Group Play Therapy efektif meningkatkan interaksi sosial teman sebaya di PKBM Mandiri Surabaya



Dani Setiawan(1*), Ayong Lianawati(2),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Hubungan yang melibatkan antar individu maupun antara individu dengan kelompok yang bersifat mewujudkan tujuan disebut dengan interaksi sosial. Apabila tidak ada komunikasi, sopan santun, kegiatan kelompok, serta norma sosial, maka interaksi sosial tidak akan terwujud. Dengan menggunakan rancangan kuantitatif one group pre test post test design, penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penggunaan permainan dalam bimbingan kelompok sebagai upaya mewujudkan peningkatan interaksi sosial siswa di PKBM Mandiri Surabaya. Sampel berjumlah 8 subyek diambil dari kelas A, B, C yang terindikasi memiliki keterampilan interaksi sosial rendah berdasarkan pengukuran sebelum diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil analisis didapati hasil rata-rata sebelumnya berada 56.83 naik menjadi 83.63 setelah diberi perlakuan. Analisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan 0.012 yang berada jauh dari batas bawah signifikan kenaikan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan yang diimplementasikan dalam bimbingan kelompok efektif untuk menaikkan intensitas interaksi sosial siswa PKBM Mandiri Surabaya.

Keywords


Group Play Therapy, Interaksi Sosial

Full Text:

PDF

References


Achmad Juntika, Nurihsan. (2012). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Refika Aditama.

Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gerungan, W. (2004). Psikologi Sosial. Malang : UMM Press.

Hartinah. (2009). Konsep dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.

Rici. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerja Sama Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi Vol. 2, No.5 p-ISSN2614-4123.

Salsabela, A. (2013). Penerapan Permainan Kerja Sama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus di SMP Negeri 1 Gondang. Jurnal Mahasiswa Unesa.

Santoso, S. (2010). Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama.

Soekanto, S. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2014). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42433

Article Metrics

Abstract Views : 407 | PDF Views : 219

Refbacks



Copyright (c) 2020 Dani Setiawan, Ayong Lianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.