Peranan Kemandirian Belajar Terhadap Performansi Akademik Siswa Kelas Tinggi SD Negeri Anggaswangi 1
Dinah Safinatunnajah(1), Ghozali Rusyid Affandi(2*),
(1) University Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
(2) University Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1288
Atica, S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Muhammadiyah Limbung.
Audhiha, M., Vebrianto, R., Habibi, M., Febliza, A., Afdal, Z., Islam, U., Sultan, N., & Riau, S. K. (2022). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. 14(2).
Bagus Satrio. (2022). Pengaruh Flow Terhadap Academic Performance Siswa SMA di Malang Pada Masa Pandemi.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur (Vol. 5).
Khairunnisa, D., Siwi Widiana, H., Suyono, H., Psikologi, M., & Dahlan, U. A. (n.d.). Kepercayaan Diri dan Psychological Well-Being terhadap Employability pada Siswa SMK. Maret, 11(1), 14–23. https://doi.org/10.30872/psikostudia
Kurnia Bungsu, T., Vilardi, M., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (n.d.). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas.
Manuardi, A. (2021). Konseling Dengan Strategi Restrukturisasi Kognitif Serta Pengaruhnya Terhadap Efikasi Diri Performansi Akademik. 5(2).
Mulyaningsih, I. E., Interaksi, P., Keluarga, S., Belajar, M., Kemandirian Belajar, D., Belajar, P., Endang, I., Fkip, M., Veteran, U., Nusantara, B., Jl, S., Letjen, S., Humardani, N., & Sukoharjo, K. J. (n.d.). The Influence Of Social Interaction of Family Relationship, Achievement Motivation, and Independent Learning on Learning Achievement.
Nainggolan, D. H., Sidabalok, N. E., Aritonang, E., & Efarina, U. (2022). Elektriese: Jurnal Sains dan Teknologi Elektro Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Afiliation. 12. https://doi.org/10.47709/elektriese.v12i1.1552
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. In Jurnal Formatif (Vol. 6, Issue 1).
Prananda, G. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Vol. 3, Issue 3). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986
Putri, N. E., Nirwana, H., & Syahniar, S. (2019). Hubungan kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar siswa sekolah menengah atas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 98. https://doi.org/10.29210/02268jpgi0005
Riinawati, R. (2021). Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 3(6), 3794–3801. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1083
Rusyid Affandi, G., & Dicky Hastjarjo, T. (2011). Pengaruh Tipe Penentuan Tujuan (Goal Setting) Terdapat Performansi Bahasa Inggris Siswa: Dengan Efikasi Diri dan Kemampuan Awal Bahasa Inggris Sebagai Kovariabel. In JURNAL PSIKOLOGI (Vol. 6, Issue 1).
Saefudin, W., Sriwiyanti, & Mohamad Yusoff, S. H. (2021). Spiritual Well Being Sebagai Prediktor Performa Akademik Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Tatsqif, 19(2), 133–154. https://doi.org/10.20414/jtq.v19i2.4221
Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528
Suhendra, S., Nurbaeti, D., & Gustiawati, S. (2021). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ilmu Pendidikan, 3(4), 1409–1417. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.568
Sulistiarini, T., Marmoah, S., & Sriyanto, M. I. (n.d.). Faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar dalam projek penguatan profil pelajar pancasila.
Turmuzi, M., & Hikmah, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom Pada Masa COVID-19 dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. 05(02), 1512–1523.
Wulandari, A. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 23 Barru. 1–63.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812829
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dinah Safinatunnajah, Ghozali Rusyid Affandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |