PENGARUH ADIKSI GAME ONLINE TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMKN 5 BANJARMASIN
Riya Andriana(1*), Eka Sri Handayani(2), Sri Ayatina Hayati(3),
(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A.N.A., Siti Latipah, Elang W., Siska A.N. (2021). Hubungan kecanduan bermain game online terhadap motivasi belajar siswa di SMA X. Jurnal ilmiah keperawatan indonesia, 5(1).
Anggraini, C., Denny H. R., Lina K., Syam M., Winda & Kustiawan. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multi Disiplin Dehasen, 1(3), 337-342.
Chen, Chi-Ying & Shao Liang Chang. (2008). An exploration of the tendency to online game addiction due to user’s liking of design features. Asian journal of health and information sciences, 3(1-4), 38-51
Chou, C., Condron, L., & Belland, J. C. (2005). A review of the research on internet addiction. Educational psycho-logy review, 17(4)
Evanne L., Adli & Ngalimun. (2021). Dampak Game online terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan. Jurnal Al-Kalam, 3(1), 54-62.
Ghuman, D., & Griffiths, M. D. (2012). A cross-genre study of online gaming: player demographics, motivation for play and social interactions among players. International journal of cyber behavior, psychology and learning, 2(1), 13–29.
Handayani, Eka Sri. (2022). Kesehatan Mental (Mental Hygiene). Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin.
Jabbar, N.N. (2022). Pengaruh kecanduan game online terhadap komunikasi interpersonal pada mahasiswa fakultas psikologi universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang. (Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).
King, D. L., & Delfabbro, P. H. (2018). Internet gaming disorder: Theory, assessment, treatment and prevention. New York: Academic Press.
Kusumadewi, N. T. (2009). Hubungan kecanduan internet game online dengan keterampilan sosial remaja. Journal psychology, 4.
Kusumawati, R., Yolivia, I.R. & Yosi M. (2017) Perbedaan tingkat kecanduan (adiksi) games online pada remaja ditinjau dari gaya pengasuhan. Jurnal RAP UNP, 8(1), 88-99.
Musbikin, Imam. (2009). Mengapa anakku malas belajar ya?. Jogjakarta: diva press.
Novrialdy, Eryzal. (2019). Kecanduan Game online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Jurnal Buletin Psikologi, 27(2), 148-158.
Subekti, dkk. (2020). Gambaran faktor yang mempengaruhi kesiapan dalam menghadapi pubertas pada remaja. Jurnal mahasiwa kesehatan, 1(2), 159-165.
Suprihatin, Titin. (2011). Analisis masalah siswa SMA/SMK di kota Semarang. Prosiding seminar nasional psikologi (sempsi) Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 28-34.
Tobing, Ingrid Tio Yosephine. (2021). Pengaruh kecanduan game online terhadap komunikasi interpersonal di SMK Telkom 2 Medan tahun ajaran 2020/2021. Jurnal psikologi konseling, 18(1).
Valenia, Tarisa. (2023). Pengaruh Game online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA/SMK (Studi pada Siswa SMA/SMK di Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara). (Skripsi Sarjana, Universitas Lampung)
Yusrina, Jihan & Yoyok Yermiandhoko. (2022). Pengaruh Adiksi Game online Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 987-996.
Yusuf, Ah, Ilya Krisnana & Achmad Ibrahim. (2019). Hubungan kecanduan game online dengan komunikasi interpersonal dan interaksi sosial remaja. Psychiatry nursing journal, 1(2).
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.823184
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Riya Andriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |