualitas Lansia di UPT PSTW Jember’.

UM, W. D. P. (2020) ‘Pengembangan panduan konseling islami berdasarkan model Gerald Corey/Ermalianti’, SKRIPSI Mahasiswa UM.

Unterrainer, H.-F., Lewis, A. J. and Fink, A. (2014) ‘Religious/spiritual well-being, personality and mental health: a review of results and conceptual issues’, Journal of religion and health, 53(2), pp. 382–392.

Ushatikova, I. I. et al. (2018) ‘Christian values in spiritual and moral upbringing of students’, European Journal of Science and Theology ISSN, 1841-0464, 14(5), p. 77.

Vafaee, R. (2015) ‘Association of between mental health and spiritual health among students in Shiraz University’, Advances in Nursing & Midwifery, 24(84), pp. 53–59.

Vitell, S. J. et al. (2016) ‘Spirituality, moral identity, and consumer ethics: A multi-cultural study’, Journal of business ethics, 139(1), pp. 147–160.

Zakaria, N. and Akhir, N. S. M. (2017) ‘Theories and modules applied in Islamic counseling practices in Malaysia’, Journal of religion and health, 56(2), pp. 507–520.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.43545

Article Metrics

Abstract Views : 846 | PDF Views : 787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ermalianti Ermalianti

License URL: https://journal.unindra.ac.id/index.php/teraputik/index

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.