Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMA Budhi Warman II Jakarta



Christine Masada Hirashita Tobing(1*), Fenti Nur Annisa(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Berawal dari fenomena kurangnya komunikasi interpersonal di SMA Budhi Warman II Jakarta, diadakan penelitian dengan tujuan menjabarkan peningkatan komunikasi interpersonal siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 dan X IPA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Komunikasi Interpersonal, Siswa

Full Text:

PDF

References


Adhiputra, A.A.N. (2013). Bimbingan dan Konseling Aplikasi di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, A.D., Sugiyo, dan Suwarjo. (2013). Model Layanan BK Kelompok Teknik Permainan (Games) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2 (1) hlm. 50-56.

Aw, S. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fijriani dan Amaliawati. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Teraputik Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1 (1) hlm. 25.

Fransiska, Fitriyadi, S., dan Istirahayu, I. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Singkawang Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2 (1) hlm. 12-14.

Kamaruzzaman. (2016). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama pada Siswa Kelas X SMA Negeri 01 Ngabang. Jurnal Edukasi, 14 (1) hlm 72.

Margawati, T.M. (2017). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Buzz Group untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA. Jurnal Studi Agama Islam, 10 (2) hlm. 55 65.

Munawaroh, S., dan Lubis, M.R. (2015). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Kelas VIII MTSN 2 Medan. Jurnal DIVERSITA, 1 (2) hlm 77.

Pieter, H.Z. (2012). Pengantar Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan. Jakarta: Prenada Media Group.

Prayitno. (2012). Seri Panduan Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

_______, dan Amti, E. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pribadi, I.T. (2015). Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Games Social. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 1 (2) hlm. 24-28.

Pusat Bahasa. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Putro, K.Z. (2017). Memahami ciri dan Tugas Perkembangan Remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu- Ilmu Agama, 17 (1) hlm 27.

Sarwono, S.W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2010). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.41282

Article Metrics

Abstract Views : 361 | PDF Views : 220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Christine Masada Hirashita Tobing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.