Evaluasi pelaksanaan layanan bimbingan klasikal terkait perilaku perundungan (bullying) pada siswa di SMA Negeri



Yan Azmi(1*), Anan Sutisna(2), Happy Karlina Marjo(3),

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang studi ini adalah adanya perilaku perundungan di SMA Negeri. Tujuan penelitian adalah menyampaikan hasil evaluasi pelaksanaan bimbingan klasikal terhadap perilaku perundungan di sekolah menengah atas. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi. Komponen konteks yang terdiri dari empat indikator yaitu asesmen kebutuhan, tugas perkembangan, tujuan program serta rancangan program dikatakan masih belum sesuai dengan kriteria, karena tidak berdasarkan asesmen kebutuhan. Pada komponen input, yang terdiri dari tujuh indikator yaitu rasio guru BK, kualifikasi guru BK, sarana dan prasarana, metode, materi, media dan anggaran masih ada yang belum sesuai dengan kriteria karena strategi yang dirancang belum dapat memenuhi kebutuhan siswa dan harapan lingkungan dalam mencapai tugas perkembangannya.

Keywords


Evaluasi, Bimbingan Klasikal, Perundungan

Full Text:

PDF PDF

References


Aisyah, Siti. 2015. Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Deepublish: Yogyakarta. Al-Shidiq, B. (2017). Evaluasi pelaksanaan layanan klasikal bimbingan konseling terkait perilaku perundungan (bullying) pada siswa di smpn 9 cimahi tahun 2016. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan Konseling. Jakarta: Indeks. Harris, Monica J. 2009. Bullying, Rejection and Peer Victimization a social cognitive neuroscience perspective. Springer Publisher Company: New York. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Panduan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar: Jakarta. Lilik, A. M. 2009. Cara Cepat Menjadi Supervisor Unggul. Elex Media Komputindo: Jakarta. Lines, Dennis. 2008. The Bullies: Understanding Bullies and Bullying. Thomson-Shore. Philiadelphia. Mubarak, Iqbal Wahit, dkk. 2007. Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Graha Ilmu: Yogyakarta. Salmivallia, Christina. 1999. Principant Role Approach to School Bullying: Implication for Intervention. Journal of Adolescene, 22. Akses dari http://www.reasearchgate.net/publicati on/12829538 Suardi, Moh. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Deepublish: Yogyakarta. Supriyo. 2010. Teknik Bimbingan Klasikal. Swadaya Publishing: Semarang. Wicaksana, Inu. 2008. Mereka Bilang Aku Sakit Jiwa: Refleksi kasus-kasus Psikiatri dan Problematika Kesehatan Jiwa di Indonesia. Kanisius: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.33279

Article Metrics

Abstract Views : 1379 | PDF Views : 326 | PDF Views : 316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yan Azmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.