Peranan Kemandirian Belajar Terhadap Performansi Akademik Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Anggaswangi 1



Dinah Safinatunnajah(1), Ghozali Rusyid Affandi(2*),

(1) University Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
(2) University Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Efisiensi belajar di sekolah adalah perihal penting dalam mewujudkan visi misi sekolah yang berhubungan dengan siswa dan mata pelajaran. Sekolah memiliki harapan bahwa pendidikan bias efisien dan efektif terhadap semua siswa dengan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan  mengetahui secara empiris peranan kemandirian belajar terhadap performansi akademik siswa kelas tinggi SD Negeri Anggaswangi 1. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Anggaswangi 1 (N=103). Sampling jenuh digunkana dalam penelitian. Skala psikolopgi  dalam metode kuantitatif. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi menggunakan JASP versi 0.17.   Hasilnya menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap performansi akademik. Hasil ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif  terhadap performansi akademik siswa kelas tinggi SD Negeri Anggawaswangi 1.

Full Text:

PDF

References


Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288

Atica, S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung.

Audhiha, M., Vebrianto, R., Habibi, M., Febliza, A., Afdal, Z., Islam, U., Sultan, N., & Riau, S. K. (2022). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. 14(2).

Bagus Satrio. (2022). Pengaruh Flow Terhadap Academic Performance Siswa SMA di Malang Pada Masa Pandemi.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur (Vol. 5).

Khairunnisa, D., Siwi Widiana, H., Suyono, H., Psikologi, M., & Dahlan, U. A. (n.d.). Kepercayaan Diri dan Psychological Well-Being terhadap Employability pada Siswa SMK. Maret, 11(1), 14–23. https://doi.org/10.30872/psikostudia

Kurnia Bungsu, T., Vilardi, M., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (n.d.). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas.

Manuardi, A. (2021). Konseling Dengan Strategi Restrukturisasi Kognitif Serta Pengaruhnya Terhadap Efikasi Diri Performansi Akademik. 5(2).

Mulyaningsih, I. E., Interaksi, P., Keluarga, S., Belajar, M., Kemandirian Belajar, D., Belajar, P., Endang, I., Fkip, M., Veteran, U., Nusantara, B., Jl, S., Letjen, S., Humardani, N., & Sukoharjo, K. J. (n.d.). The Influence Of Social Interaction of Family Relationship, Achievement Motivation, and Independent Learning on Learning Achievement.

Nainggolan, D. H., Sidabalok, N. E., Aritonang, E., & Efarina, U. (2022). Elektriese: Jurnal Sains dan Teknologi Elektro Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Afiliation. 12. https://doi.org/10.47709/elektriese.v12i1.1552

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. In Jurnal Formatif (Vol. 6, Issue 1).

Prananda, G. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Vol. 3, Issue 3). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986

Putri, N. E., Nirwana, H., & Syahniar, S. (2019). Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah atas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 98. https://doi.org/10.29210/02268jpgi0005

Riinawati, R. (2021). Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 3(6), 3794–3801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1083

Rusyid Affandi, G., & Dicky Hastjarjo, T. (2011). Pengaruh Tipe Penentuan Tujuan (Goal Setting) Terdapat Performansi Bahasa Inggris Siswa: Dengan Efikasi Diri dan Kemampuan Awal Bahasa Inggris Sebagai Kovariabel. In JURNAL PSIKOLOGI (Vol. 6, Issue 1).

Saefudin, W., Sriwiyanti, & Mohamad Yusoff, S. H. (2021). Spiritual Well Being Sebagai Prediktor Performa Akademik Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Tatsqif, 19(2), 133–154. https://doi.org/10.20414/jtq.v19i2.4221

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528

Suhendra, S., Nurbaeti, D., & Gustiawati, S. (2021). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ilmu Pendidikan, 3(4), 1409–1417. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.568

Sulistiarini, T., Marmoah, S., & Sriyanto, M. I. (n.d.). Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar dalam projek penguatan profil pelajar pancasila.

Turmuzi, M., & Hikmah, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom Pada Masa COVID-19 dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. 05(02), 1512–1523.

Wulandari, A. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 23 Barru. 1–63.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812829

Article Metrics

Abstract Views : 47 | PDF Views : 39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dinah Safinatunnajah, Ghozali Rusyid Affandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.