PKM layanan PKO analisis doodle art sebagai media self efficacy mahasiswa Prodi matematika & UPBK Unindra



Evi Fitriyanti(1*), Fajar Bilqis(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tugas, fungsi, dan tanggung jawab bimbingan konseling menempati peran yang sangat penting di dalam sebuah lembaga pendidikan, termasuk di dalam Perguruan Tinggi. Untuk itu, guna mendapatkan sinergi yang positif mahasiswa prodi matematika dalam proses pembelajaran, dan juga memaksimalkan kemampuan mahasiswa UPBK dalam tugasnya menjadi tutor sebaya, tim kegiatan (PKM) Pengabdian Kepada Masyarakat melihat peluang memberikan layanan penguasaan konten terutama dalam mengembangkan self efficacy yang merupakan kemampuan individu dalam mencapai tujuan melalui keyakinan dan kepercayaan akan kemampuan diriya. Kegiatan PKM dilakukan dengan menggunakan media Doodle Art yang merupakan bagian dari Art therapy yang diharapkan dapat mengembangkan self efficacy peserta kegiatan, dalam hal ini adalah mahasiswa UPBK dan mahasiswa studi pendidikan matematika UNINDRA yang menjadi mitra kegiatan ABDIMAS.

Keywords


Layanan Penguasaan Konten, Doodle Art, Self Efficacy

Full Text:

PDF

References


Budiadi, D., & Sulistyawati, J. (2013). Pengaruh Kompetensi Dosen, Self Efficacy, Locus Of Control, Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Cahaya Aktiva, 3(1), 36–47.

Dewi, N. (2014). Metode Biblioterapi dan Diskusi Dilema Moral untuk Pengembangan Karakter Tanggungjawab. 41(1), 47–59.

Gagaramusu, Y. (2014). Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN FatufiaKecamatan Bahodopi. 1(1), 214–227.

Nirwana, M. M. (2012). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, 74–86.

Noer, S. H. (2012, November). Self efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. In Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 10). 801-808.

Permata, A., & Tarigan, S. (2009). HARAPAN MEKAR MEDAN. 250–258.

Sunarto, W., Sumarni, W., & Suci, E. (2011). Hasil Belajar Kimia Siswa Dengan Model Pembelajaran Metode Think-Pair-Share Dan Metode Ekspositori. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(1), 244–249.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42346

Article Metrics

Abstract Views : 706 | PDF Views : 227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 evi fitriyanti fitriyanti, Fajar Bilqis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.