Pengaruh E-Learning terhadap Kecemasan akademik Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Universitas Sebelas Maret



Elliana Kristi Sulistyo(1*), Yeni Marlina(2), Suparmi Suparmi(3),

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kegiatan pembelajaran daring atau E-Learning dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era digital. Dalam konteks ini, E-Learning tidak hanya menawarkan fleksibilitas, tetapi juga menghadirkan tantangan, terutama terkait dengan kecemasan akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan E-Learning terhadap tingkat kecemasan mahasiswa, khususnya di kalangan mahasiswa Teknologi Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, dengan melibatkan sampel mahasiswa dari berbagai tingkat literasi teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan E-Learning secara signifikan mempengaruhi kecemasan mahasiswa. Mahasiswa dengan tingkat literasi teknologi yang rendah atau keterbatasan akses terhadap perangkat digital cenderung mengalami kecemasan yang lebih tinggi. Sebaliknya, mahasiswa yang memiliki keterampilan teknologi yang baik dan akses yang memadai menunjukkan tingkat kecemasan yang lebih rendah. Temuan ini menyoroti pentingnya pengembangan literasi teknologi untuk mendukung keberhasilan pembelajaran daring.

Keywords


E-Learning;Kecemasan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abd Muis, A., Salmiati, S., Djollong, A. F., Aripail, M., & Arham, A. (2022). Pengembangan Guru Kreatif dan Inovatif dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Pada Mata Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Parepare. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02). https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2418

Artama, E. N. N., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 10(2), 1-12. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n1.p34-40

Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol.1,No.2,pp.308-318). 10.13140/RG.2.2.31974.37444

Chusna, N. L. (2019, February). Pembelajaran E-learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2,No.1, pp. 113-117). http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.36

Christianto, L. P., Kristiani, R., Franztius, D. N., Santoso, S. D., & Ardani, A. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67-82. https://doi.org/10.33541/Jsvol2iss1pp1

Dewi, P. S. (2021). E-Learning: Penerapan Project Based Learning pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Prisma, 10(1), 97-105. 10.35194/jp.v10i1.1012

Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Tingkat kecemasan seseorang terhadap pemberlakuan new normal dan pengetahuan terhadap imunitas tubuh. Sport Science and Education Journal, 1(2). 10.33365/ssej.v1i2.718

Kartika, D., & Aviani, Y. I. (2022). Faktor-faktor kecemasan akademik selama pembelajaran daring pada siswa SMA di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 906-912. https://doi.org/10.36312/jpt.v6i2.3723

Manurung, E., & Siagian, N. (2020). Hubungan pengetahuan dengan kecemasan siswa SMA Swasta Advent Pematang Siantar terhadap pandemi COVID-19. Nursing Inside Community, 3(1), 8-14. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkj/article/view/8186

Mulyani, Y., Suharyati, H., & Amali, I. F. (2019). Pengetahuan Awal Penguasaan Internet dalam e-Learning dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Matematika. SNHRP, 2, 418-422. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/91/

Rufaidah, A., & Karneli, Y. (2020). Penerapan teknik cognitive restructuring dalam konseling perorangan untuk mereduksi gangguan kecemasan. Jurnal Teraputik, 7(1), 1-10. https://journal.unindra.ac.id/index.php/teraputik/article/view/417

Sari, D. P., Rahmat, T., Aprison, W., & Fitri, H. (2023). Pengaruh kecemasan matematika (math anxiety) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 6 Agam tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 1-12. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/531

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK, 2(1), 99-103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.603

Savitri, P. A. C., & Swandi, N. L. I. D. (2023). Intervensi Kecemasan Pada Mahasiswa: Literature Review. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 4(1), 43. https://doi.org/10.24014/pib.v4i1.20628

Sholeha, F. Z., & Al Baqi, S. (2022). Kecemasan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Mahira: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.55380/mahira.v2i1.234

Siregar, S. A. (2024). Psikologi kecemasan: Memahami dan mengelola gejala kecemasan. Circle Archive, 1(1), 1-10. http://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/126

Subandowo, M. (2022). Teknologi pendidikan di era society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1). 10.29408/edc.v16i2.4492

Vannesa, S., Sutja, A., & Sekonda, F. A. (2023). Hubungan konsep diri dengan kecemasan menghadapi ujian pada siswa di SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 1-10. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3300064&val=13365&title=Hubungan%20Konsep%20Diri%20dengan%20Kecemasan%20Menghadapi%20Ujian%20pada%20Siswa%20di%20SMP%20Negeri%208%20Muaro%20Jambi

Wiriani, W. T. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran online. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 57-63. 10.33365/ji-mr.v2i1.436

Yahya, S., dkk. (2024). Tingkat kecemasan mahasiswa dalam belajar teori statistika inferensial. Jurnal Pendidikan Matematika. https://jpm.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/188/42




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.833646

Article Metrics

Abstract Views : 4 | PDF Views : 3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Elliana Kristi Sulistyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.