Group Play Therapy tidak efektif dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa



Muchammad Achsanul Hakim(1*), Ayong Lianawati(2), Sutijono Sutijono(3),

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Komunikasi Interpersonal merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh seseorang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari  serta membangun hubungan sosial bagi perkembangan seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan signifikansi keefektifan permainan dalam meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada siswa kelas XI MIPA 4 di SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan One Group Pretest-Posttest design. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal dari lima siswa, satu siswa mendapat nilai tetap, dan dua siswa mengalami penurunan nilai setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan. Hasil perhitungan Pretest dan Posttest  menunjukkan bahwa adanya nilai yang bervariasi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal.Nilai sebelum diberi layanan bimbingan kelompok adalah 73,88 dengan standar deviasi 1,553. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok menjadi 82,25 dengan standar deviasinya 10,820. Dari hasil uji wilcoxon dengan asymp sig-2 tailed sebesar 0.091 maka H0 diterima dan Ha ditolak.

 


Keywords


Interpersonal Communication, Guidance Group, Game

Full Text:

PDF

References


Astuti, D. (2017). Bimbingan Kelompok berbasis Permainan dengan Media Kartu Berbi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antarpribadi Siswa. Jurnal Mahasiswa UNNES.

Dono, I. O. (2016). Penerapan Bimbingan Kelompok teknik permainan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMPN 2 Menganti. Journal Mahasiswa Bimbingan dan Komseling Volume Nomer 3.

Hartinah , S. (2009). Konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung : Refika aditama.

Lianawati, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Role Playing untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Jurnal FKIP Unipa Surabaya.

Ngalimun. (2018). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Respati, A. R. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi melalui bimbingan kelompok dengan teknik permainan kerjasama pada siswa kelas XI Matematika dan Sains 2 di SMA Negeri Muntilan. Jurnal Mahasiswa UNNES ISSN 22552-6374.

Restyowati, & Naqiyah. (2010). Penerapan Teknik Permainan Kerjasama dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling.

Rici, W. O. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal mahasiswa Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi Vol. 2, No.5 p-ISSN 2614-4123.

Romlah. (2006). Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok. Malang: UM Unipress.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha ilmu.

Suryabrata, sumadi;. (2014). Metodologi penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Upton , P. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.42305

Article Metrics

Abstract Views : 321 | PDF Views : 193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muchammad Achsanul Hakim, Ayong Lianawati, Sutijono Sutijono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.