Strategi pengembangan soft skill siswa SMK melalui media video



Siti Chodijah Choirunnisa(1*), Murti Kusuma Wirasti(2), Dede Rahmat Hidayat(3),

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kompetensi sumber daya manusia yang dibutuhkan dunia kerja tidak hanya mengandalkan keilmuan dan keterampilan tetapi juga soft skills.  Lulusan SMK diharapkan dapat mengembangkan sumber daya manusia yang tidak cukup menguasai hard skill saja, tetapi juga harus menguasai soft skill agar mampu bekerja efektif, produktif dan berkualitas di dunia kerja. Karena itu perlu adanya strategi pengembangan soft skill yang diberikan kepada siswa SMK agar dapat mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Salah satu strategi pengembangan soft skill di SMK adalah melalui media video. Melalui kajian literatur, didapatkan bahwa media video merupakan strategi yang efektif untuk membantu mengembangkan soft skill karena video berperan sebagai petunjuk siswa dalam mempraktekan soft skill. Siswa dapat melakukan latihan secara mandiri dengan kembali melihat pada bagian dari video tersebut. Media video dapat membantu siswa mempunyai gambaran tentang soft skill yang dibutuhkan dalam Dunia kerja.

Keywords


Video, SMK, Soft Skill

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih. (2015). “Video” Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan 2013 Di Sekolah Dasar. Pancaran, 4(1), 55–68. Anderson. (1987). Pemilihan Dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali. Antonija Mitrovic*, Vania Dimitrova, A. W. & L. L. (2016). Reflective Experiential Learning : Using Active Video Watching for Soft Skills Training Reflective Experiential Learning : Using Active Video Watching for Soft Skills Training. 24Th International Conference on Computers in Education (Icce 2016): Think Global Act Local, (November), 192–201. Arnata, I. W., & Surjoseputro, S. (2014). Evaluasi Soft Skills dalam Pembelajaran Mahasiswa Baru di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 21(1), 1–9. Astuty, I. (2010). Evaluasi Program Pelatihan Soft Skill Mahasiswa: Pendekatan Experimental Research. Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 1(2). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Cho, S., Morthland, L., Kidd, L. K., & Adkinson, S. (2015). Developing Soft Skills through Multi-Disciplinary Cooperative and Situated Learning. ITAA Anual Conference Proceedings, 1(1), 74–88. Retrieved from http://lib.dr.iastate.edu/itaa_proceedings%5Cnhttp://lib.dr.iastate.edu/itaa_proceedings Cimatti, B. (2016). Definition , Development , Assessment of Soft Skills and Their Role for the Quality of. International Journal on Language, Literature and Culture in Education, 10(1), 97–130. https://doi.org/10.18421/IJQR10.01-05 Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Belajar (p. 192). Yogyakarta: Gava Media. Heckman, J. J. (2006). Investing in Disadvantaged Children. Sciences, 312(June), 2005–2007. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.2005.09.001 Herren, J. L. (2006). Study Abroad Employability Factors: The Perceptions Of Career Recruiters. Oklahoma State University. Milwati, S., Wahyuni, T. D., Lundy, F., Poltekkes, K., & Malang, K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Softskill Penggunaan Apd Dalam Keperawatan Hiv Aids Mahasiswa Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang, 479–488. Paolini, B. A. C. (2015). School Counselor’s Role in Facilitating the Development of Students’ Soft Skills: Intrapersonal and Interpersonal Attributes to Promote Career Readiness, 15(10). Permendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006, Pub. L. No. 23, 69 (2006). Permendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum. Permendikbud, 81(A), 1–9. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Pritchard, J. (2013). The Importance of Soft Skills in Entry-Level Employment and Postsecondary Success : Perspectives from Employers and Community Colleges AUTHOR, 1–41. Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194 Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI. Robles, M. M. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Communication Quarterly, 75(4), 453–465. https://doi.org/10.1177/1080569912460400 Sanaky, H. (2011). Media Pembelajaran: Buku Pegangan Wajib Guru Dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba. Seetha, N. (2014). Are Soft skills Important in the Workplace? – A Preliminary Investigation in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 4(4), 44–56. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v4-i4/751 Sudjimat, D. A. (2017). Employability skills of vocational high school graduate needed by industry in century XXI. AIP Conference Proceedings, 1887. https://doi.org/10.1063/1.5003529 Suryanto, D. (2013). Relevansi Soft Skill yang Dibutuhkan Dunia Usaha/Industri dengan yang Dibelajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Sains, 1(3), 228–236. Utaminingsih, S. (2011). Pengembangan Soft Skill Berbasis Karir Pada Smk Di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, VI(2). Williams, A.-M. C. (2015). Soft skills perceived by students and employers as relevant employability skills. ProQuest Dissertations and Theses, 373. https://doi.org/10.1111/j.1467-8616.2008.00521.x Malik, Wilson, A. J., Ariffian, B. A., & H, A. Z. (2012). The Acquisition of Soft Skills in Real Estate Program via Industrial Training. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 65(ICIBSoS), 781–786. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.199




DOI: https://doi.org/10.26539/teraputik.33276

Article Metrics

Abstract Views : 514 | PDF Views : 290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siti Chodijah Choirunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling
Department of Guidance and Counseling
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 
 

 Creative Commons License
TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.