Layanan penguasaan konten melalui teknik bermain peran dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa



Puji Lestari(1*), Christine Masada Hirashita Tobing(2), Nani Hanifah(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Siswa yang memiliki kurangnya kepercayaan diri seringkali mengalami hambatan dalam proses perkembangan dalam kehidupannya, terutama pada proses pembelajaran. Beberapa usaha dilakukan oleh guru BK untuk mengatasi permasalahan kepercayaan diri siswa salah satunya dengan menggunakan layanan penguasaan konten. Namun pada layanan yang diberikan masih belum mencapai sasaran, untuk itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui layanan penguasaan konten melalui teknik bermain peran terhadap kepercayaan diri siswa di SMPN 26 Depok. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif penelitian survei, data dan sumber data pada penilitian ini adalah siswa kelas VIII6 SMPN 26 Depok. Berdasarkan hasil perhitungan variabel layanan penguasaan konten melalui teknik bermain peran diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebanyak 0.776 > 0.05. dan perhitungan variabel kepercayaan diri siswa diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebanyak 0.997 > 0.05 yang artinya kedua variabel diterima. Kesimpulannya yaitu bahwa layanan penguasaan konten melalui teknik bermain peran dapat dilakukan oleh guru BK untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Keywords


Bermain Peran, Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

References


Arienta, Venna Deski, Firman, Yeni Karnadi. (2017). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Belajar. Diterbitkan melalui jurnal ilmiah konseling.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta :Rineka Cipta.

Hentika, Y., & Neviyarni, N. (2020). Efforts To Improve Student Assertive Behavior In Learning Through Classical Services With Psikodrama Techniques (UNP Laboratory Development Middle School). Jurnal Neo Konseling, 2(4).

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Widjaja, H. (2016). Berani Tampil Beda dan PercayaDiri. Yogyakarta: Araska.

Tobing, C. M. H., Nisa, A., & Rufaidah, A. (2019). Layanan Penguasaan Konten Mengolah Kecerdasan Bahasa dan Komunikasi Melalui Roleplay di SMPIT Assalaam Pasar Minggu. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi).




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42447

Article Metrics

Abstract Views : 334 | PDF Views : 228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Puji Lestari, Chirtine Masada Hirashita Tobing, Nani Hanifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.