Pengaruh layanan informasi melalui media audio visual terhadap perkembangan moral siswa di SMK Yamas Jakarta



Christine Masada Hirashita Tobing(1*), Bagus Mardani Pamungkas(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh layanan informasi melalui media audio visual terhadap perkembangan moral siswa di SMK Yamas Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen menggunakan Pretest-Posttest Design. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 dan X AP 2 dengan sampel 10% dari jumlah populasi. Sampel penelitian ini terdiri dari kelompok eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelompok kontrol yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan uji Paired Sample Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00<0,05. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah  ditolak dan  diterima, artinya layanan informasi melalui media audio visual berpengaruh dalam meningkatkan perkembangan moral siswa di SMK Yamas Jakarta.


Keywords


Layanan Informasi. Media Audio Visual. Perkembangan Moral. Siswa

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2010) Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Prees.

Purwoko, B. (2008). Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Prayitno, & Amti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Aneka.

Romadlon, N. 2017. 4 Kasus Aksi Buruk Remaja pada Orang Tua Ini Viral, Bukti Krisis Moral. Retrieved, February 25, 2019, from https://www.brilio.net/duh/4- kasus-aksi-buruk-remaja-pada-orang-tua-ini-viralbukti-krisis-moral-1703024.html

Salam, Burhanuddin. (2000). Etika Individual Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta: Rineka Cipta

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara

Suciana, S., & Nurul Atieka. (2014). Impact Of Information Services Using Media Film To Student Motivation Learning At Sma Negeri 1 Raman Utara. Journal of Guidance and Counseling GuineaVolume 4 No 1 September 2014 P-ISSN : 2088-9623. Diakses dari file:///C:/Users/user/Downloads/368-749-1-PB.pdf

Winkel, W.S & Sri Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media abadi.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42410

Article Metrics

Abstract Views : 359 | PDF Views : 214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Christine Masada Hirashita Tobing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.