Confirmatory Factor Analysis Pada Skala Prokrastinasi Akademik Untuk Siswa SMA
Eko Hardi Ansyah(1*), Yulia Nanda Pratiwi(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Muhamadiyah Sidoarjo
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi dan menguji kemungkinan bahwa Pure Procrastination Scale (PPS) dapat digunakan sebagai alat ukur prokrastinasi terhadap siswa di SMA Jati Agung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik Simple Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa SMA Jati Agung dengan jumlah partisipan sebanyak 250 individu. Alat ukur yang digunakan di dalam penelitian ini adalah PPS (Pure Procrastination Scale) yang dirancang oleh Piers Steel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument Skala Prokrastinasi Akademik mampu memberikan keajegan (reliable) jika digunakan untuk melakukan pengukuran. Instrumen Skala Prokrastinasi Akademik yang dikembangkan memiliki validitas kuat (≥ 0,5) dengan reliabilitas (CR 0,864 0,923 0,891).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2016). Teknik Analisis Kualitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf
Anisa, A., & Ernawati, E. (2018). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Biotek, 6(2), 88. https://doi.org/10.24252/jb.v6i2.6256
Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/statistik/article/view/4322/4001
Azwar. (2013). Sikap manusia : teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar.
Handoko, P. E. W., & Mariyati, L. I. (2023). An Overview of Academic Procrastination in High School Students. Indonesian Journal of Innovation Studies, 21, 1–9. https://doi.org/10.21070/ijins.v21i.805
Heryanto, C. A. W., Korangbuku, C. S. F., Djeen, M. I. A., & Widayati, A. (2019). Pengembangan dan Validasi Kuesioner untuk Mengukur Penggunaan Internet dan Media Sosial dalam Pelayanan Kefarmasian. Indonesian Journal of Clinical Pharmacy, 8(3). https://doi.org/10.15416/ijcp.2019.8.3.175
Hidayatullah, M. S., & Shadiqi, M. A. (2020). Konstruksi Alat Ukur Psikologi. Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, 1–69.
Johnson, E. M., Green, K. E., & Kluever, R. C. (2000). Psychometric characteristics of the revised procrastination inventory. In Research in Higher Education (Vol. 41, Issue 2). https://doi.org/10.1023/A:1007051423054
Kim, H., Kim, H., Lee, W. K., Han, S., Carlbring, P., & Rozental, A. (2020). Assessing procrastination in Korean: A study of the translation and validation of the Pure Procrastination Scale and a reexamination of the Irrational Procrastination Scale in a student and community sample. Cogent Psychology, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311908.2020.1809844
Mariyati, L. I., Hazim, H., Handoko, P. E. W., & Oltinboyevich, J. K. (2023). Validating an Academic Procrastination Scale Through Rasch Analysis (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-048-0_37
Ondé, D., & Alvarado, J. M. (2018). Scale validation conducting confirmatory factor analysis: A Monte Carlo simulation study with LISREL. Frontiers in Psychology, 9(MAY), 1–5. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00751
Steel, P. (2010). Arousal, avoidant and decisional procrastinators: Do they exist? Personality and Individual Differences, 48(8), 926–934. https://doi.org/10.1016/j.paid.2010.02.025
Steel, P., & Klingsieck, K. B. (2016). Academic Procrastination: Psychological Antecedents Revisited. Australian Psychologist, 51(1), 36–46. https://doi.org/10.1111/ap.12173
Svartdal, F., Pfuhl, G., Nordby, K., Foschi, G., Klingsieck, K. B., Rozental, A., Carlbring, P., Lindblom-Ylänne, S., & Rebkowska, K. (2016). On the measurement of procrastination: Comparing two scales in six European countries. Frontiers in Psychology, 7(AUG). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01307
Svartdal, F., & Steel, P. (2017). Irrational delay revisited: Examining five procrastination scales in a global sample. Frontiers in Psychology, 8(NOV), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01927 Umar, J., & Faela Nisa, Y. (n.d.). Uji Validitas Konstruk dengan CFA dan Pelaporannya. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia), 9(2), 1–11. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i2.XXXXX
Wijaya, H. E., & Tori, A. R. (2018). Exploring the Role of Self-Control on Student Procrastination. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(2), 13. https://doi.org/10.24036/003za0002
Wiyono, M., Solihin, F., & Putro, S. S. (2018). Aplikasi Penilaian Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura Menggunakan Metode Rating Scale. Rekayasa, 10(1), 23. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v10i1.3601
Zamirinejad, S., Jamil, L., & Ashouri, A. (2022). Psychometric Properties of the Persian Version of the Pure Procrastination Scale in College Students. Iranian Journal of Psychiatry and Clinical Psychology, 27(4), 520–535. https://doi.org/10.32598/ijpcp.27.4.1878.3
Zulkifli Matondang. (2014). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Applied Mechanics and Materials, 496–500(1), 1510–1515.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812813
Article Metrics


Refbacks
Copyright (c) 2024 Eko Hardi Ansyah, Yuli Nanda Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |