Analisis Perilaku Agresivitas Remaja: Studi Kasus Siswa SMKN 2 Jiwan Kabupaten Madiun



Aurellia Zerlina Hafizhah(1), Dahlia Novarianing Asri(2), Beny Dwi Pratama(3*),

(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(3) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemarahan dan kekecewaan mengarah pada perilaku agresivitas yaitu penggunaan kata atau fisik yang disengaja menyakiti fisik atau psikologis seseorang atau menghancurkan properti. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk dan faktor penyebab perilaku agresivitas. Penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Tiga orang siswa dan satu orang informan sebagai subjek penelitian. Wawancara dan observasi adalah teknik pengumpulan data. Metode analisis data meliputi reduksi, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi. Berdasarkan temuan penelitian, siswa melakukan empat perilaku agresivitas: agresi verbal, seperti mengejek nama teman, bertutur kasar, berdebat dengan guru, mengancam teman; agresi fisik, seperti memukul, menendang, mendorong; agresi marah seperti mudah marah; agresi permusuhan, seperti membenci orangtua atau teman. Penyebab perilaku agresivitas dipisahkan menjadi dua kategori: faktor eksternal, seperti faktor teman sebaya dan faktor keluarga; faktor internal, seperti faktor biologis/naluriah, pengendalian emosi, frustrasi, dan kebiasaan.

 


Keywords


Aggressive Behavior, Causal Factors, Teenagers

Full Text:

PDF

References


Andriyani, J. (2020). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 86. https://doi.org/10.22373/taujih.v3i1.7235

Anwar, D. F., & Anidar, J. (2018). Hubungan antara Frustrasi dengan Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas IX di Mtsn 1 Pesisir Selatan. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 4(1), 87–99.

Aridhona, J., & Setia, R. D. (2022). Perilaku Agresi Verbal pada Remaja. Psikovidya, 26(1), 11–15.

Asri, D. N. (2018). Kenakalan Remaja: Suatu Problematika Sosial di Era Milenial. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 1–8.

Asri, D. N., & Sunarto. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terbentuknya Konsep Diri Remaja (Studi Kualitatif pada Siswa SMPN 6 Kota Madiun). Jurnal Konseling Gusjigang, 6(1), 1–11.

Ayu, S., Sovayunanto, R., & Rahmi, S. (2024). Teknik Kontrak Perilaku Terhadap Penurunan Perilaku Agresif Verbal Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tanjung Palas Tengah. JIBK (Jurnal Inspirasi Bimbingan Dan Konseling), 1(1), 46–51.

Geandra Ferdiansa, & Neviyarni S. (2020). Analisis Perilaku Agresif Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 8–12.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal Ashri Publishing.

Hariyani, I. T., Pratama, B. D., & Djumaryanti. (2022). Tingkat Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Tinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Lentera …, 3(1), 43–52.

Khaira, W. (2023). Kemunculan Perilaku Agresif Pada Remaja. Jurnal Intelektualita Prodi MPI, 11(2), 99–112.

Kusuma, S. E., Wardani, S. Y., & Pratama, B. D. (2022). Bentuk Perilaku Agresi pada Siswa Laki-Laki Akibat Intensitas Menonton Tayangan Kekerasan dalam Anime (Studi Kasus di SD Negeri Balerejo Kabupaten Magetan). Seminar Nasional Sosial Sains, 1, 572–577.

Maulana, A., Rosmayati, S., Azka, Y., & Maulana, H. (2022). Eksplorasi Hubungan Komunikasi dan Perilaku Individu. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 54–61.

Muranda, R., Bakrie, N., & Yasa, R. B. (2022). Sibling Rivalry And Aggressiveness On The Student Of MTSN 4 Banda Aceh. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 3(1), 76–86. https://doi.org/10.32832/pro-gcj.v3i2.15159

Paswaniati, Nurmalina, & Pahrul, Y. (2021). Perilaku Agresif Fisik Anak Usia Dini di Desa Gerbang Sari Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. JOTE Jurnal On Teacher Education, 2(2), 1–8.

Prasetya, A., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2019). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perilaku Agresif Verbal Siswa Dalam Berkomunikasi. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(2), 68–73. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1351

Pratama, B. D., Kadafi, A., Fakhriyani, D. V., Hariyani, I. T., & Kholidah, M. (2023). Cyber Counseling Berbasis Nilai Agama sebagai Upaya Mengembangkan Kesehatan Mental Remaja di Era Vuca. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 41–51. https://doi.org/10.19105/ec.v4i2.9760

Putri, A. F. (2019). Konsep Perilaku Agresif Siswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 28. https://doi.org/10.23916/08416011

Putryani, S., Situmorang, N. Z., Bashori, K., & Syuhada, M. N. (2021). Perilaku agresif siswa dilihat dari regulasi emosi. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 19(2), 28–33.

Rahmah, M. N., Khumas, A., & Asmulyani. (2022). Efektivitas Play-Based Intervention Dalam Mengurangi Kecenderungan Perilaku Agresi Pada Siswa Di SMP Negeri 5 Tinggimoncong Satap Buluballea. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(4), 291–299. https://doi.org/10.56799/peshum.v1i4.440

Ramadani, M. S., Afriyeni, N., & Amenike, D. (2022). Description of Aggression Behavior on Student That Involved in Mass. Jurnal Pendidikan Dasar …, 1(8), 1557–1566.

Salenussa, M. N., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Pola Asuh Otoriter (Authoritarian Parenting) Dan Perilaku Agresif Pada Siswa Di Salah Satu SMA Di Maluku Tengah. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), 1085-1092. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i3.4071

Sarwono, S. W. (2012). Psikologi Remaja. PT Rajagrafindo Persada.

Sekar, P. R. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Agresivitas Remaja. Psyche 165 Journal, 14(1), 27–31. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i1.25

Shella, C. D., Pratikto, H., & Suhadianto. (2022). Kematangan Emosi dan Perilaku Agresi Verbal pada Remaja di Komunitas Game Online. INNER: Journal of Psychological Research, 2(1), 87–95.

Sovitriana, R., & Sianturi, H. C. (2021). Kematangan Emosi Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Di Kelurahan X Kabupaten Bekasi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2), 118–126.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susantyo, B. (2017). Lingkungan Dan Perilaku Agresif Individu. Sosio Informa, 3(1), 15–25. https://doi.org/10.33007/inf.v3i1.389

Tuhfah Firdaus, M., Muhari, H., & Christiana SPd, E. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Agresif Pada Siswa Di Smp Kelurahan Kedung Asem Surabaya the Causal Factors on Aggressive Behavior of the Students in Kedung Asem Junior High School Surabaya. Jurnal BK UNESA, 1(2), 68–76.

Utomo, H., & Warsito, H. (2012). Hubungan Antara Frustasi dan Konformitas dengan Perilaku Agresi pada Suporter Bonek Surabaya. Penelitian Psikologi., 1–12.

Yanizon, A., & Sesriani, V. (2019). Penyebab Munculnya Perilaku Agresif Pada Remaja. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 6(1), 23–36. https://doi.org/10.33373/kop.v6i1.1915

Yuspendi, D. (2020). Praktik Psikologi Klinis Anak dan Remaja. Zahir Publishing.

Zulaiha, Husen, M., & Bakar, A. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Agresif pada Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 77–82.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.823057

Article Metrics

Abstract Views : 124 | PDF Views : 95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aurellia Zerlina Hafizhah, Dahlia Novarianing Asri, Beny Dwi Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.