Efektivitas Teknik Self-Management Berbantuan Aplikasi To-Do-List untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik



Dimas Ardika Miftah farid(1*), Alfina Dwi Lestari(2), Ari Kusuma Dewi(3), Chilmi Ullul Herdiansyah(4), Dzikri Zain Aneby(5), Elsa Wulandari(6),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(4) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(5) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(6) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik self-management dengan bantuan aplikasi To-Do List untuk mereduksi prokrastinasi akademik pada peserta didik SMA Al-Islam Krian. Bentuk prokrastinasi akademik yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi, sulitnya mengatur waktu untuk mengerjakan tugas karena padatnya kegiatan di sekolah dan di luar sekolah,adanya perasaan ragu ketika akan mengerjakan tugas, serta rasa malas yang melekat pada diri sehingga membuat peserta didik menunda mengerjakan tugas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan one group pre-test & post-test design. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa skala pengukuran sejumlah 28 aitem. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 79 peserta didik dengan sampel sejumlah 5 peserta didik yang terdiri dari 1 peserta didik berjenis kelamin laki-laki dan 4 peserta didik berjenis kelamin perempuan. Hasil penelitian dengan Uji Wilcoxon menunjukkan penurunan pada skor pre-test dan post-test dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,042 yang menunjukkan bahwa hipotesis diterima (H1) dengan alasan nilai Asymp Sig. (2-tailed) 0,042 < 0,05. Artinya hasil analisis menunjukkan bahwa peserta didik yang mendapatkan treatment berupa teknik self-management berbantuan aplikasi To-Do List mengalami penurunan tingkat prokrastinasi akademik. Pembaruan dari penelitian ini ialah integrasi layanan konseling kelompok melalui teknik self-management dengan teknologi yaitu aplikasi To-Do List.

Keywords


Self-Management, Aplikasi To-Do List, Prokrastinasi Akademik

Full Text:

PDF

References


Adeniran, A. O. (2019). Application of Likert Scale's Type and Cronbach's Alpha Analysis in an Airport Perception Study Article Information in Scholar. Journal of Applied Sciences and Research, 2(4), 1-5.

Budiono, & Prasetia, A. (2022). Studi Perbandingan Hasil Uji Wilcoxon pada Data Hasil Pengukuran dan Hasil Kategori Data Penelitian Kesehatan Tingkat Stres Tekanan Darah dan Motorik Halus. Jurnal Ilmiah Pemenang, 4(2), 8-15. doi:https://doi.org/10.53599/jip.v4i2.94.

Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Marwah, A. (2019). Strategi Humas dalam Pemberian Informasi Publik Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Kota Bandung (Studi Deskriptif Mengenai Strategi Humas Pemberian Informasi Publik Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Kota Bandung Melalui Kegiatan “Sosialisasi Jaminan Kesehatan”. Bandung: Universitas Komputer Indonesia. Retrieved Februari 22, 2025, from https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2350/

Permana, M., & Asriningtias, Y. (2024, Desember). Implementasi Algoritma Selection Sort pada Aplikasi To-Do List Berbasis Android untuk Manajemen Waktu Mahasiswa. Voteeknika, 12(4), 469-480. doi:https://doi.org/10.24036/voteteknika.v12i4.131085

Pertiwi, G. (2020, Desember). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Pasikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 738-749. doi:10.30872/psikoborneo

Prasetiyowati, T., & Farid, D. (2025, April). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(2), 1262-1276.

Purnama, C. Y. (2023, September). Pengujian Reliabilitas Alat Ukur: Alpha Cronbach (α) atau Omega Mcdonald (ω)? Buletin KPIN (Konorsium Psikologi Ilmiah Nusantara), 9(18).

Ristianti, D. H., & Fathurrochman, I. (2020). Penilaian Konseling. Jakarta: Deepublish.

Rizki, L., & Widodo, A. (2023). Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik dan Tingkat Stres pada Siswa SMA. IJINS (Indonesian Journal of Innovation Studies), 25(3).

Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 33-41.

Sari, W. P., Yakub, E., & Khadijah, K. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa MTs. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 29-36.

Schunk, D., & Dibenedetto, M. (2020). Motivation and Self-Regulated Learning: Theory, Research, and Applications. Routledge.

Sinthia, V. (2024). Pengaruh Penggunaan Golden Beads dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Bandung: Repository Universitas Pendidikan Indonesia.

Steel, P., & Klingsieck, K. (2016). Academic procrastination: Psychological antecedents revisited. Australian Psychologist, 36-46.

Sugiyono. (2019). Merode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alphabeta.

Winarso, W. (2021). Mengelola Prokrastinasi Akademik (Pendekatan Psikoedukasi Berbasis Rwligiositas). Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Wulandari, Y., & Syafmen, W. (2023, Desember). Analisis Pengaruh Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kota Jambi Tahun 2011-2022. Multi Proximity: Jurnal Statistika Universitas Jambi, 2(2), 154-152.

Zimmerman, B. (2016). Investigating self-regulation and motivation: Historical background, methodological developments, and future prospects. American educational research journal, 45(1), 166-183.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.913879

Article Metrics

Abstract Views : 11 | PDF Views : 21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 dimas ardika miftah farid, Alfina Dwi Lestari, Ari Kusuma Dewi, Chilmi Ullul Herdiansyah, Dzikri Zain Aneby, Elsa Wulandari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.