Bimbingan kelompok teknik homeroom efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Darul Ulum Waru Sidoarjo



Adi Setiawan(1*), Ayong Lianawati(2),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Tidak sedikit siswa yang mempunyai motivasi belajar yang rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Darul Ulum Sidoarjo. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan one group pre-test post-test design, dengan rancangan satu kelompok subjek. Subjek yang digunakan penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas VIII-E dan VIII-F yang memiliki kemampuan motivasi belajar rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan motivasi belajar siswa setelah diberikan teknik homeroom dalam bimbingan kelompok. Hasil perhitungan pre-test dan post-test menunjukkan adanya penurunan motivasi belajar siswa, dilihat dari hasil pre-test 111,30 dan hasil post-test menurun sebesar 98,33. Dari hasil uji wilcoxon dengan Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,917, maka Ho diterima dan Ha ditolak.


Keywords


Homeroom, Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Asmadi, A. (2007). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Baita, R. N., & Christiana, E. (2017). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Balongbendo. 1-6.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Lianawati, A. (2017). Bimbingan Kelompok Teknik Family Sculpture Untuk Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Siswa Dengan Anggota Keluarga. Jurnal Buana Pendidikan, 90-100.

Mangkunegara, A. P. (2013). Management Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nafiah, A., & Handayani, A. (2014). Layanan Kelompok dengan Teknik Homeroom untuk Penurunan Perilaku Agresif Siswa.

Najmi, I. (2011, Desember 9). Perbaikan Mutu Pendidikan Melalui Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia.

Nugroho, W. D. (2015). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Rakit Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 2 Tahun ke-4, 1-8.

Rafiqah, M., Yusmansyah, & Mayasari, S. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. 1-9.

Romlah, T. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suryabrata, S. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42309

Article Metrics

Abstract Views : 677 | PDF Views : 374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adi Setiawan, Ayong Lianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.