Penggaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Self-Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Bengkulu



Fitri Purnawati(1*), Winda Ade Ariani(2), Widya Kartika Sari(3),

(1) Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
(2) Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
(3) Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang dibahas dalam kajian ini adalah prokrastinasi akademik oleh peserta didik dalam menimbulkan dorongan kepada peneliti melakukan layanan bimbingan dengan cara berkelompok dibantu oleh Teknik Self Management terhadap prokrastinasi akademik siswa. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan dengan cara berkelompok menggunakan Teknik Self Management terhadap prokrastinasi akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan one group pretest-posttest . Dengan populasi kelas X 36 siswa dan sampel 10 siswa yang diambil menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini, (1) prokrastinasi akademik siswa sebelum (pre-test) ada pada kategori tinggi yang memiliki nilai rata-rata 83,2 (2) prokrastinasi akademik siswa setelah (post-test) termasuk ke kategori rendah memiliki rata-rata 48 ,5 (3) terdapat suatu pengaruh dari layanan bimbingan dengan cara berkelompok menggunakan Teknik Self Management terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Bengkulu dengan signifikansi 0,005 yang memiliki artian bahwa (0,005 < 0,05) Sehingga hipotesis Ha telah diterima dan hipotesis Ho tidak diterima (ditolak).

Keywords


Prokrastinasi Akademik; Bimbingan Kelompok; Teknik Self Management; Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F., & Fitriana, S. (2021). Penerapan Konseling Cognitive Behaviour dengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(1), 11–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/safrj.2.1.11-24

Hardiyanti, A. (2016). Hubungan Antara Manajemen Diri dengan Prokrastinasi Akademik Pada maasiswa Anggpta MUEC UMS. Universitas Muhammadiya Surakarta.

Hernawan, C. D., & Daliman. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang pernah menjalani perkulian daring. Universitas Muammadiya Surakarta.

Khairunisa, Yusuf, A. M., & Firman. (2022). Implementasi Teknik Self Management Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa S1. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 85–96.

Khansa, K., & Nurmawati, N. (2023). Pengaruh Self Management terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8905–8912. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3141

Lestari, F. A., Nawantara, R. D., & Setyawati, S. P. (2021). Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik. Konseling Kearifan Nusantar (KKN), 157–165.

Lisnawati, A. (2022). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akdemik Siswa Kelas VIII Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management di SMP Negeri 10 Kota Jambi. Universitas Jambi.

Muliana, S. (2020). Efektivitas teknik self management untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa sma negeri 4 banda aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Prayitno. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Ghalia Indonesia.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tanggerang Selatan:Pascal Books.

Ramadhani, E., Sadiyah, H., Putri, R. D., & Pohan, R. A. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 45–51.

Sari, W. P., Yakub, E., & Khadijah, K. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa MTs. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 6(1), 29–36.

Siregar, M., Fitria, S., & Damayanti, E. (2022). Pengaruh Selg-Management Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 403–409. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3728

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 2(2), 67–73.

Yasdar, M., & Sulaiman, F. (2017). Penerapan Manajemen diri dapat Mengurangi Kebiasaan Prokrastinasi Akademik mahasiswa STIKIP Muhammadiyan Enrekang. Jurnal Edumaspul, 1(2), 92–103.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.833387

Article Metrics

Abstract Views : 7 | PDF Views : 3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fitri Purnawati, Winda Ade Ariani, Widya Kartika Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.