Pengaruh layanan orientasi dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cibungbulang Bogor



Christine Masada Hirashita Tobing(1*), Indriyani Diah Puspitawati(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang “Pengaruh Layanan Orientasi Dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X di SMAN 1 Cibungbulang Bogor”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Pre-Eksperimen desain Quasi Experimen Design . Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah berjumlah 66 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan Uji-T (Uji Independent Sample Test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H0ditolak dan H1 diterima, sehingga ada perbedaan atau pengaruh yang signifikan (nyata) antara rata-rata post-test kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan layanan orientasi  dan kelompok kontrol yang tidak diberikan layanan orientasi.

Implikasi penelitian adalah bahwa dengan keterampilan dan kompetensi, diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat melakukan program atau layanan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sehingga ia mudah beradaptasi dalam komunikasi sosial baik di sekolah atau masyarakat. Peran penting dari layanan orientasi adalah untuk meningkatkan adaptasi siswa yang baik melalui banyak program yang mendukung proses pembelajaran di sekolah.


Keywords


Orientation Guidance Service, Student Adaptation

Full Text:

PDF

References


Acocella, Calhoun. (2003). Psikologi Umum. Bandung. CV.Pustaka Setia.

Amti, Erman dan Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Basmalah, B., Endang, B., & Lestari, S. (n.d.). Pengaruh Layanan Orientasi terhadap Penyesuaian Diri dalam Kegiatan Belajar di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 5(10).

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

KURNIASIH, L. (2016). HUBUNGAN ANTARA LAYANAN ORIENTASI DAN LAYANAN INFORMASI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP N 4 SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta.

Kusdianti, Sulisworo. (2011). Penyesuaian Diri Di Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung. Jurnal Humanitas. Vol. VIII No.2

Marimbuni, M., Syahniar, S., & Ahmad, R. (2017). Kontribusi Konsep Diri dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 165–175.

Maryono. (2013). Hubungan Antara Layanan Bimbingan Konseling Dan Kemampuan Penyesuaian Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 1. Hal : 39 - 47.

Moh.Surya, Djumhur I. (2002). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung. CV. Ilmu.

Prayitno. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta. Renika Cipta.

SISKA, P. T. (2018). PENGARUH LAYANAN ORIENTASI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sobur. (2003). Psikologi Umum. Jakarta. Rineka Cipta.

Sunarto. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. Rineka Cipta.

Sunarto dan Agung Hartono, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.41292

Article Metrics

Abstract Views : 907 | PDF Views : 419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Christine Masada Hirashita Tobing, Indriyani Diah Puspitawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.