Pengaruh E-Learning terhadap Kecemasan akademik Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Elliana Kristi Sulistyo(1*), Yeni Marlina(2), Suparmi Suparmi(3),
(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd Muis, A., Salmiati, S., Djollong, A. F., Aripail, M., & Arham, A. (2022). Pengembangan Guru Kreatif dan Inovatif dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Pada Mata Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Parepare. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02). https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2418
Artama, E. N. N., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 10(2), 1-12. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n1.p34-40
Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol.1,No.2,pp.308-318). 10.13140/RG.2.2.31974.37444
Chusna, N. L. (2019, February). Pembelajaran E-learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2,No.1, pp. 113-117). http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.36
Christianto, L. P., Kristiani, R., Franztius, D. N., Santoso, S. D., & Ardani, A. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67-82. https://doi.org/10.33541/Jsvol2iss1pp1
Dewi, P. S. (2021). E-Learning: Penerapan Project Based Learning pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Prisma, 10(1), 97-105. 10.35194/jp.v10i1.1012
Gumantan, A., Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Tingkat kecemasan seseorang terhadap pemberlakuan new normal dan pengetahuan terhadap imunitas tubuh. Sport Science and Education Journal, 1(2). 10.33365/ssej.v1i2.718
Kartika, D., & Aviani, Y. I. (2022). Faktor-faktor kecemasan akademik selama pembelajaran daring pada siswa SMA di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 906-912. https://doi.org/10.36312/jpt.v6i2.3723
Manurung, E., & Siagian, N. (2020). Hubungan pengetahuan dengan kecemasan siswa SMA Swasta Advent Pematang Siantar terhadap pandemi COVID-19. Nursing Inside Community, 3(1), 8-14. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkj/article/view/8186
Mulyani, Y., Suharyati, H., & Amali, I. F. (2019). Pengetahuan Awal Penguasaan Internet dalam e-Learning dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Matematika. SNHRP, 2, 418-422. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/91/
Rufaidah, A., & Karneli, Y. (2020). Penerapan teknik cognitive restructuring dalam konseling perorangan untuk mereduksi gangguan kecemasan. Jurnal Teraputik, 7(1), 1-10. https://journal.unindra.ac.id/index.php/teraputik/article/view/417
Sari, D. P., Rahmat, T., Aprison, W., & Fitri, H. (2023). Pengaruh kecemasan matematika (math anxiety) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 6 Agam tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 1-12. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/531
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK, 2(1), 99-103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.603
Savitri, P. A. C., & Swandi, N. L. I. D. (2023). Intervensi Kecemasan Pada Mahasiswa: Literature Review. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 4(1), 43. https://doi.org/10.24014/pib.v4i1.20628
Sholeha, F. Z., & Al Baqi, S. (2022). Kecemasan peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Mahira: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.55380/mahira.v2i1.234
Siregar, S. A. (2024). Psikologi kecemasan: Memahami dan mengelola gejala kecemasan. Circle Archive, 1(1), 1-10. http://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/126
Subandowo, M. (2022). Teknologi pendidikan di era society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1). 10.29408/edc.v16i2.4492
Vannesa, S., Sutja, A., & Sekonda, F. A. (2023). Hubungan konsep diri dengan kecemasan menghadapi ujian pada siswa di SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1), 1-10. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3300064&val=13365&title=Hubungan%20Konsep%20Diri%20dengan%20Kecemasan%20Menghadapi%20Ujian%20pada%20Siswa%20di%20SMP%20Negeri%208%20Muaro%20Jambi
Wiriani, W. T. (2021). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran online. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 57-63. 10.33365/ji-mr.v2i1.436
Yahya, S., dkk. (2024). Tingkat kecemasan mahasiswa dalam belajar teori statistika inferensial. Jurnal Pendidikan Matematika. https://jpm.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/188/42
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.833646
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Elliana Kristi Sulistyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |