Berlatih alokasi waktu dalam self management efektif meningkatkan manajemen belajar siswa



Dita Dwi Julyana(1*), Ayong Lianawati(2),

(1) 
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Manajemen waktu belajar merupakan suatu tahapan mengatur waktu belajar menurut prioritas dan tujuan yang direncanakan guna mewujudkan kewajiban sebagai pelajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh strategi self-management dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk memanajemenwaktubelajar. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI SMA Sejahtera Surabaya dengan menggunakan metodeOne Group Pretest-Posttest Design, pada populasi 56 siswa kelas XI. Siswa yang diambil dari populasi adalah 10 siswa kelas XI secara purposive sampling. Hasil mean sebelum diberikan treatment sebesar 65,40 dan hasil mean sesudah diberikan treatment sebesar 83,70, maka terdapat peningkatan sebesar 27,9%. Berdasarkan hasil penelitian, perhitungan diperoleh Asymp. Sig= 0,005 Perbandingan Asymp. Sig = 0,005<α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi Self-Management dalam layanan bimbingan kelompok terhadap manajemen waktu belajar siswa kelas XI SMA Sejahtera Surabaya.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Manajemen Waktu Belajar

Full Text:

PDF

References


Alamri, N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Management untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1-11.

Indrayana, R. (2018). Penerapan Strategi Self-Management untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri di Sekolah Pada Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Bimbingan dan Konseling, 58-64.

Macan. (1994). Time Management: Test of Process Model. American Journal of Health Studies. 79, 381-391.

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 27-35.

Retnowulan, D. A. (2018). Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self Management) untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Korban Broken Home. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 335-340.

Romlah, T. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Reza, J. J. (2010). Manage Your Time For Success Cerdas Mengelola Waktu untuk Mencapai Sukses. Yogyakarta: ANDI.

Sholihah, N. (2013). Penerapan Strategi Self-Management untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Tunadaksa Cerebral Palcy Kelas SDLB-DYAC Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Surabaya, 21-30.

Soedarmadji, B. (2010). Strategi Penanganan Masalah dalam Konseling. Surabaya: Adi Buana Surabaya.

Suryabrata, S. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42429

Article Metrics

Abstract Views : 1082 | PDF Views : 587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dita Dwi Julyana, Ayong Lianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.