Identifikasi kendala guru BK kelompok millenials dalam menggunakan ICT di kota Palembang



Kurnia Sari(1*), Ahmad Rofi Suryahadikusumah(2),

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author

Abstract


Generasi milenial merupakan generasi dengan adaptasi dan kemampuan teknologi yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Guru BK kelompok generasi millenials diharapkan memiliki mobilitas tinggi sebagai pengguna perkembangan teknologi informasi (Information and Communication Technologies) ICT. Namun, tidak semua Guru BK memiliki kemampuan menggunakan ICT. Karena itu, penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang dirasakan oleh Guru BK dalam menggunakan ICT. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif kepada 33 orang guru BK di Kota Palembang. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kendala yang dimiliki gruru BK antara lain 1). Kebiasaan guru BK yang mayoritas masih mendownload program BK untuk dijadikan program BK di sekolah yang bersangkutan, 2). Guru BK Guru BK langsung membagikan konten yang menjadi trending topic  di internet kepada siswa tanpa menyesuaikan dengan kebutuhan siswa, 3). Kesulitan dalam menggunakan media bimbingan dan konseling karena terbatasnya fasilitas sekolah & kesulitan mendapatkan materi layanan yang kekinian karena terbatasnya informasi.


Keywords


BK Millenial, ICT

Full Text:

PDF

References


Deal, J. J., Altman, D. G., & Rogelberg, S. G. (2010). Millennials at work: What we know and what we need to do (if anything). Journal of Business and Psychology, 25(2), 191–199.

F. Yuni Apsari, Made Darmawan, Eli Prasetyo. (2018). Pemanfaatan Teknologi Bagi Generasi millenial: konseling berbasis teks menggunakan riliv-aplikasi android. Jurnal Experientia.Vol.6. (1). Hal. 45-49

Gatra.com. 3 Juli 2019. https://www.gatra.com/detail/news/426059/teknologi/hingga-juni-2019-pengguna-internet-indonesia-171-juta

Gelso, C. J. ( 2015). Counseling psychology. New York : Elsevier Ltd.

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing And Managing Your School Guidance And Counseling Program (5th Ed.). Alexandria: American Counseling Association.

Harvey, E. & Clark, S. (2016). Millennials vs. boomers: Listen, Learn, and Succeed Together. Naperville, IL: Simple Truths.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, & Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Millenial. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Rais. N.S, Dien. M.M.J, & Dien. A.Y. (2018). Kemajuan Teknologi Informasi Berdampak pada Generalisasi Unsur Sosial Budaya bagi Generasi Milenial. Jurnal Mozaik Vol. 10 (2): Hal 61-71.

Suryahadikusumah, A.R, & Sari, K. (2019). Karakteristik Guru BK Millenial di Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol 3 (2).

Tapscott, D. (2008). Grown up Digital: How the Net Generation is Changing Your World. USA: McGraw Hill.

Trilling, B & Fadel, C. (2009). 21st-century skills: learning for life in our times. US: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Zarirah, Luawo. M.I.R, & Herdi. (2014). Kompetensi Teknologi Pada Guru BK. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 3 (1): 153-159.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.33283

Article Metrics

Abstract Views : 733 | PDF Views : 337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Rofi Suryahadikusumah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.