Urgensi pendampingan psikologis melalui konseling dalam mengatasi kecemasan berlebihan terkait Covid-19 pada ibu rumah-tangga



Ulfatul Mutahidah(1*), Yeni Karneli(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran terkait pentingnya pendampingan psikolagis melalui konseling perorangan dalam mengahadapi kecemasan terhadap covid – 19. . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah ibu rumah tangga. dipilih berdasarkan teknik cluster stratified random sampling. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan observasi, dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (a) kecemasan meningkat saat covid - 19, (b) kecemasan yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit baru, dan (c) pendampingan psikolgis melalui konseling peroramgan sangat penting dilakukan.

Keywords


Psikologis, Keceemasan, Konseling

Full Text:

PDF

References


Nurlaeli , D. R., & Nurwanti , N. (2017). Kelekatan (Attachment) Ibu – Anak Di Tengah COVID-19 . jurnal ugm/buletin psikologi.

Al-Jawi. ( May 2006). Pendidikan Di Indonesia : Masalah Dan Solusinya.

Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian (Revisi). Malang: UMM Press.

Argo. (2017). Efektivitas Teknik Self Management Untuk. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 07.

Arianto. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Self Management Dalam Belajar . Sumatra Utara.

Australian Government Department of Health & Agein. (2014). Social distancing - Evidence Summary.

D., H., & O. , S. (2014). Social Distance BT - Encyclopedia of Critical Psychology,”. New York: T. Teo, Ed. NY: Springer New York.

elvina, S. N. (2019). Teknik Self Management dalam Pengelolan Strategi Waktu Kehidupan Pribadi Yang Efektif.

Fauzi. (2018). Pelayanan Konseling Kelompok. Tanggerang: Tira Smart.

Maba , A. P. (2017). Paradoxical Intervention Dalam Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengatasi Kecemasan. Jurnal Ilmiah Counsellia.

R.A.muzaki. (t.thn.). Keefektifan Bimbingan Kelompok Teknik Mengelola Diri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Waktu Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganayar Tahun Ajaran 2016/2017. 2017.

Rici, O. T. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal mahasiswa Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi Vol. 2, No.5 p-ISSN 2614-4123.

Risnawinta, G. (2010). Teori Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Risnawita, G. (2010). Teori-Teori psikologi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

selamet. (2018). Pengaruh Kemampuan Mengelola Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII.

slamet, n. (2016). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Smk NegerI 1 Depok Sleman. Jurnal Hisbah.

Sudipa, I. I., Arsana, I. A., & Radhitya, M. L. (2020). Penentuan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap Social Distancing Menggunakan Algoritma C4.5 . Sintech Journal .

Taufik, F. (2015). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Jurnal Penelitian Humaniora.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42424

Article Metrics

Abstract Views : 649 | PDF Views : 402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ulfatul Mutahidah, Yeni Karneli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.