Hubungan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan Self Esteem Mahasiswa
Humaira Humaira(1*), Akmal Sutja(2), Nur Hasanah Harahap(3),
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afari, Ernest, Graeme Ward, and Myint Swe Khine. (2012). “Global Self-Esteem and Self-Efficacy Correlates: Relation of Academic Achievement and Self-Esteem among Emirati Students.” International Education Studies 5(2):49–57. doi: 10.5539/ies.v5n2p49.
Agustiningtyas, Puput, and Jun Surjanti. (2021). “Peranan Teman Sebaya Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar Di Masa Covid-19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3):794–805. doi: 10.31004/edukatif.v3i3.454.
Aminati, Kuni, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, and Muhamad Chamdani. (2022). “Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sekecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2020/2021.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 10(1). doi: 10.20961/jkc.v10i1.55033.
Angelia, Inge, Naufal Raid, and Donna Ikranova. (2023). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa Di Sumatera Barat.” Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah 6(1):114–24.
Ariyanti, Vivin, and Budi Purwoko. (2023). “Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Self-Esteem Remaja: Literature Review.” TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 6(3):362–68. doi: 10.26539/teraputik.631389.
Baumeister, Roy F., Jennifer D. Campbell, Joachim I. Krueger, and Kathleen D. Vohs. (2003). “Does High Self-Esteem Cause Better Performance, Interpersonal Success, Happiness, or Healthier Lifestyles?” Psychological Science in the Public Interest 4(1):1–44. doi: 10.1111/1529-1006.01431.
Cholisoh, Anik Nur. (2019). “Pengaruh Harapan Orang Tua Terhadap Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Konseling Pembelajaran.” Jurnal Cakrawala 38:348–259.
Coopersmith, Stanley. (1967). The Antecedents of Self Esteem. edited by W. . and C. Freeman. San Fransisco and London: United States of America.
Faunce, William A. (2014). “Prestasi Sekolah , Status Sosial , dan Harga Diri Penulis : URL Stabil : Http://Www.Jstor.Org/Stable/3033883.” 47(1).
Fauzi, Achmad. (2021). “Analisis Pengaruh Stres Dan Motivasi Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Achmad.” Jurnal As-Said. LP2M. Institut Agama Islam Abdullah Said Batam 1(1):76–97.
Fitriana, Wahyu; Yulianti; Akmal Sutja. (2024). “Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).” 8(2):1101–7.
Kamaruddin, Ilham, Imam Tabroni, and Muna Azizah. (2022). “Konsep Pengembangan Self-Esteem Pada Anak Untuk Membangun Kepercayaan Diri Sejak Dini.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6(3):496. doi: 10.35931/am.v6i3.1015.
Liu, Xinqiao, Xiojie Cao, and Wenjuan Gao. (2022). “Does Low Self-Esteem Predict Anxiety Among Chinese College Students.” Psychology Research and Behavior Management 15:1481–87.
Marvianto, Ramadhan Dwi, Atim Ratnawati, and Nurkholis Madani. (2020). “Motivasi Berprestasi Sebagai Moderator Pada Peranan Kecerdasan Emosi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa.” Jurnal Psikologi 16(1):74. doi: 10.24014/jp.v16i1.9538.
Maslow, A. H. (2018). Motivation and Personality. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Maufur. 2018. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.
Novariandhini, D. A., and Melly Latifah. (2012). “Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Dan Prestasi Akademik Siswa SMA Pada Berbagai Model Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen 5(2):138–46.
Papilaya, Jeanete Ophilia, and Neleke Huliselan. (2016). “Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa.” Jurnal Psikologi Undip 15(1):56. doi: 10.14710/jpu.15.1.56-63.
Rosenberg, Morris, Carmi Schooler, and Carrie Schoenbach. (1989). “Self-Esteem and Adolescent Problems: Modeling Reciprocal Effects.” American Sociological Review 54(6):1004. doi: 10.2307/2095720.
Santrock, John W. (2007). Remaja. Kesebelas. edited by W. Hardani. Jl. H. Baping Raya No. 100 Ciracas, Jakarta 13740: Penerbit Erlangga.
Yanti, Riski, Agus Perdana Windarto, and Suhada Suhada. (2019). “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Ipk Mahasiswa Terhadap Penentuan Kualitas Proses Pembelajaran Dengan Metode Electre Ii.” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer) 3(1):36–41. doi: 10.30865/komik.v3i1.1696.
Yudiono, Udik, dan Sulistyo Sulistyo. (2020). “Self-esteem : Faktor-faktor yang mempengaruhinya self-esteem : the influence factors.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 8(2):99–105.
Zamzanah, Rasimin, dan Affan Yusra. (2023). “Upaya Meningkatkan Self-Esteem (Harga Diri) pada Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMP N 19 Kota Jambi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):2178–84.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.823107
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Humaira Humaira, Akmal Sutja, Nur Hasanah Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |