Hubungan Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresif Siswa dI SMK Winaya Loka Depok



Riska Andriani(1*), Candra Prasiska Rahmat(2), Khayatun Nufus Akhsania(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kematangan emosi, perilaku agresif dan hubungan kematangan emosi dengan perilaku agresif siswa di SMK Winaya Loka Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian terdiri dari 82 orang siswa kelas X dan kelas XI SMK Winaya Loka Depok. Instrumen yang digunakan adalah skala kematangan emosi dan skala perilaku agresif yang telah diverifikasi validitas dan reliabilitasnya. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kematangan emosi siswa berada pada kategori tinggi yaitu 95,1%, perilaku agresif siswa berada pada kategori tinggi yaitu 92,7% adanya hubungan positif yang signifikan antara kematangan emosi dengan perilaku agresif sebesar 0,493. Dapat disimpulkan bahwa jika kematangan emosi tinggi maka perilaku agresif siswa akan menurun dan sebaliknya jika perilaku agresif siswa tinggi maka kematanga emosi siswa menurun

Keywords


Emotional Maturity, Aggressive Behavior

Full Text:

PDF

References


Annisavitry, Y., & Budiani, M. S. (2017). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Agresivitas pada Remaja. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 4(1), 1–6.

Chusnul Chotimah, P. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter Terhadap Perilaku Agresif Remaja Usia 12-18 di Desa Plalangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. 1–91. http://etheses.iainponorogo.ac.id/12085/

Einstein, G., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Perilaku Agresif Siswa/siswi SMK Yudyakarya Magelang. Empaty, 5(3), 491–502.

Febbiyani, F., & Adelya, B. (2017). Kematangan Emosi Remaja dalam Pengentasan Masalah. Penelitian Guru Indonesia, 02(02), 30–31.

Fitriasari, E., & Adi, H. (2011). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Agresif pada Remaja di STIMART AMNI Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Keperawatan FIKKes Vol. 4 No. 2. STIMART AMNI Semarang., 4(2), 171–182. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/FIKkeS/article/view/1852

Hayati, F. (2016). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik di MA. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(6), 603–607.

Hidayat, F., Maduwinarti, A., & Andayani, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kukus Singkong Keju Mojokerto. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 2(2), 1–26.

Karim, A. R. F. (2023). Hubungan Kematangan Emosi dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Peserta Didik MA Darussalam Sengon. Student Repository. https://repository.stkipjb.ac.id/index.php/student/article/viewFile/3769/3182

Lestari, A., & Faizin, M. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Variasi Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi Kasus Warunk Upnormal Cabang Gresik). Jurnal Akuntansi dan Manajemen “Gema Ekonomi,” 9(1), 85–97.

Priyadi Fandi, S. P. (2022). Modul Bimbingan Klasikal Bidang Pribadi: Kematangan Emosi. FLIPHTML5. https://fliphtml5.com/fnjea/xhvq

Putri, F. A. (2020). Hubungan Kematangan Emosi dengan Agresivitas Remaja Akhir Laki-Laki. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 80.

Retno Handasah. (2022). Pengaruh Kematangan Emosi Terhadap Agresivitas Dimediasi oleh Kontrol Diri pada Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 2(2), 121–133. https://doi.org/10.30762/happiness.v2i2.345

Sabintoe, D., & Soetjiningsih, C. (2020). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Perilaku Agresif pada Siswa SMK. Psikologi Konseling, 17(2), 707. https://doi.org/10.24114/konseling.v17i2.22073

Sovitriana, R., & Sianturi, H. C. (2021). Kematangan Emosi dan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Agresif pada Remaja di Kelurahan X Kabupaten Bekasi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2), 118–126.

Syarif, F. (2017). Hubungan Kematangan Emosi dengan Perilaku Agresi pada Mahasiswa Warga Asrama. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 199– 207. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4364




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.833559

Article Metrics

Abstract Views : 6 | PDF Views : 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Riska Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.