Penerapan Bimbingan Klasikal Sebagai Upaya Meningkatkan Perencanaan Karier Di SMA
Aisyah Talitha Oasis Firmani(1*), Lu’lu’atuz Zahiroh(2), Chari Satun Niswah(3), Sherrin Nurlita Widya(4),
(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(4) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Perencanaan karier dilakukan agar individu dapat memperoleh gambaran keputusan yang harus dilakukan untuk mempersiapkan jenjang karier yang akan datang. Oleh sebab itu, perencanaan karier menjadi hal penting yang harus dipersiapkan teutama dijenjang sekolah SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan bimbingan klasikal dapat meningkatkan perencanaan karier siswa sma. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan klasikal dinilai efektif untuk meningkatkan perencanaan karier siswa secara signifikan, terutama bagi siswa yang berada dikategori rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrahams, F., Jano, R., & Van Lill, B. (2015). Factors Influecing The Career Choice of Undergraduate Students at a Historically Disadvantaged South African University. Industry and Higher Education, 29(3), 209-219.
Afriana, H. M., Yakub, E., & Khadijah, K. (2022). Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Perencanaan Karir Siswa di SMANegeri 1 Tambang. JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 4.
ASCA, A. (2012). The ASCA national model: A framework for school counseling programs. American School Counselor Association. Retrieved from.
Atmaja, T. T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57.
Fidhayanti, A. (2019). Penggunaan Layanan Dasar Bimbingan Klasikal dalam Upaya Mengurangi Cinta Passionate yang Bersifat Dating Violence pada Remaja Kelas IX di SMP N 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020.
Skripsi, Universitas Pancasakti, Tegal. Manrihu, M. T. (1992). Pengantar Bimbingan dan Konseling Karier. Bumi Aksara.
Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal Pendidikan dan Sains. Universitas Negeri Surabaya.
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Peng, H., & Lin, W.-C. (2019). Evaluation a career planning course with case-based teaching model on college students’ career decisions and learning satisfaction. International Journal of Psychological Studies, 11(4), 102–114.
Permadi, N. E. (2016). Masalah-masalah yang dihadapi peserta didik dalam Perencanaan Karir dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan Karir. Skripsi, Universitas Negeri Padang.
Rahmah, A. A., & Christiana, E. (2019). LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR. Jurnal BK Unesa.
Suhasni, Madina, R., & Djibran, M. R. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Student Journal of Guidance and Counseling.
Super, D. E., & Jordaan, J. P. (1973). Career development theory. British Journal of Guidance and Counselling, 1(1), 3–16.
Yean, T. F., & Yahya, K. K. (2013). The influence of human resource management practices and career strategy on career satisfaction of insurance agents. International Journal of Business and Society, 14(2), 193.
Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.812781
Article Metrics
Abstract Views : 38 | PDF Views : 23Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aisyah Talitha Oasis Firmani, Chari Satun Niswah, Sherrin Nurlita Widya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Department of Guidance and Counseling Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |