Penguasaan konten analisis doodle art meningkatkan self efficacy mahasiswa UPBK Unindra dalam memberikan layanan konseling



Evi Fitriyanti(1*), Fajar Bilqis(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh pentingnya mahasiswa Unit Pelayanan Bimbingan Konseling (UPBK) memiliki self efficacy dalam memberikan layanan konseling kepada konseli yang datang di ruang konseling. Penelitian bertujuan untuk mengungkap seberapa besar pengaruh penguasan konten Clinical Doodle Art terhadap pengembangan Self Efficacy mahasiswa. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif korelasional. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa korelasi variabel X dengan Y atau hubungan antara penguasaan konten Clinical Doodle Art dengan self efficacy mahasiswa adalah signifikan di mana pengaruh penguasaan konten Doodle Art dengan self efficacy pada mahasiswa sebesar 14,06% dan sisanya 85,94% ditentukan oleh variabel lain. Dengan demikian, penguasaan konten doodle art berpengaruh terhadap self efficacy mahasiswa UPBK Unindra dalam memberikan layanan konseling.

Keywords


Layanan Penguasaan Konten; Self Efficacy.

Full Text:

PDF

References


Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Universitas Ahmad Dahlan.

Bandura, A. (2010). Self‐efficacy. The Corsini Encyclopedia of Psychology, 1–3.

Budiadi, D., & Sulistyawati, J. (2013). Pengaruh Kompetensi Dosen, Self Efficacy, Locus Of Control, Fasilitas Pembelajaran Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi. Cahaya Aktiva, 3(1), 36–47.

Erdiyanti, Y. P. (2019). PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP ANAK BERPRESTASI AKADEMIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER YANG POSITIF DAN MINAT BELAJAR. JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 1(2).

Ferianto, K., & Ahsan, I. S. R. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Self Efficacy Perawat Dalam Melaksanakan Resusitasi Pada Pasien Henti Jantung. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 2(4).

Gibbons, K. (2010). Circle justice: A creative arts approach to conflict resolution in the classroom. Art Therapy, 27(2), 84–89.

Juli Widyastuti, R. (2013). Pengaruh self efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir siswa. Jurnal BK Unesa, 3(1).

Kisti, H. H., & Fardana, N. A. (2012). Hubungan antara self efficacy dengan kreativitas pada siswa SMK. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 1(02), 52–58.

Kuswanto, D. (2012). Statistik untuk pemula dan orang awam. Jakarta: Laskar Aksara.

Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh self-efficacy, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa SMK jasa boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).

Mulyadi, D. (2016). BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH & MADRASAH.

Nirwana, M. (2013). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Terhadap Motivasi Belajar Siswa. KES, 1(1).

Noer, S. H. (2012). Self Efficacy Mahasiswa Terhadap Matematika. Makalah Pada Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10.

Prakoso, E. T., & Wahyuni, E. N. (2015). Urgensi Self Efficacy Konselor Sekolah dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa (Penelitian Survey terhadap konselor Sekolah di Kota Malang). Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 644–652.

Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “self efficacy” dengan perilaku mencontek mahasiswa psikologi. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 28(1), 103–111.

PUSPITA SARI, Z., & Fitri, R. (2018). PENGARUH KEGIATAN DOODLE ART MELALUI METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH 16 WOTAN PANCENG GRESIK. PAUD Teratai, 7(3).

Sipayung, S. P. (2010). Gambaran Self-Efficacy Konselor Sekolah di Kota Medan.

Subagyo, A. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Self Efficacy Terhadap Komitmen Organisasional Dosen Politeknik Negeri Semarang. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 10(1).

Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. Sigma, 1(2), 64–68.

Victoriana, E. (2012). Studi Kasus Mengenai Self-Efficacy untuk Menguasai Mata Kuliah Psikodiagnostika Umum pada Mahasiswa Magister Profesi Psikologi di Universitas" X".

Wijayanti, G. (2006). FaktorFaktor yang Mempengaruhi SelfEfficacy dalam Mengerjakan Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42344

Article Metrics

Abstract Views : 700 | PDF Views : 379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 evi fitriyanti fitriyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.