Group Play Therapy efektif meningkatkan perkembangan sosial siswa Sekolah Dasar



Hida Rizkiyatul Ulah(1*), Sutijono Sutijono(2), Ayong Lianawati(3),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh bimbingan keelompok teknik permainan terhadap perkembangan sosial siswa di kelas 5 SD. Populasi Penelitian adalah siswa kelas 5C dan 5D di SD Islam Sari Bumi sebanyak 58 siswa.  Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain one test pre test - post test.. Instrumen yang digunakan diuji dinyatakan valid. Dari jumlah populasi terdapat 8 siswa dengan nilai rendah yang menjadi subjek penelitian. Pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara permainan dalam bimbingan kelompok pada peningkatan perkembangan sosial siswa dan telah diuji melalui uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik permainan berpengaruh terhadap peningkatan perkembangan sosial siswa  kelas 5C dan 5D SD Sari Islam Sidoarjo.

Keywords


Group Play Therapy, Perkembangan Sosial

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Sholeh, M. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, & Farid, M. (2015). Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.

Gerler, E. R. (2016). Elementary School Counseling Research and The Classroom Learning Environment. Elementary School Guidance ang Counseling, 39-48.

Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kemdikbud, D. G. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academia, 185-196.

Lianawati, A. (2018). Identifikasi Kesiapan Guru Kelas dalam Melaksanakan Layanan BK di SD . Jurnal Buana Pendidikan, 96-102.

Nasution, A. H. (2017). Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah di SDN 060922 Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Nurihsan, A. J. (2009). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Wirastania, A. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Teknik Permainan terhadap Kreativitas pada Siswa Sekolah Dasar An Nur Surabaya. Jurnal Fokus Konseling, 135-140.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42431

Article Metrics

Abstract Views : 439 | PDF Views : 257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hida Rizkiyatul Ulah, Sutijono Sutijono, Ayong Lianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.