Mereduksi Kecemasan dalam Pernikahan dengan Konseling Gestalt



Kiki Mulyani(1*), Yeni Karneli(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Individu menghadapi beberapa tantangan ketika memasuki fase kehidupan pernikahan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan konseling gestalt terhadap kasus kecemasan dalam pernikahan.  Informan adalah seorang wanita berinisial RM usia 28 tahun yang berada di daerah Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Tujuan wawancara dan observasi yang dilakukan adalah untuk mengetahui apa yang menjadi kecemasan RM dalam pernikahannya. Jenis wawancara adalah wawancara terbuka dan bimbingan pribadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan konseling gestalt dengan teknik kursi kosong, informan mampu bangkit dari kondisi KES-T menjadi kondisi KES, serta lebih siap untuk menjalani kehidupan pernikahannya. Keterampilan RM yang diperlukan terkait pencapaian tujuan tersebut yaitu RM mampu fokus dengan kondisi “here and now” dan memiliki kesadaran untuk melupakan mantan kekasihnya dan memilih tindakan memperbaiki kehidupan pernikahannya, dengan berani menyatakan perasaan yang diinginkan kepada suaminya. Klien RM berkomitmen mengurangi kecemasannya dengan fokus pada “apa” yang dihadapi saat ini, bukan berfokus pada masa lalu. Hal ini menunjukkan karakteristik konseling gestalt yaitu informan/klien mampu memiliki kesadaran pribadi, memahami kenyataan yang terjadi, dan mendapatkan insight secara penuh untuk menghilangkan kecemasannya

Keywords


Kecemasan Pernikahan, Konseling Gestalt

Full Text:

PDF

References


Afni, N. (2011). Pemenuhan aspek-aspek kepuasan perkawinan pada istri yang menggugat cerai. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Amti, P. D. E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arifiati, R. F., & Wahyuni, E. S. (2019). Peningkatan Sense of Humor untuk Menurunkan Kecemasan pada Lansia. Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2).

Asnawi, K. U. (2017). Konsep Konseling Gestalt Berbasis Islam Untuk Membantu Meningkatkan Bersosialisasi Dan Adaptasi Siswa Di Sekolah. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 1–14.

Cahyaningtyas, R. A. (2012). Perbedaan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Pernikahan Antara Wanita Terdidik Dan Wanita Kurang Terdidik di KUA Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dewi, W. E. K. (2020). Terapi musik islami melalui Shalawat Thibbil Quluub untuk mengurangi kecemasan pada seorang mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fitriani, A., & Wulandari, R. (2021). KONSELING ISLAMI DENGAN TEKNIK SCALING QUESTION UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PRANIKAH. JBKPI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 1(01), 35–47.

Harini, N. (2013). Terapi warna untuk mengurangi kecemasan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(2), 291–303.

HASANAH, K. (2016). TEORI KONSELING (SUATU PENDEKATAN KONSELING GESTALT). Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(2), 108–123.

Ibad, I. D. I. (2021). Terapi Gestalt Untuk Mengatasi Psikologis Siswa Dari Keluarga Broken Home (Studi kasus di SMPN 3 Kota Serang). UIN SMH BANTEN.

Ifdil, I. (2013). Konsep Dasar Self Disclosure dan Pentingnya Bagi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 110–117.

Jendra, A. F., & Sugiyo, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kecemasan Presentasi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(1), 138–159.

Marlia, A. (2017). KONSEP PERNIKAHAN IDEAL DALAM ISLAM DAN KAITANNYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ULWAN. UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Mudana, I. N. O., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Gestalt dengan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Kesadaran Diri dalam Belajar Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Rahayu, A. (2022). PSIKOLOGI KONSELING Teori & Praktik. Mitra Wacana Media.

Ramaiah, S. (2003). Kecemasan, bagaimana mengatasi penyebabnya. Yayasan Obor Indonesia.

Ratnasari, D., & Solehuddin, M. (2016). MENINGKATKAN KEKOHESIFAN KELUARGA SISWA DENGAN KOMBINASI STRATEGI EMPTY CHAIR DAN REFRAMING. Edusentris, 3(2), 162–174.

Rizqiyah, H. (2017). BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM PERSFEKTIF DAKWAH MENURUT SAMSUL MUNIR AMIN. UIN Raden Intan Lampung.

Rofiqah, T. (2016). Konseling Religius: Mengatasi Rasa Kecemasan Dengan Mengadopsi Terapi Zikir Berbasis Religiopsikoneuroimunologi Religious Counseling: Overcoming Anxiety with the Adoption of Religiopsikoneuroimunologi Based Remembrance Therapy. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 3(2).

Rudi, R. (2017). Studi Tentang Siswa yang Memiliki Sikap Narsisme dan Penagananya melalui Latihan Bertanggun Jawab dalam Konseling Gestal. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 142–148.

Saldin, M., & Saldin, M. (2018). Efektivitas Teknik Gestalt melalui Topdog dan Under Dog dalam Meningkatkan Kualitas Ibadah Shalat Masyarakat Pegunungan Desa Sulaku Kecamatan Rampi. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Sartika, S. T. (2020). Penerapan Terapi Zikir Terhadap Wanita Yang Gagal Menikah (Stadi Kasus Di Pondok Pesantren Salafiyah Miftahul Muta’llimin Di Baros Serang Banten). UIN SMH BANTEN.

Setiani, F., Heriyanto, A., & Waita, W. (2021). TEKNIK PEMBALIKAN KONSELING GESTALT PADA SISWA INTROVERT. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan Dan Keagamaan, 8(2), 82–89.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Suryaman, N. T., & Karneli, Y. (2020). Studi Kasus: Konseling teknik empty chair dan reframing dalam mengatasi masalah grief (kedukaan) dan unfinished business. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 101–111.

Suyani, S., & Hidayanti, E. A. (2020). Gambaran Kecemasan Istri Dalam Menjalani Pernikahan Dini. Proceeding of The URECOL, 397–401.

Trinurmi, S. (2021). TEKNIK TERAPI KELOMPOK (GROUP THERAPHY). Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 8(1).




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.53414

Article Metrics

Abstract Views : 1142 | PDF Views : 791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kiki Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.