Konseling Dengan Pendekatan Kognitif Untuk Menurunkan Traumatik Pada Remaja



Natalia Lubis(1*), Jordan Luziano(2), Alifiya Adhita(3), Ariyanto Lombu(4), Ronny Gunawan(5),

(1) Universitas Kristen Indonesia
(2) Universitas Kristen Indonesia
(3) Universitas Kristen Indonesia
(4) Universitas Kristen Indonesia
(5) Universitas Kristen Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas bagaimana konseling dengan pendekatan kognitif dalam mengurangi trauma pada remaja. Menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini menganalisis 15 artikel dari jurnal nasional dan internasional. Trauma pada remaja diketahui berdampak signifikan pada perkembangan emosional, kognitif, dan sosial mereka. Konseling berbasis kognitif menjadi efektif dalam membantu remaja mengatasi pengalaman traumatis dengan mengidentifikasi, menilai, dan mengubah pola pikir negatif yang muncul akibat trauma. Pendekatan ini mengajarkan kemampuan kognitif dan teknik adaptasi untuk membantu remaja membangun pemahaman yang lebih sehat tentang pengalaman mereka, meningkatkan keteguhan emosional, kepercayaan diri, dan kemampuan menghadapi tantangan di masa depan. Artikel ini juga mengulas saran dan tantangan praktis dalam penerapan konseling kognitif untuk remaja yang mengalami trauma.

Keywords


Konseling kognitif, Trauma, Remaja, Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk PTSD, dan Pemulihan trauma pada remaja.

Full Text:

PDF

References


Daftar Rujukan Antara, I. N. K. T., & Antari, N. N. M. (2014). Konseling kognitif dengan teknik restrukturisasi untuk resiliensi siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha.

Arsini, Y., Aisyah, S., & Nurfaridah, K. (2024). Keefektifan konseling kognitif restructuring dalam mengurangi gejala kecemasan pada remaja. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 449–455.

Auslander, W., Edmond, T., Foster, A., Smith, P., McGinnis, H., Gerke, D., Jonson-Reid, M. (2020). Cognitive behavioral intervention for trauma in adolescent girls in child welfare: A randomized controlled trial. Children and Youth Services Review, 119. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105602

Beck, A. T. (1976). Cognitive therapy and the emotional disorders. International Universities Press. Brasher, K. L. (2020). Solution-focused techniques for youth counseling. Journal of School Counseling.

Chatters, S., & Liu, P. (2020). Are counselors prepared?: Integrating trauma education into counselor education programs. Journal of Counselor Preparation and Supervision, 13(1). Retrieved from https://www.proquest.com/scholarly-journals/are-counselors-prepared-integrating-trauma/docview/2665551230/se

Chen, X. (2023). Research on counseling therapy for post-traumatic stress disorder. Journal of Social Science Humanities and Literature, 6(6), 83–87. https://doi.org/10.53469/jsshl.2023.06(06).15

Clark, J. (2021). The effects of and interventions for trauma on child and adolescent development. Liberty University.

Deblinger, E., Pollio, E., & Dorsey, S. (2016). Applying trauma-focused cognitive–behavioral therapy in group format. Child Maltreatment, 21(1), 59–73. https://doi.org/10.1177/1077559515620668

Dewi, L. P. Y. S. (2022). Pengembangan panduan konseling cognitive behavioral dengan teknik mindfulness untuk mengatasi trauma pada anak korban kekerasan seksual. Jurnal Educatio (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 190–197. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/download/2629/

Eccles, J. S., & Roeser, R. W. (2011). Schools as developmental contexts during adolescence. Annual Review of Psychology, 62(1), 193–224. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.093008.100448 Foa,

E. B., Gillihan, S. J., & Bryant, R. A. (2019). Challenges and successes in disseminating evidence-based treatments for PTSD: Lessons learned from prolonged exposure therapy. Psychological Science in the Public Interest, 20(1), 1–40.

Frank, H. E., Last, B. S., AlRabiah, R., Fishman, J., Rudd, B. N., Kratz, H. E., ... Beidas, R. S. (2021). Understanding therapists’ perceived determinants of trauma narrative use. Implementation Science Communications, 2(131), 1–14. https://doi.org/10.1186/s43058-021-00231-9

Hayatussofiyyah, S., Nashori, H. F., & Rumiani. (2017). Efektivitas terapi kognitif perilaku religius untuk menurunkan depresi pada remaja. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi Islam, 2(1), 1823. http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v2i1.1823

Johnson, M., Taylor, P., & Grant, L. (2019). Long-term benefits of cognitive therapy in adolescents with PTSD. Developmental Psychology Journal.

Kaminer, D., Simmons, C., Seedat, S., Skavenski, S., Murray, L., Kidd, M., & Cohen, J. A. (2023). Effectiveness of abbreviated trauma-focused cognitive behavioural therapy for South African adolescents: A randomized controlled trial. European Journal of Psychotraumatology, 14(1). https://doi.org/10.1080/20008066.2023.2181602

Kerbage, H., Elbejjani, M., El-Hage, W., & Purper-Ouakil, D. (2024). ‘Life should go on’: A qualitative inquiry of parental reactions, experiences, and perceived needs following adolescents’ recent traumatic exposure. European Journal of Psychotraumatology, 15(1). https://doi.org/10.1080/20008066.2023.2299660

Kurniasih, E., Yendi, C., Kurnia, A., & Widia, C. (2023). Terapi kognitif dalam penurunan kecemasan pada remaja korban bullying. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan dan Farmasi, 23(2). https://doi.org/10.36465/jkbth.v23i2.1042

McLean, C. P., Zang, Y., Gallagher, T., & Foa, E. B. (2020). The effectiveness of cognitive-behavioral interventions for adolescent trauma survivors: A meta-analysis. Journal of Traumatic Stress, 33(4), 423–432. https://doi.org/10.1002/jts.22587

Nugroho, A. P. (2022). Efektivitas pendekatan terapeutik dalam bimbingan konseling dan implikasinya terhadap masalah emosional siswa. Jurnal Edu Society, 1(2), 45–56. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/download/388/321

Patel, V., Flisher, A. J., Hetrick, S., & McGorry, P. (2007). Mental health of young people: A global public-health challenge. The Lancet, 369(9569), 1302–1313. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(07)60368-7

Peltonen, K., & Kangaslampi, S. (2019). Treating children and adolescents with multiple traumas: A randomized clinical trial of narrative exposure therapy. European Journal of Psychotraumatology, 10(1). https://doi.org/10.1080/20008198.2018.1558708

Purnamasari, A. I. (2021). Pengaruh konseling kognitif perilaku dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap penurunan kecemasan akademik pada peserta didik di SMAN 1 Bandar Sribawono Lampung Timur.

Santrock, J. W. (2019). Adolescence (17th ed.). McGraw-Hill Education. Saragih, F. (2024). Efektivitas pendekatan konseling kognitif-perilaku dalam mengurangi egosentrisme pada pelaku perundungan. Jurnal Psikologi dan Konseling, 12(1), 45–58. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpkws/article/download/1818/1411/10154

Setyowati, A., Rayaginansih, S. F., Fahriza, I., & Fauziah, M. (2020). Behavioral cognitive counseling for reducing test anxiety among university students. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.17

Smith, A., & Roberts, L. (2022). Cognitive behavioral interventions for adolescent trauma recovery. Child and Adolescent Mental Health Journal.

Spiegel, J. A., Graziano, P. A., Arcia, E., Cox, S. K., Ayala, M., Carnero, N. A., & O'Mara, N. L. (2022). Menangani kesehatan mental dan kebutuhan terkait trauma pada anak-anak dan keluarga yang dilindungi dengan terapi perilaku kognitif berfokus trauma (TF-CBT). Administrasi dan Kebijakan dalam Penelitian Kesehatan Mental dan Layanan Kesehatan Mental, 49(5), 881–898. https://doi.org/10.1007/s10488-022-01207-0

Steinberg, L. (2005). Cognitive and affective development in adolescence. Trends in Cognitive Sciences, 9(2), 69–74. https://doi.org/10.1016/j.tics.2004.12.005

Triandini, E. (2019). Systematic literature review: Panduan untuk peneliti pemula. Bandung: Penerbit Informatika.

Tumon, S. (2021). Hubungan antara perilaku bullying dengan self-efficacy pada remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(1), 12–25. https://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/17528

Warni, S., Razzaq, A., & Putra, R. (2024). Teknik defusi kognitif dalam konseling individu untuk mengurangi perasaan tidak aman pada remaja yang diintimidasi. Jurnal Psikologi Remaja, 9(1), 25–37. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpkws/article/download/1818/1411/10154

Winingsih, E., & Rachmadyanti, P. (2021). Traumatic counseling: Counseling approach for counselee who experience post-traumatic stress disorder. Universitas Negeri Surabaya.

Yang, R., Takarae, Y., Adney, H., Swineford, C., Walker, J. C., Cheng, P., ... Wiggins, J. L. (2023). Neural correlates of irritability symptom relief in adolescents pre- and post-trauma-focused cognitive behavioral therapy: A pilot study on reward processing. Psychiatry Research: Neuroimaging, 332. https://doi.org/10.1016/j.pscychresns.2023.111645




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.833732

Article Metrics

Abstract Views : 108 | PDF Views : 113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Natalia Lubis, Jordan Luziano, Alifiya Adhita, Ariyanto Lombu, Ronny Gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.