Persepsi Guru BK terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Melalui Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK)



Edil Wijaya Nur(1*), M Amirullah(2), Nuzul Haq(3),

(1) MGBK SMA Kab. Sidrap
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP IT Wahdah Islamiyah
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi guru Bimbingan dan Konseling (BK) terhadap peningkatan kompetensi profesional mereka melalui Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK). Penelitian menggunakan pendekatan campuran kuantitatif dan kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 41 guru BK dari tiga komunitas MGBK SMA di Sulawesi Selatan. Data dikumpulkan menggunakan angket berisi 16 pernyataan skala Likert dan Focus Group Discussion (FGD). Instrumen penelitian terdiri dari angket daring untuk survei dan panduan wawancara untuk FGD. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun partisipasi dalam MGBK berkontribusi positif terhadap peningkatan kompetensi teknis, pemahaman teori konseling, dan kepercayaan diri guru BK, hubungan antara frekuensi partisipasi dan peningkatan kompetensi terindikasi lemah. Faktor lain, seperti kualitas program dan relevansi materi, lebih berperan dalam mendukung pengembangan profesional. Selain itu, terdapat kebutuhan mendesak untuk memperkaya materi yang lebih spesifik dan aplikatif, seperti penanganan kasus keluarga, kecanduan, dan bullying. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan kualitas program MGBK sebagai langkah strategis untuk memperkuat layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

Full Text:

PDF

References


Amirullah, M., Harum, A., Latif, S., Saman, A., & Buchori, S. (2024). Workshop Kesehatan Mental sebagai Upaya Meningkatkan Kapasitas Guru dalam Memberikan Dukungan Psikologis Awal bagi Siswa. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(3), 189-197.

Awalya, A., Indriyanti, D. R., Arinata, F. S., Khiyarusoleh, U., & Nugraha, Y. P. (2022). Peningkatan kompetensi kolaborasi konselor sekolah melalui program pelatihan di Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Kabupaten Semarang. Journal of Community Empowerment, 2(1), 27–31. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jce

Basuki, T. (2017). Peran Musyawarah Guru Bimbingan Konseling dalam mendukung profesi bimbingan dan konseling: Studi kasus di Semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 6(3), 115–124. https://doi.org/10.1016/j.ijgc.2017.09.008

Hargreaves, A. (2007). Teaching in the Knowledge Society: Education in the Age of Insecurity. Teachers College Press.

Harlita, I., Hadikusuma, Z., & Ramadan, Z. (2024). Peran Komunitas Belajar di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Kompetensi Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2907-2920.

Harum, A. (2024). Analysis of Academic Psychological Capital of Guidance and Counseling Teachers Based on Length of Work. Terapeutik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 31-41. https://doi.org/10.26539/teraputik.823162

Irawan, A. W., & Aswar. (2020). Makna Menjadi Guru Bimbingan Konseling (Studi Fenomenologi Terhadap Fresh Graduate). Jurnal Konseling Indonesia, 5(2), 47-53.

Kemdikbudristek. (2023). Surat Edaran Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tentang Optimalisasi Komunitas Belajar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud No. 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling di Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nurhayati, N., Rasimin, R., & Yusra, A. (2022). Persepsi siswa terhadap karakteristik guru bimbingan dan konseling sebagai pemimpin dalam konseling kelompok. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 9(1), 26–35. https://doi.org/10.37064/consilium.v9i1.11520 Oktaviana,

S., Anggriana, T. M., & Triningtyas, D. A. (2023). Persepsi siswa terhadap kompetensi sosial guru BK dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling), 7(1), 191–194.

Onate, M. E. (2016). Evaluasi program MGBK dan implikasinya terhadap kualitas layanan bimbingan di SMP Kota Salatiga. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 294–309. https://doi.org/10.1016/j.jmp.2016.12.005

Priyanti, N., & Khusna, R. (2023). Pengaruh Komunitas Belajar terhadap Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru di Ikatan NSINTK Bekasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 252-260.

Purnomo, S. (2018). Peran MGBK dalam Meningkatkan Kompetensi Guru BK: Perspektif Komunitas Profesional. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(3), 75-82.

Rahayuningsih, S., Andriyati, A., & Mardliyah, M. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pembentukan Komunitas Belajar. Journal of Community Empowerment, 2(8), 934-940.

Rodrigues, F., Figueiredo, N., Jacinto, M., Monteiro, D., & Morouço, P. (2023). Social-Cognitive Theories to Explain Physical Activity. Education Sciences, 13(2), 122. https://doi.org/10.3390/educsci13020122

Rodrigues, F., Figueiredo, N., Jacinto, M., Monteiro, D., & Morouço, P. (2023). Social-Cognitive Theories to Explain Physical Activity. Educ. Sci., 13, 122. https://doi.org/10.3390/educsci13020122

Roswati, S. (2022). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru BK dalam Menyusun Program Melalui Bimbingan dan Pelatihan Dengan Metode Workshop di MGBK. Jurnal Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 2797-2799.

Saman, A., Umar, N. F., Bakhtiar, M. I., & Harum, A. (2022). PKM Perangkat Media Gamifikasi Untuk Layanan Bimbingan dan Konseling. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1849. https://doi.org/10.31960/caradde.v5i2.1849

Sarman, F., Harahap, N. H., Yulianti, Z., & Rahmayanty, D. (2023). Persepsi siswa terhadap layanan konseling individual di SMP N 11 Kota Jambi. Juang: Jurnal Wahana Konseling, 6(1), 33–46.

Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2019). Motivation and Social Cognitive Theory. Contemporary Educational Psychology, 59, 101832. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101832

Yadav, D. (2021). Criteria for Good Qualitative Research: A Comprehensive Review. Journal of Educational Psychology, 18(4), 459-471. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101832




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.833657

Article Metrics

Abstract Views : 35 | PDF Views : 6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Edil Wijaya Nur, M Amirullah, Nuzul Haq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.