Konseling kelompok strategi manajemen diri efektif untuk menurunkan perilaku agresif non verbal siswa



Havis Adi Pratama(1*), Maghfirotul Latifah(2), Kusbandiami Kusbandiami(3),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Manajemen Diri adalah suatu strategi dalam konseling yang digunakan untuk mengatur dan merubah perilaku yang menyimpang. Pada penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan strategi self-management dalam konseling kelompok terhadap perilaku agresif non verbal siswa kelas XI EF 1 di SMA ANTARTIKA Sidoarjo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, penelitian ini termasuk jenis statistik deskriptif dengan menggunakan penelitian one group pre-test post-test. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 siswa dengan menggunakan teknik purposif sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket perilaku agresif non verbal siswa yang sudah melalui uji validitas butir dan uji reabilitas alpha cronbach. Data penelitian ini dianalisis dengan uji wilcoxon diperoleh hasil asymp.sig (2-tailed) yaitu 0.042, sehingga di katakan signifikan.

Keywords


Konseling, Self-Management, Perilaku Agresif

Full Text:

PDF

References


Aisiyah, S. (2019). Bimbingan Konseling Islam Dengan Pendekatan Behavior Teknik Self Management Dalam Menangani Siswa Yang Kecanduan Game Online (studi kasus pada siswa kelas X SMA Khadijah Surabaya tahun pelajaran 2018/2019 .

Amin, Z. (2017). Portofolio teknik-teknik Konseling. Journal Mahasiswa UNNES.

Astuti, S. (2018). Penerapan Teknik Self-Management dalam mengurangi tingkat perilaku agresif siswa. Jurnal Kampus Mahasiswa UNM.

Bolhi, M. E. (2019). Bimbingan dan Konseling Islam Dengan Terapi Self Management Dalam Mengatasi Insomnia Seorang Mahasiswa Universitas Negri Sunan Ampel Surabaya.

Chotim, &. S. (2016). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Agresifitas Remaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Fauzy, T. (2018). Pelayanan Konseling Kelompok. Jakarta: Tirasmart.

Hartono, &. S. (2012). Psikologi Konseling Edisi Revisi. Surabaya: PRENADAMEDIA GROUP.

Kulsum, &. J. (2014). Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Prestasi Pustaka Press.

Masfufah, U. (n.d.). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Mahasantri Baru Ma'had Sunan Ampel Al Ali. Malang.

N, P. J. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas 8 SMP Negri 4 Ngaglik Yogyakarta. Jurnal UNY.

Rasimin, &. H. (2018). Bimbingan dan Konsleing Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, M. (2012). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa. Jurnal Mahasiswa UNILA.

Soedarmadji, B. (2010). Strategi Penanganan Masalah Dalam Konseling. Surabaya: Unipress.

Sugiyono. (2015). Metodelogi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata. (2014). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42438

Article Metrics

Abstract Views : 566 | PDF Views : 309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Havis Adi Pratama, Maghfirotul Latifah, Kusbandiami Kusbandiami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.