Peran layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam perencanaan karier pada siswa SMA



Serly Anggraini(1*), Mochammad Rifai(2), Abdul Muhid(3),

(1) UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
(2) MAN 4 Jombang
(3) UIN Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu tugas perkembangan siswa SMA, yaitu kesiapan untuk menata masa depan sebagai perannya menjadi dewasa. Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan karier yang matang agar siswa dapat merencanakan kariernya sesuai dengan kelebihan, kekurangan, kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Bimbingan konseling sebagai unit integral sekolah bertujuan untuk memberikan bantuan maupun dukungan kepada siswa untuk mencapai tugas perkembangannya. Dengan adanya layanan bimbingan dan konseling komprehensif selaku upaya preventif agar siswa bisa mengambil keputusan dengan tepat dalam mencapai tugas perkembangannya baik perkembangan akademik, pribadi-sosial maupun karier. Terdapat empat komponen layanan bimbingan konseling dan komprehensif sesuai dengan perannya masing-masing yaitu layanan dasar, layanan penempatan dan perencanaan individual, dan layanan dukungan sistem. Penelitian ini bermaksud untuk menjabarkan tentang peran layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam perencanaan karier siswa SMA. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengkaji penelitian-penelitian terdahulu.

Keywords


Bimbingan Konseling Komprehensif, Perencanaan Karier

Full Text:

PDF

References


ABKIN. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor DAN Layanan Dalam Jalur Pendidikan Formal. Depdiknas.

American School Counselor Association. (2012). ASCA national model: A framework for school counseling programs. American School Counselor Association.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa Melalui Bimbingan Karier dengan Penggunaan Media Modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i2.4466

Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan Dan Konseling Komprehensif : Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 93–106.

Daryono, Sugiharto, & Sutoyo, A. (2014). Model Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif di Taman Kanak-kanak. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 159–166. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk

Depdiknas. (2007). Rambu-Rambu pelaksanaan BK dalam Jalur Pendidikan Formal. Ditjen PMPTK.

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program Fourth Edition. American Counseling Assosiation.

Hatch, T., & Bowers, J. (2002). The Block to Build On. ASCA School Counselor.

Hidayat, D. R., Cahyawulan, W., & Alfan, R. (2019). Karier: Teori dan Aplikasi dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif. In E-BOOK. Jejak Publisher. https://books.google.co.id/books?id=6i_SDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Karier:+Teori+dan+Aplikasi+dalam+Bimbingan+dan+Konseling+Komprehensif.&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwjMiJi5mqfuAhXh73MBHU4ZAw4Q6AEwAHoECAEQAg#v=onepage&q=Karier%3A Teori dan Aplikasi dalam Bi

Hidayati, N. W. (2014). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karier Siswa. Jurnal Edukasi, 1(1), 94–101.

Hikmawati, F. (2010). Bimbingan Konseling. PT. Rajawali Grafindo Persada.

Hurlock, B. E. (1980). Psikologi Perkembangan. Penerbit Erlangga.

Kartadinata, S. (2011). Menguak Tabir Bimbingan Dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. In UPI.

Kulsum, S. (2013). Peranan Bimbingan dan Konseling dalam Domain Pengembangan Diri Siswa 1. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 67. https://doi.org/10.29210/11200

Kumara, A. R., & Lutfiyani, V. (2017). Strategi Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Dalam Perencanaan Karier Siswa Smp. G-COUNS Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 180–191.

Kurniawan, S. J., Kumara, A. R., & Bhakti, C. P. (2019). Strategi Layanan Perencanaan Individual untuk Mengembangkan Work Readiness pada Siswa SMK. Seminar Nasional Pendidikan (Sendika), 3(November), 109–116.

Lutfiyani, V., Bhakti, P., & Dahlan. (2017). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif dalam Pengembangan Self-Knowledge pada Siswa Sekolah Dasar. SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP UAD, I(20), 370–377. http://eprints.uad.ac.id/8589/1/14. Vivi Lutfiyani.%2CS.Pd.pdf

Myrick, R. D. (2011). Developmental Guidance and Counseling : A Practical Approach Fifth edition. Educational Media Corporation.

Nurihsan, J. (1998). Bimbingan Komprehensif: Model Bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Umum (Studi Pencarian Model Bimbingan untuk Meningkatkan Mutu dan Sistem Manajemen Layanan Bimbingan di Beberapa SMU Negeri Jawa Barat). In Disertasi.

Nurihsan, J. (2009). Model konseling Multibudaya Dalam Kerangka Bimbingan Komprehensif untuk Mengembangkan Kompetensi Sosial Siswa Usia Remaja Kearah Persatuan Nasional Indonesia. Laporan Hibah Strategis Nasional.

Pangestuti, R. W. (2017). Strategi Layanan Perencanaan Individual. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Penguatan Pendidikan KarakterKonseling Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 159–172.

Purwaningrum, R. (2018). Bimbingan dan Konseling Komprehensif sebagai Pelayanan Prima Konselor ( Ribut Purwaningrum). Jurnal Ilmiah Konseling, BK FKIP UTP, 18(1), 18–27.

Purwanto, E. (2012). Peran Kecerdasan Emosional dan Eksplorasi Anak. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 7–13.

Riskiyah, R. (2017). Implementasi Permendikbud No. 111 Tahun 2014 dan Implikasinya terhadap Kompetensi dan Uraian Tugas Guru Bimbingan Konseling. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 44. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p44-55

Safitri, N. E., & Novirizka Hasan, S. U. (2018). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pengembangan Nilai Karakter Religius. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(1), 19. https://doi.org/10.31100/jurkam.v2i1.64

Simamora, A. L., & Suwarjo. (2013). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di SMAN 4 Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(3), 44–57.

Simamora, H. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. YKPN.

Suherman, U. (2009). Konseling Karier Sepanjang Rentang Kehidupan. UPI.

Suherman, U. (2011). Pembangun Karakter dan Budaya Bangsa Melalui Bimbingan Komprehensif Berbasis Nilai Alquran (Tinjauan Filosofis tentang Hakikat dan Peran Manusia). Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar.

Supriatna, M., & Budiman, N. (2009). Bimbingan Karier di SMK. In Dalam e-book.

Winkel, W. ., & Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Media Abadi.

Witriani, R., & Saam, Z. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Karier Siswa Dalam Memasuki Perguruan Tinggi Kelas X Sma Negeri 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2014 / 2015. 1–10.

Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Rizqi Press.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.51544

Article Metrics

Abstract Views : 4139 | PDF Views : 3034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Serly Anggraini, Mochammad Rifai, Abdul Muhid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.