Konseling kelompok strategi asertif training efektif meningkatkan rasa percaya diri siswa SMP Dapena 1 Surabaya



Leonardo San Diego Pengga(1*),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian mengetahui pengaruh strategi asertif training dalam konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa Desain penelitian yang digunakan adalah Pra-experimental: One-group pra-post test design. Dengan populasi penelitian siswa kelas VII-VIII SMP Dapena 1 Surabaya yang kurang percaya diri. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 29 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian kuesioner kepercayaan diri. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji Wilcoxon. Adapau hasil dari penelitian yaitu asertif training berpengaruh secara positif, dan signifikan bagi kepercayaan diri siswa. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan a = 0,05 dan diperoleh nilai yaitu p = 0,043. Nilai p < a maka asertif training ada pengaruh pada rasa percaya diri.

Keywords


Asertif Training, Percaya Diri

Full Text:

PDF

References


Alberti, R.E & Emmons, M. L. (2002).Your Perfect Right: Panduan Praktis Hidup Lebih Ekspresif dan Jujur pada Diri Sendiri. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Corey, Gerald. 2010. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.

Hadi, Sutrisno. (2000). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Hakim.(2002). Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta:Puspa Swara.

Nurfaizal.(2015). Teknik Assertive training (AT) Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa. Lampung: Jurnal Fokus Konseling, (1)1.

Nursalam.(2015). Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Pramesti, Ariesta Dian .(2016). Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Pelatihan Asertif Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 1 Berbah. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosita, Herni. (2007). Hubungan Antara Perilaku Asertif Dengan Kepercayaan Diri. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. (http://www.gunadarma.ac.id/library/j urnalgraduate/psychology/2007/6- 37/pdf).Diunduh Tanggal 12 Agustus 2019.

Setiadi.(2007). Konsep Dasar Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiawan, Pongky. 2014. Siapa Takut Tampil Percaya Diri?. Yogyakarta: Parasmu

Utami, Ferisa Prasetyaning.(2015).Implementasi Teknik Assertive training Untuk Meningkatkan Self-Confidence Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Karanganyar. Thesis. Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42443

Article Metrics

Abstract Views : 281 | PDF Views : 282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Leonardo San Diego Pengga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.