Profil Gangguan Kecemasan Siswa Penghuni Panti Asuhan Asuwain Timor



Solihatun Solihatun(1*), Intana Arlitania(2), Kodariyah Kodariyah(3),

(1) (SCOPUS ID: 57207963168) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi siswa yang tinggal di Panti Asuhan Asuwain Timor yang mengalami gangguan kecemasan berlebihan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang berarti data dikumpulkan secara nyata sesuai dengan kondisi saat penelitian dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa penghuni panti asuhan. Karena jumlah siswa yang cukup banyak, tidak semua dijadikan sumber data; hanya 3 siswa yang dipilih sebagai sumber data penelitian. Instrumen penelitian meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, yaitu menyaring dan merangkum informasi penting, mengidentifikasi tema dan pola, serta mengabaikan hal-hal yang tidak relevan. Setelah itu, data disajikan dan kesimpulan ditarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 siswa di Panti Asuhan Asuwain Timor yang mengalami gangguan kecemasan. Gangguan ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, seperti rendahnya kepercayaan diri dan jarak dengan keluarga. Selain itu, kurangnya dukungan tenaga ahli seperti guru B&K dan konselor juga turut mempengaruhi siswa mengalami gangguan kecemasan

Keywords


Kecemasan, Siswa, Layanan Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Bila Kecemasan Mendera Tugas Konseling Mencari Solusinya. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 323–341.

Afriansyah, N. (2020). Peran Bimbingan Keagamaan Dalam Menangani Perilaku Menyimpang (Studi Kasus Perilaku Ghasab di Pondok Pesantren Darut Tauhid AL-Amin Desa Margodadi Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat). UIN Raden Intan Lampung.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).

Chaplin, J. P. (2011). Kamus lengkap psikologi.

Cintia Damayanti Hermawan Putri, C. (2023). Gambaran tingkat stres tentang lima hari sekolah pada anak usia remaja di smp negeri 02 kebakkramat. Universitas Kusuma Husada Surakarta.

Fitriyanti, E., Solihatun, S., & Ardianti, T. (2020). Kontribusi Layanan Penguasaan Konten dalam Meningkatkan Sikap Empati Siswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 63–75.

Fitriyanti, E., Solihatun, S., & Folastri, S. (2022). Pembinaan Soft Skill Keterampilan Berkomunikasi melalui Layanan Penguasaan Konten pada Remaja Binaan Rumah Literasi Al Fatih Desa Ginanjar Kabupaten Sukabumi. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 43–57.

Khutami, S. (2015). The Effectiveness Of Layanan Penguasaan Konten To Improve Students’ Learning Skills (The Comparison of Discussion and Giving Task Methods With Lecture and Interactive Methode). Konselor, 4(1), 13–18.

Nurjannah, T. S., & Toni, T. (2023). Peran Panti Asuhan Namira dalam Memberikan Pendidikan Moral Terhadap Anak Asuh di Kabupaten Labuhanbatu. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 482–489.

Pati, W. C. B. (2022). Pengantar Psikologi Abnormal: Definisi, Teori, Dan Intervensi. Penerbit Nem.

Pujiati, I., Noviandari, H., & PGRI, P. S. N. F. U. (2018). Pengaruh Konseling Cognitive Behavior Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mereduksi Kecemasan Sosial Siswa.

Puspasari, H. W., & Agustiya, R. I. (2022). Upaya Preventif dan Promotif Kesehatan Jiwa di Kota Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Unars, 1(1), 148–157.

Putri, P. A. (2019). Memahami Gangguan Kecemasan dalam Diri Remaja.

Rahmawati, A., & Imanti, V. (2023). Teknik Behavioral Rehearsal Untuk Menurunkan Kecemasan Interaksi Sosial Pada Remaja Di Panti Asuhan Keluarga Yatim Aisyiyah Bekonang. UIN Surakarta.

Rosidi, R., & Aisyah, U. (2020). Psikoterapi Islam untuk Penyembuhan Penderita Gangguan Jiwa di Pondok Pesantren Al-Hikmatul Qur’an Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 132–140.

Sany, U. P. (2022). Gangguan kecemasan dan depresi menurut perspektif Al Qur’an. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), 1262–1278.

Solihatun, S., Dinihari, Y., & Wiyanti, E. (2019). Penggunaan Layanan Penguasaan Konten Dengan Pemanfaatan Bahan Rumah Tangga Bagi Lansia Jakarta Utara. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1).

Solihatun, S., Folastri, S., & Fitriyanti, E. (2023). Pelatihan Literasi Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Anak Binaan Rumah Literasi Al Fatih Desa Ginanjar Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(2), 97–104.

Suhaid, D. N., Sulistiani, R. P., Manungkalit, E. M., Pabeno, Y., Sada, M., Pratiwi, A. I., Wardani, D. W. K. K., Prasetyo, B., Adriana, N. P., & Aningsih, B. S. D. (2022). Pengantar Promosi Kesehatan. Pradina Pustaka.

Trisna, C., Sugiarto, S. K. M., Idris, M. K. M. N. M., KKK, M., Entianopa, S. K. M., Faizal, I. A., AK, S. T., Imun, M., Sinulingga, S. R., & Rahmadiliyani, N. (2020). Buku Ajar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Zahir Publishing.

WHO. (2022). Wake-up call to all countries to step up mental health services and support. 2022.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.823281

Article Metrics

Abstract Views : 16 | PDF Views : 15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Solihatun Solihatun, Intana Arlitania, Kodariyah Kodariyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.