Layanan Penguasaan Konten Berbasis Kecerdasan Verbal Linguistik dalam Mereduksi Perilaku Bullying Pada Siswa SMAN 1 Ciseeng



Desi Rahmawati(1*), Christine Masada Hirashita Tobing(2), Sara Sahrazad(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan verbal linguistik melalui layanan penguasaan konten dalam mereduksi perilaku bullying pada siswa SMAN 1 Ciseeng. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode survey. Tiga puluh sembilan siswa terlibat dalam penelitian ini, ditentukan dengan menggunakan Solvin Formula. Kuesioner digunakn untuk mengumpulkan data dan dianalisis menggunakan uji-t one sample test. Selain itu pengumpulan data juga dilakukan dengan menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi untuk dianalisis. Penelitian ini menunjukan bahwa layanan penguasaan konten berbasis kecerdasan verbal linguisik dalam mereduksi perilaku bullying pada siswa SMAN 1 Ciseeng.

Keywords


Kecerdasan Verbal Linguistik, Perilaku Bullying

Full Text:

PDF

References


Ahmad B. E. P. (2011). Bullying Di Sekolah Dan Dampaknya Bagi Masa Depan Anak. Jurnal Pendidikan Islam El-Tarbawi: IV.1.

Campbell, L. Dkk. (2002). Multiple Intelligences: Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Depok: Inisiasi Press.

Chatib, M. (2012). Orangtuanya Manusia: Melejitnya Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Coloroso, B. (2007). Stop Bullying!. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Halimah, A., Ahmad, A., & Besse, R. (2018). Pengaruh Kecerdasan Verbal Linguistik Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 5 No. 2.

Hidayati, R. (2016). Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No. 1

Korua, Sally Febriyanti, Esrom Kanine dan Hendro Bidjuni. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja SMK Negeri 1 Manado. E-Journal Keperawatan Vol. 3 No. 2.

Muhammad, Y & Nurdin, I. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan mengembangakan Multitalenta Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Murtie, A. (2014). Cegah dan Stop Bullying pada anak berkebutuhan khusus. Jogjakarta : Redaksi Maxima.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42426

Article Metrics

Abstract Views : 264 | PDF Views : 220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Desi Rahmawati, Christine Masada Hirashita Tobing, Sara Sahrazad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.