Analisis Evaluasi Model Kesenjangan Pada Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dengan Guru di SMA Brawijaya Smart School Kota Malang



Rosyid Arfan Gustama(1*), Nur Hidayah(2), Yuliati Hotifah(3),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Evaluasi merupakan proses penilaian yang dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang keberhasilan suatu tindakan. Evaluasi berangkat dari asumsi bahwa untuk mengetahui kelayakan suatu program, evaluator dapat membandingkan antara apa yang seharusnya diharapkan terjadi (standar) dengan apa yang terjadi. Evaluasi kesenjangan dimaksudkan untuk mengetahuai tingkat kesesuaian antara standar yang sudah ditentukan dalam program dengan kenyataan dari program yang sudah dilakukan. Standar merupakan kriteria yang telah dikembangkan dan ditetapkan dengan hasil yang efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui lebi jelas pada keterampilan komunikasi interpersonal dengan guru. Metode yang digunakan digunakan yaitu metode campuran dengan desain penelitian sekuensial. Instrumen yang digunakan adalah evaluasi keterampilan komunikasi interpersonal dengan guru dengan jumlah 56 item pertanyaan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa evaluasi keterampilan komunikasi interpersonal dengan guru menunjukkan nilai mean sebesar 6.161 yang termasuk kateori sangat baik. Sedangkan hasil rata-rata evaluasi keterampilan komunikasi interpersonal dengan guru sebesar 334,3 atau 85,28%, sehingga masuk kategori sangat baik.

Keywords


Evaluation, Gap Model, Interpersonal Communication, Teacher Performance

Full Text:

PDF

References


Ana Mufidah, Novi Puspitasari, Khanifatul Khusna, & Imam Suroso. (2024). Pendampingan Pembelajaran Metode Penelitian Gabungan (Mixed Method) di IAIS Lumajang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 3(1), 53–69. https://doi.org/10.54099/jpma.v3i1.871

Anwar, K. (2021). Urgensi Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 108–118. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4183

Azhari, D. S., Afif, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Mixed Method Research untuk Disertasi. INNOVATIVE: Journal Social Science Research, 3(2), 8010–8025. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=853411%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1339

Delvino, R., & Bahri, Syaiful, M. H. (2022). Kolaborasi Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Personil Sekolah Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sma Kota Banda Aceh. Jurnal Bimbingan Konseling Universitas Syiah Kuala Lumpur, 1–7.

Dewi Idah Kusuma. (2020). Upaya Mengetahui Permasalahan Pemberdayaan Ekonomi Pariwisata Berbasis Masyarakat Melalui Pelaksanaan Kegiatan Focus Group Discussion. Jurnal Visi Manajemen, 6(1), 42–50.

Dwi Ariyani, E., Hadiani, D., & Bandung, P. M. (2020). Hubungan Pola Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jshp, 4(2), 2020.

Eka Kurniawan, R., Elmir Arisurya, R., Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Jln Taman Bakti No, D., Wonosari, K., Gunung Kidul, K., Istimewa Yogyakarta, D., … Selatan, J. (2020). Kerentanan Dan Adaptasi Rumah Tangga Petani Terhadap Perubahan Iklim Di Kabupaten Gunungkidul Vulnerability and Climate Change Adaptation of Farmer Households in Gunungkidul Regency. Jurnal Agro Ekonomi, 38(2), 127–141.

Endah, N., Eti Rohaeti, E., & Supriatna, E. (2021). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Margaasih Kabupaten Bandung. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(2), 121. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i2.6600

Ernawati, L., & Arifianto, C. F. (2023). Diskrepansi Pekerjaan: Tinjauan Kualitatif pada Guru Swasta. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(1), 132. https://doi.org/10.32493/drb.v6i1.29483

Evanne, L., Adli, A., & Ngalimun, N. (2021). Dampak Game Online terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Selatan. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 55. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4158

Fa’uzobihi, F., Tjalla, A., & Indrajit, R. E. (2021). Potret Kesenjangan Pembelajaran Jarak Jauh. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 412–418. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2210

Fadilla, A. L., Aisyah, V. N., Kom, S. I., & Kom, M. I. (2022). Analisis Resepsi Remaja pada Tayangan Live Pernikahan Atta-Aurel di Televisi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fauzobihi, F., & Supriyati, Y. (2021). Evaluasi Dampak Program Pembelajaran Jarak Jauh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiwi (Sebuah Pendekatan Kualitatif dengan Menggunakan Disscrepancy Model). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Fitriadi, F., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Kebijakan Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru Guna Mewujudkan Kompetensi, Kinerja, Mutu Pendidikan di Sekolah dasar Menuju Abad ke 21. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 187–193.

Gumilang, G. S. (2015). Evaluasi Keterampilan Komunikasi Interpersonal antara Konselor dengan Siswa, Staf Sekolah, dan Orangtua di SMKN Kota Malang. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 83. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i1.4487

Hastian. (2014). Model Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling Dengan Guru Mata Pelajaran Untuk Interpersonal didik untuk mengenal , mengarahkan serta menyalurkan segenap potensi. Jurnal Edukasi, 1(1), 63–74.

Hosaini, H., & Kamiluddin, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Means-Ends Analysis(MEA) dalam meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Pemecahan Masalah pada mata pelajaran Fikih. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 5(1), 43–53. https://doi.org/10.36835/edukais.2021.5.1.43-53

Kusumo, P., & Jatmika, D. (2020). Adiksi Internet Dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja. Psibernetika, 13(1), 20–31. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v13i1.2312

Magdalena, I., Ridwanita, A., & Aulia, B. (2020). Evaluasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(1), 117–127. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Marhawati, I. H., Mahmud, R., Nurdiana, S. P., Sri Astuty, S. E., STrKes, P., Fahradina, N., … Mawardati, R. (2022). Statistika Terapan. Penerbit Tahta Media Group.

Mulyani, R., Hernawati, D., & Ali, M. (2021). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Hasil. Bio Educatio, 6(1), 82–92.

Mustafa, P. S. (2021). Model Discrepancy sebagai Evaluasi Program Pendidikan. Palapa, 9(1), 182–198. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1067

Nurhanifa, F., & Effendi, A. (2022). Pengaruh Keterbukaan Diri Terhadap Ketrampilan Komunikasi Interpersonal Pada Pengurus Mahasiswa Pecinta Alam Institut Islam. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5315–5322.

Oktaviana, D., & Wiryosutomo, H. W. (2022). Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2), 256–263. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/

Pendidikan, J., & Konseling, D. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Asertif Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X di SMA 1 Dua Koto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. 5, 2386–2392.

Permatasari, D. (2020). Konseling Kelompok Analisis Transaksional dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 1. https://doi.org/10.23916/08445011

Pudyastuti, E., & Saputra, A. (2021). Upaya Peningkatan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Medan di Masa Pandemi Covid-19. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 437–449. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i3.195

Suzanna, E., Anastasya, Y. A., & Amalia, I. (2022). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMKN 5 Lhokseumawe Strategy Improving Interperpersonal Communication Skill of SMKN 5 Lhokseumawe Students komunikasi antar komunikator dengan Komunikasi interpersonal dilakukan untuk mencapai tujuan. Jurnal Gotong Royong: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1(2), 43–49.

Utomo, D., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Sman 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p055

Winingsih, E. (2021). Potret Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 43–55.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.822876

Article Metrics

Abstract Views : 70 | PDF Views : 41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Hidayah, Yuliati Hotifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.