Konseling kelompok restructuring cognitive efektif untuk meningkatkan kematangan emosi siswa terisolir kelas VII SMPN 9 Surabaya



Dwi Wahyuningtyas(1*), Boy Soedarmadji(2),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Kematangan emosi siswa adalah bentuk kesiapan diri siswa agar mampu menempatkan dirinya dan beradaptasi pada lingkungan baru. Hal ini tidak nampak pada siswa-siswa terisolir. Penelitian ini bertujuan untuk mengentaskan siswa-siswa terisolir agar mampu mencapai kematangan emosional sehingga dapat menjadi individu yang aktif. Populasi penelitian ini adalah 40 siswa dan didapatkan 5 sampel siswa dengan metode purposive sampling. Hasil mean setelah diberikan perlakuan naik dari 42.8 menjadi 64.2. Berdasarkan hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan bahwa bahwa Z (-2.032) dengan Asymp. Sig (2-tailed)  bernilai 0,042 dimana 0,042 < 0,05. Maka restructuring cognitive dalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan kematangan emosi siswa SMPN 9 Surabaya

Keywords


Konseling kelompok, Remaja, Restrukturisasi Kognitif

Full Text:

PDF

References


Albin, R. S. (1669). Emosi Bagaimana Mengenal, Menerima, dan Mengarahkannya. Yogyakarta: Kanisius.

Dalyono. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Jadhav, N. S. (2010). Relationship between home environment and emotional maturity of collage going student of belgaum distric. International research journal, 34-36.

Kapri, U. C., & Rani, N. (2014). Emotional Maturity: Characteristic and Levels. International Journal of Technological Exploration and Learning, 359-361.

Lis, B. M., Suroso, & Pratikto, H. (2012). Kematangan Emosi, Konsep Diri Dan Kenakalan Remaja. Jurnal Persona, 6-14.

Paramitasari, R., & Alfian, I. (2012). Hubungan antara kematangan emosi dengan kecenderungan memaafkan pada remaja akhir. Jurnal psikologi pendidikan dan perkembangan, 1-7.

Saiduddin, A. (2013). Penyusun Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syaputra, B. A. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kematangan Emosi siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, Vol.1 (2).

Zapata, D. A. (2015). The emotional stability and emotional maturity of fourth year teacher education students. Journal of Social Sciences & Humanities Research, 1(2), 1-5.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42398

Article Metrics

Abstract Views : 227 | PDF Views : 173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dwi Wahyuningtyas, Boy Soedarmadji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.