Konseling kelompok restructuring cognitive efektif untuk mereduksi kecemasan sosial siswa kelas X SMA
Arfian Fatchul Hardiyanto(1*), Maghfirotul Lathifah(2),
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryani, F. (2016). Stres Belajar Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling. Palu: aEdukasi Mitra Grafika.
Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi (E. Koswara, Penerjemah). Bandung: Refika Aditama.
Hartono. (2016). Local Culture, Career Counseling, and Students Career Maturity. International Conference on Educational Technology. Surabaya: Adi Buana.
Hermansyah, A. (2017). Pemberian Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Kelas VII Di SMP Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Bandar Lampung: Institut Agama Islam Negeri.
Komarudin. (2017). Efektivitas Pelatihan Kognitif-Perilaku untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Siswa Kelas XI. Journal of Health Studies, 8-17.
Krisnayana, T. A. (2014). Penerapan Konseling Kognitif dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Kelas XI IPA 1 SMA NEGERI 3 SINGARAJA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja. Vol I.
Moshman, D. (2005). Adolescent Psychological Developmental: Rationality, Morality and Identity (Second). Mahwah, New Jersey, London: Lawrence Earlbaum Associates Publisher.
Mutahari, H. (2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Siswa. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 13–23.
Rizkiawati. (2017). Mengatasi Masalah Distorsi Kognitif pada Klien Usia Remaja dengan Metode Cognitive Restructuring Form. Social Work Jurnal, 154-272.
Santrock, J. W. (2003). Adolescense: Perkembangan Remaja (edisi keenam).
Stefan, H. G. (2010). Social Anxiety: Clinical, Developmental, and Social Perspectives, Second Edition (Second). London, United Kingdom: Academic Press, Elsevier.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2014). Metodologi Penelitian. Cetakan Ke-25. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42436
Article Metrics
Abstract Views : 693 | PDF Views : 498Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Arfian Fatchul Hardiyanto, Maghfirotul Lathifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |