Konseling kelompok strategi restrukturing kognitif efektif menurunkan kejenuhan belajar siswa di MTS Assa’adah II Bungah Gresik



Nila Ardiani(1*),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Kejenuhan belajar adalah suatu permasalahan yang terjadi pada siswa dan harus mendapatkan penanganan, baik penanganan dari diri siswa itu sendiri, keluarga, maupun dari lingkungan sekolah. Pada lingkungan sekolah guru bimbingan dan konseling memiliki peranan penting dalam upaya untuk mengatasi kejenuhan belajar yang dialami siswanya. Tujuan penelitian adalah mengungkapkan keefektifan konseling kelompok strategi restructuring kognitif dalam menurunkan kejenuhan belajar siswa di MTS Assaádah II Bungah Gresik. Metode penelitian menggunakan one gorup pre-test post-test design yang merupakan kelompok penelitian pra-eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan rata-rata (mean) variabel kejenuhan belajar (pre-test). Konseling kelompok strategi restrukturing kognitif efektif menurunkan kejenuhan belajar siswa di MTS Assa’adah II Bungah Gresik.

Keywords


Restrukturing Kognitif, Kejenuhan Belajar, Konseling

Full Text:

PDF

References


Bildhonny, A. F. (2017). Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa Dengan Teknik Relaksasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 1(1), 274–280.

Cognitive Behaviour Therapy Basic and Beyond (2 ed), New york Gurunya Manusia. Bandung : kaifa Rasimin, dan Hamdi Muhamad. 2018, Bimbingan Konseling Kelompok, Jakarta. Bumi Aksara. Dharma, Abdi. 2013. Mengatasi Kejenuhan Belajar. http://m.kompasiana.com, diakses pada tanggal 14 juli 2013 jam 09.38 WIB. Kurniawan, Gangga, Novian. 2016. Efektivitas Musik Klasik (MOZAR) cara untuk menurunkan kejenuhan belajar SMA 4. Yogyakarta. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian.

Jakarta: PT. Rineka Cipta. Khusunawati, Zuni, Eka. 2014. Penerapan Kombinasi Antara Tektik Relaksasi Dan Self-Intruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 22 Surabaya Tahun 2013-2014. Jurnal BK UNESA, Vol. 05 Nomor 01 (1-10). Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitaf dan R&D Bandung:Alfabeta Corey, Gerald. 2013.

Nursalim, Mochammad dkk. 2005. Strategi konseling. Surabaya: UNESA University Press Beck. Judith S. 2011.

Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Unutuk. Jakarta: Rineka Cipta. Cristi, C. D. & Muhari. (2013). Penggunaan Strategi Cognitive (CR) Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X-TSM SMK N1 Mojokerto. Jurnal BK Unesa, 4. 226-273.

Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama. Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Santrock, John W. 2012. Perkembangan Masa Hidup terjemah oleh Achmad Chusairi & Juda Damanik. Jakarta: Erlangga Hakim. 2004. Ordpreess.com/2011/03/17/pengertian-dan-ciri-belajar/Pendidikan Dengan Pendekatan (Edisi Revisi). Reber, Syah, Muhibbin.2013.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42445

Article Metrics

Abstract Views : 612 | PDF Views : 387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nila Ardiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.