Bimbingan kelompok cinema therapy efektif meningkatkan perilaku prososial pada siswa SMPN 3 Waru



Benny Darliana Katulistianti Rukmana Sari(1*), Ayong Lianawati(2),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas cinema therapy untuk meningkatkan perilaku prososial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa efektif penggunaan cinema therapy dalam bimbingan kelompok terhadap perilaku prososial siswa yang rendah. Kombinasi antara desain penelitian pre-experimental menggunakan kelompok tunggal pre test post test digunakan dalam penelitian ini. Total populasi adalah 63 siswa yang berasal dari kelas 8D dan 8I serta total sampel yang diambil adalah 8 siswa. Proses analisis data menggunakan Uji Wilcoxon pada SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai W adalah sig. (0.018) <0.05 dimana nilainya lebih tinggi. Terdapat kenaikan mean 71.25 sebelum diberi perlakuan dan 75.88 setelah diberi perlakuan dimana terdapat kenaikan sebesar 6.1%. Perubahan perilaku menunjukkan bahwa siswa menjadi pribadi yang kooperatif dan inisiatif di dalam kelas. Kesimpulannya adalah cinema therapy efektif meningkatkan prososial perilaku siswa.

Keywords


Cinema Terapi, Konseling Kelompok, Prososial

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Athur S, R., & Emily S, R. (2010). Kamus Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama.

Dayakisni, T., & Hidaniah. (2012). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Haeruddin, N. (2016). Penerapan pendekatan cinematherapy untuk meningkatkan perilaku prososial pada siswa Bosowa International School Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Universitas Negeri Makasar. (2) 1, 41-48.

Nurjanah, E. (2016). Pengaruh Media Film terhadap Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Prayitno, & Amti, E. (2009). Dasar–Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyowati, E., & Setiawati, D. (2016). Pemanfaatan Cinema Therapy dalam Bimbingan Kelompok untuk Pemahaman tentang Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Menganti. Jurnal Universitas Negeri Surabaya.

Suryabrata, S. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42439

Article Metrics

Abstract Views : 575 | PDF Views : 388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Benny Darliana Katulistianti Rukmana Sari, Ayong Lianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.