IMPLEMENTATION OF INCLUSIVE EDUCATION IN 53 BANDA ACEH STATE PRIMARY SCHOOLS



Liza Fidiawati(1*), Cahaya Purnama Sari(2), Syahrianda Syahrianda(3), Rika Kustina(4), Cut Fazlil Hanum(5), Fadhillah Yuthia(6),

(1) Universitas Bina Bangsa Getsempena
(2) SLBN Pembina Provinsi Aceh
(3) SLBN Pembina Provinsi Aceh
(4) Universitas Bina Bangsa Getsempena
(5) Universitas Bina Bangsa Getsempena
(6) Universitas Bina Bangsa Getsempena
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kebijakan yang telah diterapkan di Sekolah Dasar Negeri 53 Banda Aceh, dan (2) implementasi pendidikan inklusif di Sekolah Dasar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian berupa guru-guru kelas di Sekolah Dasar Negeri 53 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dengan pengumpulan data melalui teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan inklusif. Faktor pendukung meliputi: 1) dukungan orang tua; 2) lingkungan sekolah yang ramah bagi anak berkebutuhan khusus; dan 3) ketersediaan sarana dan prasarana. Sementara itu, faktor penghambat meliputi: 1) rendahnya kompetensi guru dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus; 2) kebutuhan pendampingan ekstra bagi anak berkebutuhan khusus; 3) proses identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus yang memakan waktu lama; serta 4) rendahnya tingkat pemahaman anak berkebutuhan khusus yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar.

Keywords


Implementasi, Pendidikan, Inklusif

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arriani, F., Agustiyawati, & DKK. (2022). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Indonesia: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/08/Panduan-Pelaksanaan-Pendidikan-Inklusif.pdf.

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67-73.

Gusti, N. S. (2021). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Setting Sekolah Menengah Atas di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 532-544.

Hidayah, N. (2018). Analisis kesiapan mahasiswa prodi Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah sebagai Calon pendidik profesional. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 117-137.

Jalaluddin, N. S., & Tahar, M. M. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif dalam kalangan Guru Arus Perdana. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(2), e001280- e001280.

Malau, M. M. N. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Pada Sma Negeri Di Dki Jakarta. Journal of Politic and Government Studies, 12(2), 70-86.

Muazza, M., Hadiyanto, H., Heny, D., Mukminin, A., Habibi, A., & Sofwan, M. (2018).

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.

Prasetya, H., Rahman, M., Adityawati, I. A., & Islamiyah, U. K. (2018). Layanan pembelajaran untuk anak Inklusi: memahami karakteristik dan mendesain pelayanan pembelajaran dengan baik.

Pratiwi, N. A. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar Negeri Serang Pengasih Kulon Progo. Jurnal Widia Ortodidaktika, 1014-1020.

Suandi, M. P., Nurfaeda, P., & Widodasih, W. K. (2023). Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Nasional Amanah Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusa, 32433-32445. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/12305/9481/22626.

Sukomardojo, T. (2023). Mewujudkan pendidikan untuk semua: Studi implementasi pendidikan inklusif di Indonesia. Jurnal Birokrasi & Pemerintahan Daerah Volume, 5(2), 205-214.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. Nomor 20 (2003). Diakses tanggal 20 Juli 2024 dari https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. , Pub. L. No. Nomor 8 (2016). Diakses tanggal 20 Juli 2024 dari https://peraturan.bpk.go.id/Download/26352/UU%20Nomor%208%20Tahun%202016.pdf

Wijaya, M. Y. (2024). Studi Literatur: Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah-Sekolah Inklusi di Indonesia. Arus Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-12.

Yasa, R. B., & Julianto. (2017). Evaluasi Penerapan Pendidikan Inklusi Disekolah Dasar Di Kotamadya Banda Aceh Dan Kabupaten Pidie. International Journal of Child and Gender Studies, 120-123.

Yunus, V., Zakso, A., Priyadi, A. T., & Hartoyo, A. (2023). Pendidikan Inklusif Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 313-327.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.823158

Article Metrics

Abstract Views : 6 | PDF Views : 10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Liza Fidiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.