Bimbingan kelompok teknik modelling efektif mengembangkan kemampuan interaksi sosial siswa MTS Darul Ulum Waru Sidoarjo



Anita Rahayu(1*), Ayong Lianawati Lianawati(2),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterampilan komunikasi yang dialami oleh siswa kelas VIII D MTS Darul Ulum masih dianggap rendah. Benci, lebih suka menyendiri, tidak suka menghargai pendapat di antara teman-teman, dan tidak toleran di antara teman-teman yang tercermin dalam diri mereka sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mencoba mengaplikasikan layanan bimbingan kelompok teknik modelling. Teknik modelling adalah hasil modifikasi yang dianggap efektif dalam mengembangkan keterampilan interaksi sosial siswa kelas VIII D MTS Darul Ulum Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan eksperimen One Group Pretest-Postest Design. Analisis data menggunakan uji statistik non-parametrik Wilcoxon dengan bantuan program aplikasi SPSS untuk Windows versi 24.0. Kesimpulan dari uji Wilcoxon menyatakan bahwa ada signifikansi efektivitas bimbingan kelompok teknik pemodelan untuk mengembangkan keterampilan interaksi sosial siswa kelas VIII D MTS Darul Ulum Sidoarjo. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan perkembangan kemampuan interaksi sosial siswa, hasil perhitungan menunjukkan skor pre-test adalah 75,39 dengan standar deviasi 8,441 dan post-test meningkat sebesar 80,00 dengan standar deviasi 6,48.

Keywords


Interaksi Sosial, Bimbingan Kelompok, Modelling

Full Text:

PDF

References


Fatnar, V. N., & Anam, C. (2014). Kemampuan Interaksi Sosial Anatara Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Dengan Yang Tinggal Bersama Keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi, 71-75.

Lianawati, A. (2017). BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK FAMILY SCULPTURE UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DENGAN ANGGOTA KELUARGA. Buana Pendidikan , 90-100.

Neni Meiyani, D. I. (2016). Penggunaan Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Keterampilan Interaksi Sosial Anak Tunarungu di SLB B Cicendo Kota Bandung. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20-26.

Prayitno dan Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakrta: Rineka Cipta.

Sarwono, S. W. (2017). Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung.

Sutanti, T. (2015). Efektivitas Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi BK Universitas Ahmad Dahlan. Psikologi Pendidikan dan Konseling, 188-198.

Umi Kulsum, m. J. (2014). Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Prestasi Pustakaria.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42432

Article Metrics

Abstract Views : 321 | PDF Views : 287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Anita Rahayu, Ayong Lianawati Lianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.