Strategi self management berbasis tazkiyatun nafsi dalam konseling kelompok efektif dalam meningkatkan disiplin belajar siswa



Soffiyah Suci Hati(1*), Moesarofah Moesarofah(2),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena yang terjadi disebabkan oleh kurangnya kesadaran disiplin belajar  siswa MTs di Sidoarjo yaitu terlambat datang sekolah, bolos, tidak mengerjakan tugas, dan berbagai pelanggaran tata tertib sekolah. Tujuan pebnelitian ini untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimen one group pretest-post test design. Hasil perhitungan menggunakan teknik statistik non-parametrik uji Wilcoxon. Hipotesis dapat dibuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan disiplin belajar siswa kelas VIII MTs di Sidoarjo antara sebelum dan sesudah diberi treatment.


Keywords


StrategiiSelf Management, KonselingiKelompoki, Disiplin belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 63-64.

Ghozali, I. A. (1999). Ihya' Ulumuddin. Semarang: Cv. As Syifa.

Hartono, O. (2017). Pengaruh penggunaan Strategi Self-management dalam Konseling Kelompok terhadap Intensitas Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Al-Islah Surabaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA, 63-64.

Megantari, A. D. (2014). Penerapan Konseling Behavioral dengan Strategi Self Management untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas X MIA-4 SMA Negeri 3 Singaraja. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Dan Konseling, 2.

Prayitno. (2008). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.

Prijodarminto, S. (2009). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Paramita.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taufik. (2012). Tazkiyatun Nafs. Lumajang : Cv. Pustaka.

Yuliyantika, S. (2017). faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja tahun ajaran 2016/2017. E-Journal Pendidikan Ekonomi, 2-4.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42307

Article Metrics

Abstract Views : 334 | PDF Views : 198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Soffiyah Suci Hati, Moesarofah Moesarofah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.