Strategi self management berbasis tazkiyatun nafsi dalam konseling kelompok efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa
Soffiyah Suci Hati(1*), Moesarofah Moesarofah(2),
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Fenomena yang terjadi disebabkan oleh kurangnya kesadaran disiplin belajar siswa MTs di Sidoarjo yaitu terlambat datang sekolah, bolos, tidak mengerjakan tugas, dan berbagai pelanggaran tata tertib sekolah. Tujuan pebnelitian ini untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimen one group pretest-post test design. Hasil perhitungan menggunakan teknik statistik non-parametrik uji Wilcoxon. Hipotesis dapat dibuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan disiplin belajar siswa kelas VIII MTs di Sidoarjo antara sebelum dan sesudah diberi treatment.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 63-64.
Ghozali, I. A. (1999). Ihya' Ulumuddin. Semarang: Cv. As Syifa.
Hartono, O. (2017). Pengaruh penggunaan Strategi Self-management dalam Konseling Kelompok terhadap Intensitas Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Al-Islah Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA, 63-64.
Megantari, A. D. (2014). Penerapan Konseling Behavioral dengan Strategi Self Management untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas X MIA-4 SMA Negeri 3 Singaraja. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Dan Konseling, 2.
Prayitno. (2008). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.
Prijodarminto, S. (2009). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Paramita.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Taufik. (2012). Tazkiyatun Nafs. Lumajang : Cv. Pustaka.
Yuliyantika, S. (2017). faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja tahun ajaran 2016/2017. E-Journal Pendidikan Ekonomi, 2-4.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42307
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Soffiyah Suci Hati, Moesarofah Moesarofah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |