Hubungan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan Self Esteem Mahasiswa



Humaira Humaira(1*), Akmal Sutja(2), Nur Hasanah Harahap(3),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang berkaitan dengan self esteem pada mahasiswa dalam masa studinya yang berfokus pada prestasi akademik yaitu hasil dari pembelajaran di perguruan tinggi yang disebut indeks prestasi kumulatif (IPK). Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan hubungan antara indeks prestasi kumulatif dengan self esteem  mahasiswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode korelasi yang menggunakan teknik analisis data yaitu analisis korelasi product moment. Populasi penelitian berjumlah 292 mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Jambi angkatan 2020, 2021 dan 2022 dengan sampel sebanyak 169 mahasiswa yang ditentukan dari teknik penarikan sampel dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan tingkat ipk mahasiswa berada pada kategori sangat memuaskan dengan persentase 80% dan self esteem pada kategori tinggi dengan persentase 65%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara ipk dengan self esteem  dengan nilai korelasi 0,306 yang artinya hubungan jelas tetapi kecil. 

Keywords


Hubungan, IPK, Self Esteem

Full Text:

PDF

References


Afari, Ernest, Graeme Ward, and Myint Swe Khine. (2012). “Global Self-Esteem and Self-Efficacy Correlates: Relation of Academic Achievement and Self-Esteem among Emirati Students.” International Education Studies 5(2):49–57. doi: 10.5539/ies.v5n2p49.

Agustiningtyas, Puput, and Jun Surjanti. (2021). “Peranan Teman Sebaya Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Di Masa Covid-19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3):794–805. doi: 10.31004/edukatif.v3i3.454.

Aminati, Kuni, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, and Muhamad Chamdani. (2022). “Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2020/2021.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 10(1). doi: 10.20961/jkc.v10i1.55033.

Angelia, Inge, Naufal Raid, and Donna Ikranova. (2023). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Di Sumatera Barat.” Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah 6(1):114–24.

Ariyanti, Vivin, and Budi Purwoko. (2023). “Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Self-Esteem Remaja: Literature Review.” TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 6(3):362–68. doi: 10.26539/teraputik.631389.

Baumeister, Roy F., Jennifer D. Campbell, Joachim I. Krueger, and Kathleen D. Vohs. (2003). “Does High Self-Esteem Cause Better Performance, Interpersonal Success, Happiness, or Healthier Lifestyles?” Psychological Science in the Public Interest 4(1):1–44. doi: 10.1111/1529-1006.01431.

Cholisoh, Anik Nur. (2019). “Pengaruh Harapan Orang Tua Terhadap Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Konseling Pembelajaran.” Jurnal Cakrawala 38:348–259.

Coopersmith, Stanley. (1967). The Antecedents of Self Esteem. edited by W. . and C. Freeman. San Fransisco and London: United States of America.

Faunce, William A. (2014). “Prestasi Sekolah , Status Sosial , dan Harga Diri Penulis : URL Stabil : Http://Www.Jstor.Org/Stable/3033883.” 47(1).

Fauzi, Achmad. (2021). “Analisis Pengaruh Stres Dan Motivasi Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Achmad.” Jurnal As-Said. LP2M. Institut Agama Islam Abdullah Said Batam 1(1):76–97.

Fitriana, Wahyu; Yulianti; Akmal Sutja. (2024). “Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).” 8(2):1101–7.

Kamaruddin, Ilham, Imam Tabroni, and Muna Azizah. (2022). “Konsep Pengembangan Self-Esteem Pada Anak Untuk Membangun Kepercayaan Diri Sejak Dini.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6(3):496. doi: 10.35931/am.v6i3.1015.

Liu, Xinqiao, Xiojie Cao, and Wenjuan Gao. (2022). “Does Low Self-Esteem Predict Anxiety Among Chinese College Students.” Psychology Research and Behavior Management 15:1481–87.

Marvianto, Ramadhan Dwi, Atim Ratnawati, and Nurkholis Madani. (2020). “Motivasi Berprestasi Sebagai Moderator Pada Peranan Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa.” Jurnal Psikologi 16(1):74. doi: 10.24014/jp.v16i1.9538.

Maslow, A. H. (2018). Motivation and Personality. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Maufur. 2018. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Novariandhini, D. A., and Melly Latifah. (2012). “Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Dan Prestasi Akademik Siswa SMA Pada Berbagai Model Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen 5(2):138–46.

Papilaya, Jeanete Ophilia, and Neleke Huliselan. (2016). “Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa.” Jurnal Psikologi Undip 15(1):56. doi: 10.14710/jpu.15.1.56-63.

Rosenberg, Morris, Carmi Schooler, and Carrie Schoenbach. (1989). “Self-Esteem and Adolescent Problems: Modeling Reciprocal Effects.” American Sociological Review 54(6):1004. doi: 10.2307/2095720.

Santrock, John W. (2007). Remaja. Kesebelas. edited by W. Hardani. Jl. H. Baping Raya No. 100 Ciracas, Jakarta 13740: Penerbit Erlangga.

Yanti, Riski, Agus Perdana Windarto, and Suhada Suhada. (2019). “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Ipk Mahasiswa Terhadap Penentuan Kualitas Proses Pembelajaran Dengan Metode Electre Ii.” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer) 3(1):36–41. doi: 10.30865/komik.v3i1.1696.

Yudiono, Udik, dan Sulistyo Sulistyo. (2020). “Self-esteem : Faktor-faktor yang mempengaruhinya self-esteem : the influence factors.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 8(2):99–105.

Zamzanah, Rasimin, dan Affan Yusra. (2023). “Upaya Meningkatkan Self-Esteem (Harga Diri) pada Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP N 19 Kota Jambi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):2178–84.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.823107

Article Metrics

Abstract Views : 153 | PDF Views : 123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Humaira Humaira, Akmal Sutja, Nur Hasanah Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.